Biaya Perawatan Mobil Listrik Apa Lebih Mahal?

biaya perawatan mobil listrik

Masih abu-abu tentang biaya perawatan mobil listrik karena masih belum menjamur di negara ini daripada negara maju. Standar perawatan mobil yang tidak mengeluarkan emisi udara mungkin akan semakin mudah dicari jika semakin banyak penggunanya. Namun saat ini, di negara berkembang kita mobil listrik cenderung hanya dimiliki oleh kaum atas. Meskipun begitu beragam teknologi mobil yang terus diperbarui termasuk dalam bahan bakar.

Gookalian memberikan informasi tentang apa saja yang perlu dikeluarkan dalam perawatan kendaraan roda 4 dengan sumber daya listrik. Beserta beberapa survei yang menyebutkan bahwa jika dibandingkan dengan mobil konvensional lebih murah.

Biaya Perawatan Mobil Listrik

Jika melihat kondisi pasar di negeri ini, sudah pasti menggunakan mobil listrik akan menjadi cukup mahal. Karena belum banyak beredar masih eksklusif. Pembahasan bersumber dari berbagai negara maju (barat) yang sudah dulu membumikan penggunaan kendaraan tanpa emisi ini.

Cukup banyak pembahasan tentang mobil listrik, tapi mungkin sedikit informasi tentang perawatannya. Sebut saja sekarang ini untuk membeli sebuah mobil listrik lebih mahal dibanding mobil dengan bahan bakar biasanya. Namun seiring berkembangnya waktu kedepan, akan semakin banyak jenis mobil listrik dan pengurangan biaya yang perlu dikeluarkan. Ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan:

Bahan Bakar Dan Perawatan

Jika dibandingkan dengan mobil konvensional, secara teori mobil listrik lebih murah. Karena hanya sedikit bagian mesin mobil elektrik yang bergerak tidak seperti mobil biasa. Artinya semakin sedikit komponen bergesekan, semakin sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi keausan part.

Untuk setiap 25.000 kilometer, dibutuhkan biaya sekitar 550-900 dolar tiap tahun untuk mobil listrik. Atau sekitar 45 dolar setiap bulan. Sedangkan untuk mobil konvensional jatuhnya 1300 dolar untuk jarak tempuh yang sama dalam satu tahun.

Sebenarnya secara umum beberapa biaya perawatan masih sama dengan mobil bertenaga bahan bakar. Seperti penggantian ban, perawatan suspensi, kendali dan lain-lain. Namun untuk kasus kampas rem, penggantiannya tidak akan sering di mobil listrik. Karena menggunakan gaya hambat motor listrik untuk memperlambat laju. Berbeda dengan mobil bensin atau diesel yang tetap menggunakannya untuk menahan laju bahkan digunakan setiap saat.

Pabrikan tentunya memberikan rekomendasi untuk penggunaan mobil listrik. Jika sesuai dengan itu, biaya yang dipangkas bisa sampai separuh dibanding mobil berbahan bakar konvensional (Consumer Reports). Rata-rata pengeluaran 330 dolar lebih sedikit pada mobil listrik pada penggunaan yang sama.

Biaya Perawatan Mobil Listrik Untuk Baterai

Menurut Consumer Reports, rata-rata untuk penggantian baterai sebagai komponen utama pada mobil listrik berkisar 5.500 dolar. Atau hampir sama dengan penggantian mobil bensin kategori mid. Akan tetapi baterai bisa bertahan 8-10 tahun lamanya. Meskipun penggantian bisa memakan biaya 6.000-9.000 dolar, baterai rusak atau terdegradasi dari waktu ke waktu. Seperti mobil dengan kilometer tinggi masih bisa digunakan untuk jarak pendek.

Menurut Department of Energy’s Office of Energy Efficiency and Renewable Energy, mobil listrik hanya butuh perawatan yang lebih sedikit. Biasanya garansi diberikan sampai 100.000 mil (150.000 km) sehingga untuk jangka waktu tersebut tidak membutuhkan biaya yang banyak. Ditambah terus dikembangkan teknologi baterai yang mampu mengurangi jumlah biaya yang dibutuhkan. Peningkatan infrastruktur pengisian cepat hingga mengurangi jumlah biaya sampai dibawah 100 dolar per KwH. Selain itu akan semakin menghemat penggunaan bahan bakar konvensional sejalan dengan polusi yang terus berkurang.

Perawatan Mobil Listrik Lebih Mahal?

Berdasarkan data dari We Predict yang memberikan gambaran bahwa perawatan mobil listrik lebih mahal daripada mobil konvensional. Dicatat sejak 3 bulan pertama pembelian, menghabiskan 1,7 juta rupiah dibandingkan mobil bensin/diesel dengan biaya 57 ribu saja. Namun biaya sebesar itu tidaklah dibebankan pada konsumen. Masih mencakup masa garansi maka tidak ada biaya yang dikeluarkan oleh pemilik mobil listrik. Survei ini melibatkan sekitar 800 ribuan responden dengan data mencangkup servis, garansi, update, dan pemeliharaan.

Jadi bagaimana? Apakah sobat masih tertarik untuk membeli mobil listrik melihat pemeliharaannya? Untuk dunia yang lebih baik dari polusi udara sudah pasti mobil jenis ini harus jadi tujuan investasi atau kendaraan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *