Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari

bahan skincara yang wajib dihindari

Sobat uwu yang mengimpikan wajah Glowing, perlu tahu bahan Skincare yang wajib dihindari. Soalnya bisa tidak baik untuk kesehatan kamu. Kenapa kok bisa begitu ya?

Bagi sobat yang belum tahu, segala yang kamu tempelkan ke wajahmu akan diproses oleh tubuh. Apabila mengandung bahan yang beracun bagi tubuh, kulit akan mencoba mendetoks atau mengeluarkannya. Dalam bentuk keringat atau dibawa aliran darah ke ginjal.

Jangan sampai wajah Glowing nan uwu menjadi kenyataan tapi kesehatan tubuh lain tidak diperhatikan. Karena asal pakai produk tetapi tidak membaca dahulu kandungan didalamnya. Jangan sampai sobat tidak peduli menggunakan produk kecantikan wajah hanya untuk lebih putih tanpa mengetahui kandungannya. Karena ada berbagai bahan yang dapat membahayakan kesehatan sobat.

Sehingga sobat perlu menghindari berbagai bahan Skincare yang dapat berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari

1. Paraben

Bahan sintetik yang dikomersialkan sejak tahun 1950 an ini digunakan di banyak produk kesehatan dan kecantikan seperti pasta gigi, sampo dan lainnya. Bahan ini memiliki efek anti jamur dan anti mikroba penyebab kerusakan. Dilansir dari lembaga obat Amerika, bahan paraben ini paling banyak memberikan dampak buruk pada gangguan fungsi hormon. Hingga berhubungan dengan peningkatan resiko kanker payudara dan keracunan reproduksi.

2. BHA (Butylated Hydroxyanisole)

Kandungan BHA pada Skincare dapat melepaskan sel kulit mati. Beberapa efek negatif yang disebabkan produk ini adalah depigmentasi kulit dan sifat karsinogenik. Meskipun berbagai efek negatif kerusakan pada berbagai organ tubuh terjadi pada pengujian hewan.

3. Polyethylene

Bahan Skincare yang wajib dihindari yang satu ini dapat menyebabkan kulit rusak. Memberikan efek samping pada sistem pernapasan, kekebalan tubuh, otot dan kerangka tubuh. Berbagai efek diantaranya seperti berpotensi karsinogenik, radang sendi, radang tenggorokan dan beberapa mengalami asma.

4. Retinyl palmitate, retinyl acetate, asam retinoat dan retinol

Bahan tersebut sebenarnya digunakan untuk melawan sinar matahari. Namun, produk dengan bahan tersebut malah bersifat karsinogenik jika terpapar matahari langsung pada uji coba pada tikus.

5. Hydroquinone Sebagai Bahan Skincare Yang Wajib Dihindari

Bahan ini dapat menurunkan pembentukan Melanin oleh tubuh. Melanin adalah pigmen coklat yang diserap bagian kulit tertentu. Pigmen ini akan melindungi sel-sel kulit dibawahnya dari kerusakan akibat sinar UV oleh matahari.

Semakin lama pigmen akan berkurang, menyebabkan kulit menjadi lebih mudah rusak akibat sinar UV. Meskipun memang benar dapat membuat bagian kulit yang hitam menjadi terang.

Efek yang ditimbulkan (dilansir dari rxlist) yaitu reaksi inflamasi (kemerahan), terlalu kering, dermatitis, dan iritasi kulit diikuti rasa terbakar. Memang awal penggunaan akan memutihkan, efek akan muncul akibat produksi melanin yang terus berkurang pada kulit.

Itulah 5 bahan Skincare yang wajib dihindari oleh sobat. Sebelum memutuskan untuk menggunakan Skincare, baca dahulu kandungan yang ada didalamnya. Untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, diperlukan ketelitian saat sobat menggunakan sebuah produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *