Cara Meditasi Untuk Kesehatan

Cara Meditasi Untuk Kesehatan

Bagaimana cara meditasi untuk kesehatan yang benar ? Sehingga kita mendapatkan manfaat untuk menjaga tubuh terhindar dari berbagai penyakit dan tetap sehat terjaga ?

Meditasi tidak hanya persoalan yang berhubungan dengan ibadah saja, namun sangat bisa dijadikan sebuah cara mencapai kesehatan. Menjaga kesehatan mental dan pikiran bisa dilakukan dengan menenangkan diri lewat beberapa metode meditasi.

Untuk mencapai hal ini, Gookalian punya beberapa tips untuk cara meditasi yang ditujukkan untuk kesehatan. Meskipun meditasi merupakan ilmu yang sangat luas beberapa poin pada artikel ini bisa juga kok dilakukan oleh seorang pemula.

Cara Meditasi Untuk Kesehatan

Meditasi merupakan salah satu teknik relaksasi dengan tujuan untuk melatih konsentrasi yaitu fokus untuk mendapatkan perasaan yang tenang dan damai. Kegiatan menenangkan pikiran ini bisa dilakukan dengan mudah dalam waktu yang singkat. Berikut beberapa cara meditasi yang perlu sobat perhatikan:

1. Memperhatikan Waktu

Sebenarnya setiap waktu dalam kehidupan sehari-hari kita bisa kita gunakan untuk melakukan meditasi. Hanya saja, kita perlu meminimalisir berbagai gangguan yang dapat mengganggu konsentrasi saat melakukannya.

Adapun waktu untuk melakukan hal ini adalah pagi hari sekitar 2 jam sebelum matahari terbit. Pada saat ini udara masih segar dan karena kondisi yang masih tenang akan membuat meditasi berjalan dengan maksimal.

Saat sebelum melakukan aktivitas pagi hari, siang hari ketika istirahat dan setelah beraktivitas dapat juga digunakan untuk melakukan meditasi. Butuh waktu setidaknya hanya 5 menit dengan duduk bersila dan mengambil nafas panjang.

2. Cara Meditasi Untuk Kesehatan Melalui Tahapan Ini

Begitu mudahnya kegiatan olah pikiran ini tidak membutuhkan peralatan khusus. Bisa dilakukan setidaknya 5-10 menit setiap hari bila perlu dilakukan dua kali sehari. Jika ini dijadikan sebuah kebiasaan, otomatis tubuh akan merespon layaknya kegiatan sikat gigi sehari-hari.

Secara spesifik yang perlu sobat lakukan:

  • Mulai dengan duduk sesantai mungkin di lantai atau di kursi dengan menggunakan pakaian yang paling nyaman menurut sobat
  • Pejamkan mata dan fokus untuk menenangkan diri
  • Bernafas dengan pelan melalui hidung dan membuang lewat mulut. Bila perlu gunakan ritme pernafasan dengan ketukan untuk meningkatkan konsentrasi
  • Fokuskan pada sebuah objek seperti benda religi atau sejenisnya dan bisa dengan lantunan syair suci kepercayaan/agama dalam hati
  • Dengarkan suara-suara kecil di sekitar seperti detik jam, suara rintik hujan, air mengalir
  • Rasakan aliran darah terpompa keseluruh tubuh
  • Bisa menggunakan wewangian aroma terapi ruangan

3. Ketenangan Adalah Kunci

Sebisa mungkin melakukan meditasi pada kondisi lingkungan yang cukup tenang. Ini akan mempermudah mereka yang masih pemula untuk mencapai konsentrasi. Diam dan ketenangan merupakan kunci untuk melakukan relaksasi. Terlebih suara alami objek sekitar akan mempermudah mendapatkan manfaat dari meditasi untuk menghilangkan stres.

4 Menggunakan Berbagai Jenis Meditasi

Ada beberapa bentuk meditasi yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan:

Meditasi berkonsentrasi merupakan dasar dari setiap meditasi di seluruh dunia dengan tujuan fokus pada pikiran

Meditasi berfokus hati dengan meredupkan pikiran dan membawa kewaspadaan pada hati yang letaknya ada di tengah dada

  • Mindfulness meditation berfokus pada objek yang dalam pikiran mengelilingi sehingga kondisi tenang dapat tercapai
  • Tai chi dan Qigong adalah meditasi yang dikombinasikan dengan gerakan dan nafas
  • Meditasi transcendental menggunakan mantra, kata-kata, frasa, atau suara untuk meningkatkan kewaspadaan diri
  • Meditasi berjalan mengubah fokus tubuh dan nafas sesuai dengan ketukan langkah kaki

Dalam melakukan meditasi sobat mungkin akan mengalami kendala seperti bosan, takut, cemas, gelisah dan perasaan untuk melawan. Ini akan hilang ketika semakin sering berlatih. Inti dari meditasi adalah mengijinkan pikiran-pikiran untuk datang dan pergi begitu saja.

Layaknya ketika sobat sedang di pinggir jalan dan melihat lalu lalang kendaraan. Mungkin sobat akan melihat kendaraan ini lewat dan pergi begitu saja tanpa perlu terikat jauh dengan hal tersebut. Meditasi mengajarkan untuk tidak terjebak pada pikiran-pikiran dan membiarkannya lewat dengan membiarkannya.

Selain untuk kesehatan mental dan pikiran, meditasi bisa sobat manfaatkan untuk mengatasi makan berlebih saat emosi. Ketika muncul, lawan dengan meditasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *