Cara Mengendalikan Rasa Lapar Berlebih

cara mengendalikan rasa lapar

Cara mengendalikan rasa lapar berlebih gak hanya dibutuhkan pas puasa aja. Buat sobat yang lagi diet untuk menurunkan berat badan atau mengurangi lemak dalam tubuh perlu menahan lapar lebih lama. Karena terlalu lapar, seseorang bisa jadi mengalami kegagalan dalam usaha diet. Gookalian punya beberapa tips untuk sobat biar bisa mengendalikan rasa perut yang terus ingin diisi.

Cara Mengendalikan Rasa Lapar Berlebih

Salah satu penyebab tetap terasa lapar adalah makanan dengan kandungan gula atau karbohidrat tinggi. Mereka kekurangan berbagai asupan nutrisi makro. Meskipun beberapa makanan memang rendah kalori untuk diet, namun nutrisi yang dikandung tidak mengenyangkan saat diet.

1. Pilih Makanan Karbohidrat Kompleks

Seperti makanan mengandung gandum contohnya Oatmeal, Quinoa, dan Farro. Atau lebih dari jenis makanan olahan (roti tawar atau pasta). Umumnya makanan karbohidrat kompleks punya kandungan fiber/serat yang cukup tinggi mengenyangkan untuk waktu yang lebih lama.

Untuk sajian makan besar, sobat bisa pilih sumber fiber tinggi seperti kacang-kacangan, kentang dan beri-berian mempertahankan rasa kenyang.

2. Menambah Konsumsi Protein Dan Lemak Sehat

Lemak merupakan sumber cadangan makanan yang besar. Disimpan dalam jaringan tubuh dan pengolahan dalam pencernaan yang cukup lama. Ditambah dengan protein mampu mencegah rasa lapar datang lebih cepat. Sobat bisa tambahkan daging, telur, kacang, kedelai, alpukat dan biji-bijian sehat dalam sajian makan sehari-hari.

3. Mencegah Stres Cara Mengendalikan Rasa Lapar Berlebih

Merasa terus lapar ketika emosi sehingga menyebabkan makan berlebih adalah salah satu tanda stres. Sobat bisa mengurangi stres dengan berolahraga, meditasi atau yoga. Kegiatan tersebut akan menyehatkan mental emosional dan menangkal stres yang menghadang.

4. Mindful Eating

Adalah sebuah kondisi dimana sobat memperhatikan dengan detil saat menikmati makanan. Rasa, tekstur, aroma, suhu, dan kerenyahan membutuhkan waktu saat menikmati sajian diatas piring. Waktu makan yang pelan dan merasakan sensasinya membuat tubuh ikut terbawa mencerna dengan baik dan tetap terasa kenyang.

5. Minum Air Putih Yang Banyak

Sejumlah besar air akan menangkal rasa lapar. Menurut Jurnal Natural Science, Biology, and Medicine di tahun 2014 pada wanita yang menjalani diet. Mereka yang mengkonsumsi 1,5 liter air merasa berkurang dalam keinginan untuk makan. Sehingga program diet mereka lebih berhasil dengan berkurangnya berat badan atau lemak dalam tubuh.

Itulah beberapa cara mengendalikan rasa lapar agar sobat bisa merampungkan program diet. Yang paling penting jika jumlah asupan yang sudah terpenuhi, menambahnya lagi akan meningkatkan berat badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *