Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Bagaimana cara agar lemari tidak dimakan rayap ? Sobat perlu tahu bahwa diperlukan pencegahan sebelum lemari dihinggapi oleh kawanan rayap. Dan dibutuhkan tindakan langsung untuk membasmi atau mengusir ketika hewan pemakan kayu ini telah membuat koloni di dalam lemari tempat sobat menyimpan baju.

Rayap masuk dalam kategori hama pemakan kayu yang bisa masuk ke rumah. Santapan yang mungkin favoritnya adalah lemari dirumah karena hampir tersusun atas bahan kayu. Tidak mengenakkan jika rayap-rayap bersarang di lemari kemudian menempel pada baju yang sobat pakai. Selain merusak lemari, ini juga tidak nyaman dipakai karena bisa menggigit. Lalu bagaimanakah untuk pencegahan agar lemari tidak dihinggapi rayap dan penanganannya jika sudah terjadi?

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Zat didalam perut rayap memang cukup kuat untuk mencerna kayu yang keras. Membutuhkan beberapa upaya agar lemari bisa awet dari serangan hewan yang berkoloni ini. Dibawah ini upaya dalam hal pencegahan dan penanganannya.

Pencegahan Supaya Lemari Tidak Diserang Rayap

Membuat rumah dengan ventilasi yang cukup. Karena rayap sangat menyukai tempat yang lembab dan kurang sinar matahari. Sobat harus menyusun kamar dengan ventilasi yang memadai. Agar sirkulasi udara menjadi baik menghindari lembab serta sinar matahari yang masuk cukup.

Menghindari genangan air disekitar rumah. Hampir sama dengan kasus kelembapan udara yang disukai oleh rayap. Genangan di halaman rumah merupakan tempat berkembang rayap terutama pada saat musim penghujan. Sobat perlu secara rutin membersihkan genangan air disekitar rumah. Selain mencegah rayap ini juga menghindari perkembangbiakan nyamuk.

Memperbaiki pipa bocor dan tembok serta keramik retak. Tembok yang bolong bakalan jadi jalan mudah untuk serangga ini masuk rumah begitupun dengan keramik yang retak. Lakukan perbaikan yang tepat dengan menutupnya. Pipa bocor apalagi disekitar rumah akan membuat kondisi lembab bahkan hanya karena tetesan air. Ketiga kondisi ini mengundang rayap untuk masuk kedalam rumah.

Menata perabot rumah dari kayu dengan memperhatikan jaraknya dengan tanah. Sesuaikan juga dengan lemari yang tidak menempel ke dinding (beri jarak). Melakukan antisipasi atau pencegahan pada perabot dari kayu yang tidak diolah dengan baik. Biasanya materialnya mudah menguapkan air, sebuah kondisi yang disukai rayap.

Memilih bahan kayu yang baik. Kayu jati yang diolah dengan baik ditambah finishing dengan vernis membuatnya jadi tahan terhadap rayap. Namun kayu jenis ini tidaklah murah. Sebagai aset yang digunakan untuk jangka waktu yang lama sobat harus mempertimbangkan hal ini.

Terakhir untuk pencegahan, gunakan kapur barus yang serba guna. Bisa mengusir atau mencegah rayap datang dan juga sangat berfungsi sebagai pengharum lemari berisi baju.

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap Dengan Membasminya

Beberapa pencegahan diatas seharusnya sudah bisa membuat rayap enggan untuk menyerang lemari. Akan tetapi mungkin pencegahan tidak dilakukan dengan maksimal sehingga rayap masih bisa menyerang. Sehingga kita bisa membasminya dengan beberapa cara:

Menjemur lemari pada terik sinar matahari. Pastikan semua bagian kering, jangan sampai terkena cairan atau hujan karena dapat menyebabkan lembab. Ini merupakan cara yang paling murah, karena hanya menjemurnya saja dapat mengusir para koloni rayap. Setelah bersih selama beberapa hari penjemuran, gunakan cara pencegahan diatas.

Semprot dengan cairan tertentu. Hal ini bisa dilakukan sebelum menjemur lemari. Semprotan beberapa cairan dibawah ini akan membuat hewan ini mati jika terlalu lama terpapar. Diantaranya:

  • Air sabun
  • Air kapur sirih
  • Larutan garam konsentrasi tinggi (semangkuk garam dengan setengah liter air)
  • Asam borat yang diencerkan dengan air (boric acid)
  • Minyak jeruk (dengan disuntikkan ke lubang/sarang rayap)
  • Rendaman tembakau

Menggunakan jebakan dengan kardus lembab. Bahan ini tujuannya untuk mengundang rayap sehingga mengerubunginya. Jika berhasil, sobat mudah untuk memisahkannya lalu kardus bisa dibuang atau dibakar. Cara ini dapat juga menyisir lokasi rayap bersarang. Sarangnya kemudian bisa diberikan semprotan cairan diatas hingga memastikan semua koloni rayap mati.

Apabila telah terlihat beberapa ekor rayap, sobat bisa aplikasikan kapur barus atau pewangi pakaian jenis apa saja. Ini juga mampu mengusir rayap apabila sudah menyerang. Itulah beberapa tips untuk sobat dalam mengatasi rayap di lemari rumah. Semoga tips Gookalian ini membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *