Bisnis

Apa Itu Non Fungible Tokens Dalam Dunia Kripto

Sebenarnya apa itu Non Fungible Tokens yang disingkat NFT dalam Cryptocurrency ? Fungsi dan keuntungan apa saja yang bakal sobat jika memiliki NFT ini akan dibahas oleh Gookalian.

Apa Itu Non Fungible Tokens

Non Fungible Tokens atau NFT merupakan sebuah aset digital atau barang nyata yang sangat bervariasi atau memiliki bentuk yang sangat luas. Beranjak dari kata Fungible memiliki arti setara atau sepadan. Dalam kehidupan sehari-hari kesetaraan inilah yang membuat kegiatan bisnis berjalan. Seperti dolar, emas, Bitcoin, Ethereum dan uang digital lainnya memiliki nilai yang Fungible.

Dalam kehidupan sehari-hari pastinya kita tidak jauh dari barang yang memiliki nilai atau berharga dengan uang. Fungible memiliki arti sepadan. Seperti contoh X memiliki hutang kepada Y sebesar 1 juta. X membayar hutang ke Y dengan emas beratnya sama dengan nilai uang 1 juta. Inilah kesetaraan yang terjadi pada aset yang disebutkan diatas memiliki nilai yang tetap.

Lalu Non Fungible Tokens adalah sebuah aset yang nilainya tidak setara. Maksudnya bagaimana ? Pertukaran nilai sebuah barang tidak sepadan karena cukup sulit menyamakan sebuah aset dalam bentuk yang berbeda.

Contohnya Akun Game Point Blank yang nilainya bisa meninggi saat banyak pengguna yang memainkan game ini namun pemilik game tidak membuka pendaftaran akun baru. Game ini memiliki pangkat atau level tertentu yang bahkan pada saat itu akun baru bisa dijual dalam beberapa ratus ribu rupiah. Sekarang akun baru tidak laku dijual karena sudah sangat bebas membuat akun untuk bermain.

Contoh lain seperti lukisan, rumah, trademark dan CryptoKitty merupakan jenis aset Non Fungible Tokens. Lukisan bisa berbeda nilai jualnya tergantung orang yang memandang atau tertarik padanya. Lukisan abstrak mungkin tidak bernilai bagi orang yang tidak mengerti seni begitupun sebaliknya.

Aset ini cukup sulit untuk ditukar karena memiliki nilainya tersendiri. Sesuai dengan kondisi yang menyertai dan kedua pihak yang akan bertukar.

Apa Itu Non Fungible Tokens Dalam Dunia Kripto

Token pada NFT bukan merupakan token nyata yang memiliki bentuk fisik. Melainkan sebuah sertifikat yang tersimpan secara digital dan didistribusikan secara aman bernama blockchain. Didalamnya termasuk main game online (akun), item dalam game, tanah visual, koleksi digital, seni digital, sneaker edisi terbatas, tiket/kupon konser dan lain sebagainnya.

Aset ini bakalan terus berkembang di masa depan dan semakin banyak digunakan. NFT telah ramai digunakan pelaku uang kripto dan perusahaan yang sejenis. Jika melihat perkembangannya, bahkan sejak tahun 2017 sudah ada milyaran dolar nilai dihabiskan untuk pembelian NFT sampai saat ini. NFT membawa perubahan besar pada dunia gaming dan aset digital termasuk barang koleksi.

NFT bukan hanya soal jual beli aset digital yang tidak senilai saja. Namun pengguna kripto dapat membuat dan mengatur struktur game untuk kemudian diuangkan. Beberapa game seperti Axie Infinity, Sorare, F1 Delta Time, Crypto Kitties, dan Evolution Land menggunakan aset NFT yang dapat mendulang uang digital.

Manfaat Memiliki NFT

Keunikan yang dimiliki Non Fungible Tokens adalah tidak bisa disepadankan atau ditukar begitu saja dengan mata uang Crypto lainnya. Misal sobat memiliki aset kartu Yu Gi Oh, setiap kartu akan memiliki informasi yang berbeda pada tiap kartunya. Jadi tidak akan bisa sama persis satu sama lain.

NFT sangat menguntungkan para seniman yang memasarkan produknya secara global. Setiap karya adalah unik tidak dapat diduplikasi, dapat di cek keaslian pemiliknya dan bisa diverifikasi. Ini membuat para pegiat seni semakin semangat karena hampir tidak akan ada pembajakan karya seni digital karena seluruhnya memiliki keunikan masing-masing yang nilainya bahkan fantastis alias tidak bisa disetarakan dengan uang digital tertentu.

Menghasilkan uang dengan NFT kenapa tidak? Para penggiat game dapat melakukan jual beli item pada ekosistem game dapat dilakukan. Istilah kerennya menghasilkan uang dengan hanya bermain game. Karena karakter tiap akun game dan item yang dihasilkan serta ekosistem yang memadai dapat membuat penggunanya mendapat keuntungan dari hasil penjualan atau tukar mata uang digital.

Keunikan, penawaran dan permintaan yang akan memberikan harga pada aset NFT tersendiri. Dengan bermain game, membuat karya seni digital, dan item digital dapat membuatnya lebih berharga karena NFT. Sebuah cara yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan uang bahkan dengan modal yang tidak banyak.

Recent Posts

Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Salah satu perawatan wajah dapat dilakukan melalui cara membuat masker lidah buaya. Aloe vera atau… Read More

1 day ago

Perbedaan Aplikasi BRI Mobile Dan SMS Banking BRI

Aplikasi bri mobile adalah versi terupdate dibandingkan dengan sms banking, karena sudah semakin banyak yang… Read More

2 days ago

5 Cara Keluarga Mengurangi Pemanasan Global

Bagaimana kita dalam keluarga mengurangi Pemanasan Global? Bahkan dari kita sendiri untuk menyelamatkan bumi dapat… Read More

3 days ago

Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Gookalian membagikan tutorial bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw untuk sobat. Aplikasi yang terkenal dengan logo… Read More

4 days ago

Cara Menggunakan Masker Spirulina

Gookalian akan memberikan cara menggunakan Masker Spirulina. Sebuah jenis produk kecantikan yang digunakan pada wajah.… Read More

5 days ago

Cara Meminimalisir Resiko Bisnis

Cara meminimalisir resiko bisnis adalah usaha-usaha yang dilakukan oleh pelaku bisnis untuk mencegahnya dari gagal… Read More

6 days ago