Rabu , September 28 2022

Cara Mengeringkan Kasur Yang Terkena Ompol

Sobat harus mempelajari cara mengeringkan kasur yang terkena ompol, karena dalam kehidupan keluarga kita tidak lepas dari hal tersebut. Baik masih kecil seperti bayi maupun sudah masuk remaja seringkali ngompol masih menjadi kebiasaan. Terlepas dari masalah stimulus di otak yang membuat seseorang ngompol diatas kasur, kita pasti harus membersihkan cairan tersebut dari kasur kita.

Tidak jarang dari kita pernah merasa ingin pipis ketika masih tidur. Sudah merasa di toilet dan kemudian keluar begitu saja. Ternyata kita masih diatas kasur ternyaman kita. Begitu pula saat merasa sudah berjalan ke kamar mandi ternyata masih ditempat dan ngompol terjadi. Kasur yang terkena ompol harus segera dibersihkan agar tidak menimbulkan kuman dan bau. Gookalian akan memberikan beberapa tips untuk cara mengeringkan kasur yang terkena ompol dan juga beberapa pencegahan bisa dilakukan.

Cara Mengeringkan Kasur Yang Terkena Ompol

Sebisa mungkin sobat melakukan berbagai hal dibawah ini ketika ketahuan kasur sudah basah. Semakin cepat maka semakin baik kasur bisa tertangani agar tidak menimbulkan bau berkepanjangan. Jika sobat menggunakan sprei, segera angkat lalu cuci hingga bersih menggunakan deterjen. Kemudian untuk kasurnya, beberapa langkah yang bisa sobat lakukan terlebih dahulu yaitu:

Menggunakan Kain Lap Atau Tisu

Kain atau tisu yang digunakan harus mudah menyerap cairan. Tekan-tekan pada bagian kasur yang terkena ompol. Lakukan hingga benar-benar kain kering tidak lagi menyerap cairan dari kasur. Memang hal ini harus dilakukan dan merepotkan tapi niscaya hal ini bisa membantu mempercepat pengeringan. Cara mengeringkan kasur yang basah dengan cepat setelah dilap menggunakan kain tersebut kemudian bisa dijemur dibawah sinar matahari langsung.

Baca Juga!  Terapi Untuk Anak Telat Bicara Bisa Dilakukan Dirumah

Menghilangkan Bau Dan Kuman Bekas Ompol

Siapkan botol semprot yang diisi cairan pembersih noda dan cairan detergen dengan konsentrasi 1:1 ditambah air secukupnya. Misalkan beberapa orang menggunakan Vanish dan Rinso Cair yang dijadikan dalam satu wadah semprotan dengan takaran yang sama. Semprotkan ke bagian yang telah terkena bekas ompol, pastikan tidak terlalu banyak sehingga menambah basah. Kain lap maupun tisu dipakai kembali untuk mengeringkan. Tekan-tekan pada bagian yang telah disemprotkan cairan hingga benar-benar kering atau tidak lagi terserap kain lap/tisu.

Adapun alternatif lain yaitu menggunakan air dingin, cuka kue, baking soda dan sedikit deterjen yang dimasukkan ke dalam botol semprot. Fungsinya sama yaitu akan menghilangkan bau akibat ompol sebelum atau setelah kering. Jangan lupa untuk lap kembali bagian tersebut dengan ditekan-tekan agak kuat untuk mengeringkan.

Mengeringkan Kasur Yang Sudah Dibersihkan Dari Ompol

Jemur Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Cara mengeringkan kasur yang terkena ompol yang paling cepat adalah menjemurnya. Setidaknya gunakan waktu seharian penuh yang panas untuk bisa membuatnya kering.

Dekatkan Kasur Dengan Jendela

Ini akan membantu cairan yang masih tersisa termasuk hal yang kita semprotkan lebih cepat kering. Sinar matahari dan angin yang bersirkulasi memudahkan cairan di kasur menguap hingga cepat kembali seperti semula.

Menggunakan Hair Dryer

Uap panas dari alat kecantikan ini membuat bekas ompol yang telah dibersihkan masih lembab cepat kering. Setidaknya sobat harus meluangkan waktu untuk melakukannya.

Menggunakan Kipas Angin

Arahkan kipas ke kasur yang masih lembab. Gunakan tombol yang paling cepat, membantu kelembaban segera pergi dan air menguap dari kasur.

Menggunakan Setrika

Bisa dengan setrika uap maupun setrika biasa untuk diterapkan di kasur yang basah. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bagian permukaan kasur. Cara mengeringkan kasur yang terkena ompol ini mungkin bisa jadi alternatif yang bagus.

Baca Juga!  Kenali Ini Sebelum Menilai Seorang Childish

Sedot Dengan Wet/Dry Vacuum

Alat yang memang didesain untuk membersihkan pada permukaan basah dan kering. Berbeda dengan Vacuum Cleaner yang biasa kita gunakan sehari-hari untuk menyedot debu. Sobat bisa membeli alat ini jika memang digunakan untuk sering membersihkan ompol. Selain itu bersihkan rumah dengan alat tersebut juga.

Cara Membersihkan Ompol Di Kasur Menurut Islam

Cara mengeringkan kasur yang terkena ompol yang telah admin Gookalian sebutkan diatas cukup sesuai dengan apa yang tertuliskan/anjurkan menurut berbagai sumber. Yaitu membersihkan dengan air lalu dijemur atau alternatif pengeringan lainnya. Adapun beberapa sumber tersebut yaitu berdasarkan:

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, beliau bercerita: Ada seorang badui yang datang ke kota Madinah, dan langsung masuk masjid nabawi, lalu kencing di dalam masjid. Para sahabat semua marah kepada orang ini, namun Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mencegah mereka untuk memarahinya dan menyuruh mereka untuk membiarkannya. Setelah selesai kencing, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam perintahkan untuk dibawakan seember air, lalu beliau siramkan ke bagian yang terkena kencing. (HR. Ahmad 12082 dan Bukhari 221).

Tanah bagian atas sudah bersih dari najis, meskipun bawahnya belum. Bagian atasnya sudah bersih untuk tempat menunaikan sholat. Hal ini juga sejalan dengan kasur tempat tidur kita. Bagian permukaan memang bersih dari najis ompol dan bagian bawahnya mungkin belum. Akan tetapi ketika kita hamparkan sprei, najis di dalam kasur tidak mengenai kita lagi (oleh Ustadz Ammi Nur Baits).

Menurut situs NU, ada sedikit perbedaan. Syekh Ahmad Zainuddin al-Malibari dalam Fathul Mu’în bi Syarhi Qurratil ‘Ain bi Muhimmâtid Dîn menjelaskan bahwa najis ‘ainiyah (berwujud ada bau, warna, rasa) disucikan dengan cara membasuhnya hingga hilang warna, bau, dan rasanya. Sementara najis hukmiyah (tidak berwujud) disucikan dengan cara cukup menuangkan air sekali di area najis. Namun tetap dengan membersihkan dengan air bersih dan suci pada tempat tersebut. Ditambah dengan mengeringkan dengan cepat.

Baca Juga!  Tips Memilih Tontonan Untuk Anak

Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengeringkan kasur yang terkena ompol. Jika masih berumur dibawah 2 tahun masih najis yang ringan. Tapi kalau sudah besar, kita perlu melakukan hal-hal diatas. Demikian semoga bermanfaat.

Check Also

Tugas Keluarga Terhadap Pasien TBC

Tugas Keluarga Terhadap Pasien TBC Paru

Apa saja tugas keluarga terhadap pasien TBC? Penyakit yang ditularkan oleh bakteri yang bisa menular …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.