Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan Buat Mereka Stay

cara menjaga loyalitas pelanggan

Bagaimana cara menjaga loyalitas pelanggan sama saja dengan menjaga bisnis tetap berjalan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Konsumen atau pelanggan merupakan satu faktor kesuksesan sebuah bisnis. Mereka ada yang datang sebagai pelanggan baru, tetapi bagaimana dengan tetap mempertahankan pelanggan lama agar tetap loyal?

Tentunya dibutuhkan efforts seorang pengelola bisnis untuk terus mendatangkan pelanggan dan tetap membuat yang lama tidak berpindah ke tempat lain. Sobat bisa simak dibawah ini infonya dari Gookalian.

Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

Menurut Smallbizgeniuz, loyalitas pelanggan merupakan hal vital dalam perkembangan dan keberlangsungan bisnis. Sekitar 82% para pebisnis sepakat bahwa mempertahankan pelanggan merupakan cara yang lebih murah dari mencari pelanggan baru. Berikut ini cara-cara untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan.

1. Memberi Layanan Luar Biasa Ke Pelanggan

Pelayanan yang luar biasa memang sebuah hal yang mustahil atau bahkan sangat sulit untuk dicapai. Namun menurut penelitian di Amerika (American Express) sekitar 60% konsumen akan pindah sampai 2-3 kali jika mereka mengalami pelayanan yang jelek. Memberikan pelayanan yang luar biasa adalah memahami apa yang dibutuhkan oleh mereka. Singkatnya memberikan sebuah pelayanan diatas wajar atau diatas rata-rata (unggul, sangat baik, berbeda, dan menonjol).

Selain mendengarkan apa yang pelanggan inginkan, berikan juga sebuah solusi atas permintaan dan apa yang mereka khawatirkan dengan tepat waktu. Buat bisnis sobat dapat dengan mudah diakses dalam sentuhan jari. Gunakan Bot Chat atau layanan pelanggan 24 jam untuk rekomendasi ke pelanggan dan memberikan solusi untuk apa yang mereka keluhkan. hal ini dapat meningkatkan penjualan dan rekomendasi ke bisnis sobat.

2. Tetap Terhubung Dengan Pelanggan Secara Personal

Follow Up atau menghubungi kembali pelanggan yang telah menggunakan produk milik sobat masuk dalam kategori pelayanan yang cukup luar biasa. Sebagai ucapan terima kasih dan mendorong mereka melakukan penilaian terhadap jasa/produk sobat. Sehingga nantinya mereka yang tetap terhubung akan menilai bisnismu dengan baik sampai pada merekomendasikan ke pelanggan lain.

Terlebih lagi apabila hubungan atau komunikasi tersebut berjalan secara personal. Misalnya menggunakan email khusus untuk pelanggan atau nomor khusus termasuk pesan unik dan hobi/kesukaannya. Berikan ucapan selamat dan memberikan promo di hari kelahiran mereka.

3. Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Cara Menjaga Loyalitas Pelanggan

Era digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengenalan produk dari bisnis sobat. Gunakan sosial media untuk memperluas brand dengan mengedukasi dan menarik pelanggan baru. Sama seperti menggunakan Customer Service 24 jam untuk membebaskan konsumen bertanya tentang produk yang kamu miliki.

Selain membentuk Brand Image dan memberikan pelayanan secara online. Sobat dapat membentuk sebuah komunitas di media sosial berisi pelanggan lama maupun calon-calon baru (yang berpotensi) sebagai sebuah upaya Customer Retention dengan berbagi pertukaran informasi didalamnya.

Grup di sosial media akan membentuk rasa kebersamaan antar pelanggan. Didalamnya sobat bisa mulai ngobrol dengan pelanggan lama serta target audien atau calon pelanggan baru. Mendorong mereka untuk membuat video atau foto bersama dengan produk dari bisnis sobat dan membentuk kampanye tertentu akan menarik lebih banyak pelanggan.

4. Buat Program Unik Untuk Pelanggan Loyal

Ada berbagai cara yang diterapkan di bisnis penerbangan, kedai kopi dan lainnya dengan memberikan Reward (hadiah) atau program royalti sehingga membuat pelanggan kembali. Poin dari hasil belanja di toko sobat atau setelah menggunakan jasa dari bisnis milikmu dapat dijadikan voucher belanja, hadiah liburan dan lain sebagainnya. Selain meningkatkan pendapatan, pelanggan dengan poin yang tinggi akan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Program positif berupa diskon juga harus diperhitungkan agar memberi dampak bertambahnya pelanggan baru dan juga pelanggan setia agar tetap stay. Selain poin, ada juga Giveaway untuk pelanggan agar mereka lebih aktif.

5. Pahami Pelanggan Sobat

Sebelum melakukan berbagai cara meningkatkan kesetiaan pelanggan diatas, sobat butuh waktu untuk memahami setiap pelanggan bahkan pada tingkat personal. Dengarkan mereka, bagikan nilai bisnismu, dan buatlah sebuah ikatan kuat dengan mereka.

Jika kamu menginginkan pelanggan yang loyal, berarti harus siap mengembangkan mindset Berorientasi Pada Konsumen berjalan di bisnis sobat. Biarkan pelanggan mengerti apa yang menjadi keinginan kuat mereka dalam hati. Tentunya apa yang sobat lakukan harus sejalan dengan apa kata hati mereka.

Ada beberapa tanda kalau mereka loyal. Seperti mereka tidak memikirkan harga, memberi testimoni secara cuma-cuma, mereka sangat percaya dengan bisnismu. Jadi setelah mengetahui mereka yang loyal, buatlah program yang tepat supaya tetap terjaga dan tidak ke lain perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *