Teknologi

Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Gookalian membagikan tutorial bagaimana cara mengexport gambar CorelDraw untuk sobat. Aplikasi yang terkenal dengan logo balon udara berwarna hijau ini biasanya memiliki ekstensi CDR. Namun sobat bisa mengubahnya ke format lain seperti JPG atau PNG supaya terbaca dari perangkat lain seperti ponsel.

Metode ini namanya adalah ekspor atau dalam bahasa inggris Export. Sebagai fitur yang ada sejak pertama kali CorelDraw paling lawas. Cara ini tentunya menggunakan komputer atau laptop. Yang memang pengoperasian aplikasi Corel adalah berbasis PC/komputer. Lalu bagaimanakah cara melakukan ekspor sebuah gambar atau karya di Corel Draw?

Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Mengapa menggunakan fitur Export? Berbeda dengan aplikasi editing gambar atau desain lainnya seperti Photoshop. Corel tidak bisa menggunakan Save As sebagai perantara untuk penyimpanan file dalam bentuk lain. Maka dari itu sobat menggunakan perintah Export.

Save As/Save hanya digunakan untuk menyimpan dokumen Corel. Disini digunakan untuk menentukan versi berapa file Corel akan dibuat untuk kemudian dapat diedit lagi (atau dikirim ke orang lain untuk diedit ulang).

Berikut ini beberapa cara untuk sobat biar bisa menyimpan gambar di Corel dalam bentuk lain lewat Export.

Menggunakan Shortcut Keyboard

Pastikan karya atau desain di Corel sobat sudah siap untuk di export. Saran dari admin Gookalian, untuk menghapus bagian-bagian yang tidak penting. Karena akan mengekspor semua komponen desain dalam layar atau bidang kerja. Langkahnya:

  • Tekan CTRL dan E secara bersamaan
  • Tentukan mau di folder manakah sobat akan menyimpan file hasil Export
  • Pada File name, isikan yang akan menjadi nama file gambar
  • Pada Save as type, tentukan jenis file gambar sebagai ekstensi atau akhiran dari file tersebut
  • Klik Export

Jika sobat mengeksport sebagai file gambar (JPG, PNG, BMP, GIF, dan sejenisnya) selanjutnya akan ada kotak dialog untuk menentukan kualitas gambar. Klik Export lagi untuk menyelesaikan proses penyimpanan file dalam bentuk lain.

Menggunakan Menu Di CorelDraw

Pastikan karya desain sobat sudah siap untuk disimpan. Selain menggunakan tombol pintasan di papan ketik, untuk mengekspor file dapat melalui:

  • Pilih menu File dibagian atas (Menu Bar)
  • Lalu klik kiri Mouse ke pilihan Export
  • Kotak dialog penyimpanan akan muncul untuk ekspor file

Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw Yang Dipilih Saja

Jika hanya ada beberapa bagian saja yang diekspor, maka perlu melakukan seleksi pada objek yang dipilih. Sobat bisa klik pada objek yang diinginkan. Untuk menambah atau menandai objek lain, tekan dan tahan tombol Shift lalu pilih objek dengan Klik Kiri pada Mouse.

Atau dengan memblok objek yang diinginkan. Melalui klik bagian kosong pada dokumen, klik kiri dan tahan pada objek kosong. Selanjutnya tarik Mouse hingga menyeleksi/melingkari satu atau beberapa objek yang ingin di Export.

Setelah itu, bisa tekan tombol Shortcut Export (Ctrl+E) atau membuka menu ekspor file di Corel. Pada kotak dialog, centang Selected Only di bagian bawah Save as Type. Lalu klik Export. Hanya objek tertentu yang sobat pilih bakalan disimpan dalam bentuk file.

Jika Export Tidak Dapat Dilakukan Karena Menu Abu-Abu

Saat membuka menu File, apabila sobat menemukan pilihan Export berwarna beda (menghitam atau lebih gelap) artinya aplikasi Corel Draw di komputer sobat terbaca Bajakan. Save, Export, Cut, Paste, Print dan lainnya tidak dapat diklik juga menandakan Corel kamu terbaca Bajakan.

Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, seperti terkoneksi ke internet saat menggunakan Corel, masa percobaan/trial berakhir. Untuk mengatasi ini, sobat perlu melakukan instalasi kembali aplikasi Corel di komputer. Setelah itu, untuk berjaga-jaga ada tips dari Gookalian biar Corel kamu nggak kebaca bajakan alias nggak bisa Save salah satunya blokir koneksi internet untuk aplikasi tersebut.

Export File Corel Secara Online

  • Buka aplikasi penjelajah internet seperti Chrome
  • Ketikkan kata kunci Convert CDR To …(jenis file yang sobat inginkan)
  • Klik pada situs konverter (seperti convertio.co/id/cdr-jpg/ untuk konversi CDR ke JPG)
  • Simpan dahulu file Corel yang kamu miliki (Kli Ctrl+S) lalu beri nama
  • Upload file dari Corel ke situs dan tunggu proses
  • File Corel sobat akan bisa diunduh dalam bentuk ekspor file yang diinginkan

Recent Posts

Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Halo selamat sore pembaca website gookalian semua, disini admin tunggal gookalian mau sedikit memberikan pemberitahuan… Read More

9 hours ago

Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Gookalian - Salah satu kunci sukses perusahaan Fintech dekade ini adalah mempermudah segala proses yang… Read More

1 day ago

Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Anak merupakan generasi penerus, mengajari anak tentang perubahan iklim artinya menyelamatkan bumi untuk masa depan.… Read More

2 days ago

Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

Meminang mobil kota memang cocok, namun pernahkan sobat melihat kekurangan City Car yang memiliki segudang… Read More

3 days ago

Jenis Jenis Kartu Kredit Yang Sobat Harus Tahu

Sebagai salah satu alat transaksi, sobat harus tahu jenis jenis kartu kredit. Digunakan untuk berbagai… Read More

4 days ago

Manfaat Greek Yogurt Untuk Kesehatan

Gookalian memberikan ulasan manfaat Greek Yogurt untuk kesehatan yang mungkin berguna bagi sobat. Yogurt jenis… Read More

5 days ago