Categories: Bisnis

Bisnis Pertanian Menjanjikan Untuk Sobat

Bisnis pertanian menjanjikan, sebuah ide yang mungkin bagus. Namun kenapa harus bisnis pertanian ? Seolah-olah pertanian itu berhubungan dengan tanah yang kotor dan pekerjaan yang melelahkan dengan hasil yang kurang memuaskan.

Jika kita berpikiran bisnis apa ya, yang jelas-jelas cukup menjanjikan untuk waktu kedepan bahkan untuk jauh di masa depan. Sobat coba pikirkan secara Global, jangan hanya regional. Sesuai dengan kodrat kita yang tinggal di wilayah agraris akan sangat penting dan strategis jika kita mengelola bisnis pertanian.

Jika dilihat dari wilayah Indonesia dibandingkan dengan negara lain, sinar matahari dan garis katulistiwa menjadi komoditas yang kita utamakan. Dua musim yang kita miliki akan mengalahkan negara mereka yang empat musim. Hal ini akan menjadikan sebuah peluang besar, tanah yang kita miliki untuk diproduktifkan menjadi bisnis.

Bisnis Pertanian Menjanjikan

Bisnis di bidang pertanian akan sangat menjanjikan di masa depan. Berkaitan dengan kondisi alam dan jumlah penduduk dunia yang semakin banyak. Misal saja banyak barang pangan yang tidak bisa hidup di 4 musim, di musim kita aman seperti rempah maupun tanaman lain akan menjadikan kekuatan. Pasar bebas juga akan mempermudah sobat berkirim barang bahkan lintas negara.

Untuk itu, diperlukan ide bisnis pertanian menjanjikan atas latar belakang hal diatas.

1. Produk Tanaman Porang

Berbeda dengan Suweg yang umbinya berwarna putih. Porang berwarna lebih kekuningan dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Tanaman yang dulunya sering tidak digagas ini cukup menjanjikan untuk menjadi komoditas ekspor. Karena teknologi yang kita miliki belum secanggih negara maju. Sobat bisa ekspor produk ini ke target negara yang membutuhkan.

Seperti di cina, umbi porang bisa dijadikan makanan mengenyangkan dan non kalori. Bisa dimakan banyak tetapi tidak menggemukan. Selain itu dapat dijadikan bahan pembuatan kosmetik.

Karena umbi ini beracun, kita perlu ekspor saja karena belum dapat mengolahnya. Adapun kalau disini sudah terdapat pabrik pengolah porang menjadi tepung (1 kg bisa sampai 600 ribu), dapat dijadikan target pemasaran. Selain menjanjikan, perlu kamu ketahui bahwa untuk pertumbuhan porang ini tidak memakan waktu yang singkat.

2. Produk Cashew Nut (Kacang Mete Bisnis Pertanian Menjanjikan)

Lahan pertanian untuk ditanami jambu monyet akan sangat menjanjikan. Produk mete sampai sekarang tidak mengalami penurunan harga. Bahkan terus menanjak dengan permintaan yang terus bertambah. Karena tidak hanya biji metenya saja yang dapat digunakan untuk makanan langsung.

Hasil pengolahan kacang mete sendiri dapat dijadikan produk Minyak Mete. Bahasa kerennya Cashew Nut Oil yang bisa diolah dan dijadikan berbagai produk non makanan. Fokus pada minyak mete bisa sobat jadikan resin, cat, aspal, perekat, karet dan lain sebagainnya. Produk ini dibutuhkan di dalam maupun luar negeri untuk mencukupi kebutuhan industri.

3. Tanaman Dengan Model Sambung Pucuk

Sobat bisa mendapat keuntungan berkali lipat dengan metode sambung pucuk. Contohnya pada Durian, sobat bisa menanam dulu yang jenis biasa sampai ukuran tinggi beberapa meter. Selanjutnya, membeli bagian atas/pucuk tanaman Durian super untuk kemudian disambung. Hasil penyambungan ini akan sangat membantu memudahkan pertumbuhan Durian.

Durian super yang rasanya enak ada diatas akan tumbuh dibantu dengan penyerapan akar Durian biasa dibawah. Meskipun begitu, ketika Durian besar akan menghasilkan buah yang super atau enak. Dapat mempermudah perkembangbiakan dan mempercepatnya. Hasil tanaman model sambung pucuk ini bisa kamu targetkan pada pasar luar maupun dalam negeri.

4. Produk Jamu

Tidak bisa dipungkiri, negara dengan 4 musim hampir tidak mungkin menanam jenis tanaman obat seperti kencur, kunyit, jahe dan sejenisnya. Ini merupakan kesempatan emas untuk kita yang memiliki lahan yang hanya 2 musim dapat menyuplai negara-negara tersebut.

gookalian

Sharing Kumpulan Pengalaman Otodidak Pribadi yang dilampiaskan ke dalam Tulisan.

Share
Published by
gookalian

Recent Posts

Cara Membuka Catatan Facebook Terbaru

Cara membuka catatan Facebook sekarang ini sudah tidak mudah lagi. Beberapa tahun yang lalu, pilihan… Read More

3 jam ago

Cara Menghilangkan Status Online Di Whatsapp

Beberapa orang atau sobat sendiri perlu tahu cara menghilangkan Status Online di Whatsapp. Soalnya Gookalian… Read More

21 jam ago

Apa Itu Aplikasi Clubhouse

Sobat mungkin bertanya-tanya apa itu aplikasi Clubhouse. Karena sempat viral di media sosial seperti Facebook… Read More

2 hari ago

Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Sobat sebagai ibu harus tahu pentingnya inisiasi menyusui dini (IMD). IMD adalah sebuah langkah untuk… Read More

3 hari ago

Wisata Air Terjun Di Karanganyar

Sebagai salah satu destinasi unggulan, wisata air terjun di Karanganyar mungkin wajib sobat kunjungi. Terkenal… Read More

4 hari ago

6 Alasan Kenapa Anak Nakal Lebih Sukses

Kenapa anak nakal lebih sukses daripada anak penurut atau kutu buku sekalipun Sobat pasti pernah… Read More

5 hari ago