Cara Menguasai Bahasa Inggris Secara Otodidak

| |

Cara Menguasai Bahasa Inggris Secara Otodidak – Bagi para learner, scholar, student, university student atau siapapun yang ingin mengusai bahasa Inggris harus menguasai beberapa skill, maka bagi para peserta didik harus tahu skill apa saja yang harus dikuasai jika ingin menguasai bahasa Inggris. Berikut penulis jabarkan beberapa skill to master English.

Cara Menguasai Bahasa Inggris Secara Otodidak

Cara cepat menguasai bahasa inggris secara otodidak bisa ditempuh dengan berbagai cara, walaupun butuh waktu dan kerja keras, bahasa inggris memang sekarang banyak dibutuhkan di media apapun salah satunya adalah dibidang pekerjaan bahasa inggris merupakan nilai plus saat kamu melamar pekerjaan, lalu apa cara menguasai bahasa inggris otodidak tercepat berikut ini beberapa tips dan trik dari gookalian.

Memorizing Vocabulary (kosakata) beserta pronunciation (pelafalan)

Ketika mengajar bahasa Inggris saya selalu menekankan pada peserta didik saya untuk mengahafal vocabulary sebanyak mungkin. Lebih banyak lebih bagus. Menguasai kosakata menjadi kunci dasar dalam pengusaan bahasaan bahasa Inggris. Mustahil kita bisa bicara bahasa Inggris jika kita tidak menghafal kosakatanya. MUSTAHIL. Dan tentu saja dalam menghafal vocabulary harus disertai dengan pronunciation yang tepat. hubungan Vocabulary dan pronun-ciation saling berkaitan tidak bisa dipisahkan. Kenapa bisa begitu ?, karena dalam bahasa Inggis itu terkadang antara tulisan dan bacaanya berlainan.

Cara mendapatkan kosakata dalam bahasa Inggris selain melalui buku kosakata Inggris juga bisa lewat koran yang berbahasa Inggris Jakarta Post misalnya, lewat majalah, lewat artikel-artikel bahasa Inggis, lewat musik, lewat film, lewat novel atau lewat apapun yang berbahsa inggris, jadi tidak hanya  lewat buku vocabulary saja. Semua itu akan sangat membantu pengayaan kosakata kita.

Dan yang  tidak kalah penting dalam mengafalkan vocabulary tidak hanya berupa kata saja maksudnya disini juga perlu menghafalkan IDOM dan SLANG.

Beri target pada diri kita berapa banyak kosa  kata yang bisa  kita hafal dalam sehari. Jangan pernah merasa lelah dan capek ketika menhafal kosakata bahasa Inggris. “HIDUPKANLAH TERUS SEMANGAT KITA”

Practice to speak English (praktek berbicara bahasa Inggris)

Bahasa itu adalah kebiasaan. Tidak mungkin kita bisa berbicara bahasa Inggris jika tidak membiasakanya, jika kita tidak mempraktekanya. MUSTAHIL. Percuma saja kita capek-capek menghafalkan kosakata, percuma saja kita mengahabiskan waktu mengahafal kosakata jika tidak dipraktekan, jika tidak dibiasakan. Kalau kita belajar bahasa Inggrisnya hanya mengahafal saja sampai puluhan tahunpun kita tidak akan bisa bicara bahasa Inggris. IMPOSIBLE.

Dan bagaimana cara mempraktekan bahasa Inggris kita, ada beberapa macam cara agar kita lebih cepat bisa berbicara bahasa Inggris :

Cara cepat menguasai bahasa inggris
Discussion

Discussion

Selama penulis mengajar, metode diskusi adalah metode yang paling cepat untuk bisa berbicara bahasa Inggris dengan cepat. Materinya apa. Materinya bisa apapun. Mulai dari kita bangun tidur dan tidur lagi semua aktivitas kita bisa diskusikan. Diskusinya bisa face to face atau membuat grup dengan beberapa orang, tapi diskusi dengan cara face to face lah yang paling efektif agar lebih cepat bisa berbicara bahasaInggris.

cara menguasai bahasa inggris otodidak
Presentation

Presentation

Presentation adalah adalah cara efektif lain untuk mengasah kemampuan  speaking kita. Materi presentasinya tidak harus sulit dan rumit, bisa dimulai dengan hal yang sederhana. Misalnya tentang family, friend, hobby, dream dan lain sebagainya.

Keunggulan dari model presentasi ini akan memperkuat  mental kita, memperkuat keberanian kita tampil dimuka umum dengan mengemukakan pendapat kita dihadapan khalayak.

Telling picture

Telling picture cukup membantu dalam mengasah kemampuan speaking kita karena kita dituntut untuk menceritakan runtututan kejadian yang ada dalam gambar.

Making  a chat

Making a chat ini seperti ngobrol biasa. Partnernya bisa teman kita sendiri atau untuk meningkat kepercayaan diri, kita bisa melakunya dengan bule. Untuk mengatahui kemampuan bahasa Inggris kita apakah bahasa Inggris kita bisa dipahami oleh native speaker.

Grammar

Dalam suatu suatu komunikasi, hal yang terpenting adalah saling paham dan saling mengerti. Anda paham dan  saya pun juga paham. Selesai sudah masalah. Walaupun tanpa Grammar sekalipun.

Lalu apa sih Grammar itu. Pengertian sederhananya, suatu tuntunan agar kita bisa berbicara bahasa Inggris sesuai dengan peraturan, sesuai dengan kaidah, sesuai dengan native speakernya. Tidak asal ngomong saja.

Contoh sederhananya :

Apakah kamu bahagia ditranslate menjadi do you happy (yang benar are you happy). Apakah kamu ingin makan ditranslate menjadi are you want ro eat ( yang benar, do you want to eat).

Saya tidak lapar ditranslate menjadi I don’t hungry (yang benar, I am not hungry). Saya tidak makan ditranslate menjadi I am not eat (yang benar, I don’t eat).

“Hal tersebut sering terjadi dan tidak tersadari jika kalimat tersebut salah”

Maka sekarang keputusan berada ditangan anda. Apakah anda hanya ingin sekedar ngomong, yang penting berbicara bahasa Inggris dulu. Atau berbicara bahasa Inggris sesuai dengan kaidah, sesuai dengan tuntunan, sesuai dengan native speakernya.

 

Sebelumnya

Pengertian Vertigo Secara Umum Sekaligus Penyebabnya!

Cara Kirim Foto WhatsApp Kualitas Tinggi

Berikut

Tinggalkan komentar