5 Kesalahan Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Dihindari

Kesalahan Dalam Investasi Kripto

Sebagai bagian dari bisnis, sobat perlu menghindari berbagai kesalahan dalam investasi Kripto atau mata uang Kripto. Agar tidak boncos alias rugi. Ini merupakan hal krusial yang perlu diperhatikan agar tidak salah dalam berinvestasi bitcoin atau uang Kripto secara umum.

Setidaknya dalam satu dekade terakhir ini, aset digital seperti uang Kripto makin menjamur membuat mereka pelaku usaha ini sukses. Untuk mencapai hal tersebut, perlu usaha-usaha termasuk strategi yang perlu dilakukan. Termasuk menghindari berbagai kesalahan yang bakal dijelaskan oleh Gookalian untuk dihindari.

Kesalahan Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Dihindari

Beberapa kesalahan ini mungkin pernah dilakukan oleh banyak dari mereka yang belum belajar sepenuhnya. Atau istilahnya otodidak berinvestasi, agar tidak terjadi kerugian di tengah jalan perlu menghindari berbagai hal dibawah ini.

1. Tidak Mempelajari Karakter Investor Sebelum Berinvestasi

Dalam dunia investasi mata uang Kripto, mereka yang tidak mengidentifikasi atau mengenal dengan baik pada profil investor akan jatuh. Setidaknya ada 3 jenis profil utama secara umum teridentifikasi sebagai konservatif, moderat, dan trader.

Karakter pertama yang konservatif yang istilahnya adalah “Hodler”. Tipe ini tidak mau mendapat resiko. Biasanya mereka akan menahan aset cukup lama berdasarkan nilai yang berbeda dengan harga mata uang digital saat ini. Mereka lebih memilih strategi membeli dan menahan aset daripada dengan cepat menjualnya atau membeli kembali.

Berbeda dengan investor jaman sekarang yang berkarakter moderat dimana mereka memiliki dua posisi yang berbeda. Mereka menggunakan strategi untuk menyesuaikan diri antara trading atau holding. Untuk yang terakhir, investor dengan ciri trader akan menjelajahi fluktuasi pasar dalam jangka waktu yang pendek.

Terlihat trader lebih menyenangkan, namun nyatanya tidak semudah itu. Berinvestasi dalam mata uang kripto merupakan hal yang cukup sulit karena diperlukan pengetahuan yang luas untuk menghindari kerugian.

2. Tidak Memiliki Rencana Jelas Dan Detail Merupakan Kesalahan Dalam Investasi Kripto

Tanpa tujuan dan perencanaan mendetail yang “clear”, merupakan sebuah kesalahan. Di tengah-tengah kegiatan investasi, diperlukan keputusan-keputusan krusial untuk menyelamatkan aset.

Mungkin beberapa puluh tahun yang lalu, melakukan mining Bitcoin akan menguntungkan masa sekarang. Namun, saat ini kompetisi dalam Kripto tidak mudah. Mencari keuntungan dengan cara ini bukanlah sebuah tugas seorang amatiran.

Sobat membutuhkan strategi dan tujuan yang jelas sebelum menentukan sebuah keputusan. Kerugian yang cukup besar dan tidak terelakkan akan terjadi jika tidak punya arah tertentu. Mulailah tujuan akhir, keinginan lalu mulailah mencari untuk lewat aset digital.

3. Tidak Tahu Tantang Apa Yang Diperbuat

Saat ini ada begitu banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan cukup atau bahkan dasar dalam investasi Kripto. Seperti dasar pengetahuan tentang leverage, blockchain, NFT dan lain sebagainnya.

Biasanya mereka tertarik masuk ke dunia Kripto karena terlihat mudah bahkan tanpa usaha yang banyak. Padahal kenyataannya tidak seperti itu. Dibutuhkan pembelajar dan pembuat keputusan yang tepat saat menghadapi segala sesuatu saat nilai aset turun atau stagnan. Jangan sampai sobat mengalami hal ini.

4. Tidak Sabar Dengan Pergerakan Pasar Kripto

Mata uang Kripto tidak memiliki kontrol maupun regulasi. Berbeda dengan bank yang ada pada negara-negara, memiliki bank sentral untuk mengukur, mengontrol, memanipulasi nilai uang. Bahkan uang mata uang Kripto tidak ada entitas yang mengaturnya.

Maka dari itu Cryptocurrency memiliki sifat tidak stabil atau mudah berubah. Dimana tidak ada masalah saat sobat memiliki strategi untuk mendapatkan keuntungan dari naik turunnya pasar.

Walaupun begitu, banyak dari mereka yang berinvestasi ke dunia Kripto tidak punya semangat untuk bertahan dalam perubahan-perubahan yang bahkan sangat cepat. Ketidaksabaran atau ketidakpuasan terjadi akibat apa yang diharapkan tidak sesuai dalam investasi ini. Sobat perlu sabar dan terus membaca segala pergerakan atau fluktuasi dalam pasar.

5. Tidak Pernah Menambah Ragam Aset

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah tidak mendiversifikasikan aset atau portofolio yang dimiliki. Artinya tidak menganekaragamkan aset-aset yang menambah pundi-pundi pemasukan.

Terlalu berkonsentrasi dengan satu jenis investasi dapat membuat sobat jatuh lebih mudah. Untuk dapat bertahan dengan angin perubahan pasar, sobat harus membagi dalam berbagai aset. Seperti tidak hanya invest di Bitcoin, namun juga pada Ethereum, Litecoin, Tether atau mata uang Kripto lainnya.

Apabila ada gangguan dalam pasar yang menyebabkan kerugian pada satu jenis aset. Yang lainnya dapat menyelamatkan investasi. Karena akan kecil kemungkinan untuk keseluruhan aset berada pada bawah garis. Mereka akan menganalisis dengan baik sebelum menganeka ragamkan aset yang dimiliki.

5 kesalahan yang sering dilakukan mereka yang berinvestasi pada uang Kripto tersebut perlu dihindari sedini mungkin saat memulainya. Ingatlah untuk menentukan rencana, keputusan yang matang, pengetahuan dan intelegensi serta kesabaran. Terakhir dengan tidak hanya bergantung pada satu jenis aset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *