Apa Yang Dimaksud Dengan Web Statis

apa yang dimaksud dengan web statis

Gookalian membagikan informasi tentang apa yang dimaksud dengan web statis. Yaitu sebuah website yang memiliki konten atau isi tetap. Umumnya jenis website ini jarang digunakan untuk interaksi seperti komentar atau artikel bacaan baru.

Website jenis ini hanya digunakan sebagai brosur online dengan informasi yang secukupnya. Atau seringkali digunakan sebagai sebuah profil untuk dibaca saja. Disana menjelaskan tentang sebuah informasi perusahaan, perseorangan, atau sebuah komunitas. Biasanya orang yang ingin mengakses sebuah informasi terkait perusahaan akan mengunjungi web statis. Mereka pemilik perusahaan juga akan membuat web jenis ini untuk memudahkan orang lain melihat track record yang dimilikinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Statis Dan Manfaatnya

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, web statis informasinya diam dan tidak bertambah. Biasanya tidak bisa diupdate seperti website seperti biasanya. Jenis tersebut ketika ingin diubah harus merubah script juga yang ada didalamnya.

Lantas jika berhubungan dengan kondisi informasi yang ada di dalamnya biasanya jarang untuk diubah-ubah. Kalaupun berubah tidak banyak yang intinya adalah masih tetap sama. Web statis biasanya dibuat dalam satu bentuk halaman saja, namun memuat informasi cukup lengkap apabila itu adalah profil perseorangan atau perusahaan.

Manfaat

Manfaat yang bisa sobat dapatkan ketika menggunakan jenis halaman web ini diantaranya:

  • Kelebihan terbesarnya ada pada perawatan situs yang bisa dibilang tidak perlu. Karena biasanya tidak membutuhkan pengubahan dalam jangka waktu yang lama
  • Kecepatan akses yang bisa diandalkan. Karena tidak perlu terkoneksi dengan laman Back End setiap kali dibuka. Web akan dengan cepat terbuka sempurna tanpa loading yang lama.
  • Bisa mengakomodasi jumlah pengunjung yang kecil maupun besar. Jadi kalau dalam satu waktu ada banyak yang membukanya, laman masih akan mudah dan tidak loading lama
  • Pembuatan web statis lebih mudah karena hanya membutuhkan sedikit sumber coding

Kekurangannya

Sebelum memilih untuk membuat sebuah web statis, ada baiknya sobat mengetahui kekurangan yang dimilikinya. Seperti pada fungsinya untuk diakses dengan cepat, ada beberapa kelemahan yang menyerangnya:

  • Hanya memiliki fungsi yang terbatas. Biasanya kita bisa memberikan komentar pada sebuah laman web. Namun kemungkinan besar tidak dihadirkan pada web statis karena akan terkendala banyak hal dalam codingan yang lebih rumit dan kurang efektif. Karena web jenis ini lebih difungsikan untuk orang melihat secara sekilas saja untuk mendapatkan informasi satu arah tanpa melakukan feedback
  • Membutuhkan teknologi yang lebih rumit agar bisa digunakan seperti layaknya web dinamis
  • Kurang cocok dengan keadaan teknologi jaman now. Karena sebuah website harusnya interaktif untuk pelanggan ketika ingin berkomunikasi dengan si pemilik web.

Apa Yang Dimaksud Dengan Web Statis Dan Kegunaannya

Biasanya web statis disebut juga laman datar (flat page) karena tidak ada perubahan yang diperlukan pada konten web. Biasanya web statis menggunakan HTML dan CSS atau tidak menggunakan bahasa pemrograman web. Namun bisa ditambah dengan Javascript untuk membuatnya lebih hidup. Penyimpanan atau database yang dimilikinya juga langsung ada di halaman web. Dia tidak menggunakan database secara langsung untuk menampung file dalam laman. Biasanya laman statis digunakan untuk keperluan:

  • Blog dengan tema tertentu dimana konten yang dimiliki seragam jenisnya. Tanpa perlu codingan yang sulit sobat bisa dengan mudah membuatnya
  • Marketing dan penjualan web sangat cocok seperti misi perusahaan, visi, perjalanan atau riwayat. Disana ada item permanen yang tidak diubah dan mungkin hanya ditambahkan jika diperlukan
  • Menginformasikan bahwa web sedang dalam perbaikan adalah tepat jika menggunakan jenis web tersebut.
  • Jika sobat sedang mengkonstruksi sebuah website, sebelum orang-orang tahu karena sedang perbaikan. Web statis bisa digunakan untuk memberikan peringatan. Jadi tidak ada error yang muncul ketika mengakses sebuah situs.
  • Otomatisasi. Misalnya sebuah laman yang hanya digunakan untuk pendaftaran. Jarang diubah, namun akan sangat membantu mereka karena cukup responsif.

Bagaimana? Apakah sobat berminat membuat sebuah web statis setelah tahu serba-serbinya. Keharusan untuk membuatnya sepertinya genting. Karena kita hidup dijaman serba teknologi. Agar orang dapat dengan mudah mengetahui rekam jejak dirimu atau perusahaanmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *