Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Gak cuma merokok, ada hal lain yang diperhatikan untuk cara mencegah tumpukan plak gigi. Sobat sudah tahu kan apa itu plak gigi? Sebuah lapisan yang lengket dan tipis yang bisa menebal di bagian luar gigi dan garis gusi.

Tumpukan ini adalah penebalan plak lewat zat asam yang dihasilkan dari pemecahan karbohidrat oleh bakteri pada mulut. Zat tersebut kemudian bergabung dengan sisa partikel makanan dan air liur jadilah plak gigi.
Jika pada tahap awal, plak pada gigi memang tidak menyebabkan masalah apapun. Namun jika sudah terlalu tebal maka dapat menimbulkan karang gigi yang keras dan dapat merusak gigi hingga masalah mulut lainnya. Gookalian punya beberapa tips untuk sobat dalam mencegah hal ini.

Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Sobat perlu memperhatikan berbagai hal yang dapat menyebabkan plak terus menumpuk hingga tidak menjadi penyebab gigi berlubang, kalkulus gigi, periodontitis maupun gingivitis. Selain itu menerapkan berbagai cara yang ampuh untuk membersihkannya sedikit demi sedikit sebelum merambah ke masalah gigi serius.

Tidak Berlebihan Dalam Konsumsi Sajian Tinggi Gula

Kandungan gula yang tinggi pada makanan baik minuman memang sangat nikmat ketika diteguk. Sudah pasti manis ini mengandung zat gula yang menyebabkan asam dan bercampur air liur membentuk plak yang menumpuk. Penumpukan akan semakin cepat jika diiringi dengan mengkonsumsi sajian dengan gula tinggi seperti minuman berpemanis.

Kebalikannya, sobat harus mengkonsumsi makanan yang rendah gula tambahan sehingga pertumbuhan bakteri pada mulut dan gigi dapat dibatasi. Makanan lain sehat seperti sayuran, protein tanpa lemak dan biji-bijian bisa menjadi alternatif pencegah plak.

Menjaga Kebersihan Mulut Yang Baik Merupakan Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Melalui praktek kebersihan mulut yang baik, plak gigi dapat ditangkal dan dicegah. Menurut Healthline, setidaknya melakukan sikat gigi 2 kali sehari. Pagi hari dan malam sebelum tidur dengan tambahan membersihkannya dengan benang gigi (flossing) satu kali dalam sehari.

Dengan benang gigi, dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang sulit dijangkau dengan sikat gigi. Bahkan dengan cara ini, sedikit demi sedikit plak juga dapat terkikis dan bersih.

Lakukan sikat gigi dengan tata cara yang efektif setelah flossing. Dengan menyikat bagian geraham atas dengan melingkar pendek. Kemudian beralih ke bagian depan dengan tetap gerakan melingkar pada sisi kedua sisi atas dan bawah.

Tentunya gak cuma sikat gigi saja, jangan sampai sebelum tidur sobat makan sesuatu yang bakal tertinggal semalaman. Menyikat gigi dan membiarkannya bersih selama tidur adalah wajib. Jadi atur jadwal makan untuk tidak mengganggu kebersihan mulut dan gigi.

Kombinasikan Dengan Obat Kumur

Salah satu keampuhan yang dimiliki obat kumur adalah mampu merontokkan karang/pak gigi yang sudah menumpuk. Namun tentunya dengan praktek kebersihan mulut dan berkumur secara rutin setiap hari. Jadi bagi yang malas pastinya ketahuan ada plak di sela-sela gigi mereka.

Obat kumur bekerja sebagai pembunuh bakteri. Campuran bahan seperti menthol, eucalyptol, dan alkohol yang kesemuanya berbentuk cair akan lebih mudah menembus bagian tersulit dalam mulut jika dengan sikat gigi. Obat ini akan membunuh bakteri yang membentuk lapisan plak, dan merontokkan rumah yang nyaman bagi mereka.

Hindari Merokok Dan Rokok Elektrik Juga

Menurut penelitian dan Healthline, kandungan nikotin dalam tembakau dapat mengurangi produksi air liur. Sehingga mulut akan lebih mudah dihinggapi tar dan bakteri berkembang biak. Tentunya ini berdampak pada gusi dan gigi kamu secara langsung lewat paparan asap tembakau.

Merokok akan berakibat pada fungsi jaringan dalam gusi. Gusi jadi lebih mudah terinfeksi dan terganggu aliran darahnya yang menyebabkan kuman menjadi lebih senang untuk hidup.

Penelitian yang dilakukan oleh Ae Kim dan timnya di tahun 2018 (Amerika) memberikan fakta bahwa bakteri dalam mulut orang yang menggunakan rokok elektrik lebih banyak daripada yang tidak. Sejalan dengan berbagai jenis cairan rokok ini juga mengandung nikotin yang memiliki efek yang sama dengan rokok tembakau.

Periksa Ke Dokter

Ini perlu rutin dilakukan untuk mengecek perkembangan karang gigi di mulut sobat. Namun jika sudah mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi dan tidak ada tanda-tanda penumpukan plak akan lebih baik. Dokter akan menyarankan untuk apa saja yang harus dilakukan untuk merawatnya.

Paling penting untuk sobat jika memiliki masalah plak pada mulut yang mungkin sudah parah atau sulit sembuh. Dokter dapat mendiagnosis penyakit atau hal tertentu apa yang menyebabkan plak terjadi. Sehingga akan diberikan pengobatan tertentu atau pembersihan karang gigi yang apabila sesuai dengan gejala medis dapat dilakukan dengan BPJS Kesehatan.

Itulah beberapa tips yang memang membuat kita harus lebih perhatian sama mulut dan gigi. Karena mulut dan gigi yang sehat adalah awal masuknya makanan yang akan dicerna. Mulut yang sehat juga bisa menjadi tanda pencernaan yang sehat lho. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *