Trik Sharing Printer Windows 11 yang Harus Kamu Ketahui

Cara Sharing Printer Windows 11 – Sharing printer adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membagikan printer mereka ke beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan. Dengan cara ini, beberapa pengguna dapat mencetak dokumen dari berbagai komputer yang terhubung ke jaringan tanpa perlu memiliki printer masing-masing. Sharing printer juga dapat membantu pengguna untuk menghemat biaya pembelian printer karena satu printer dapat digunakan oleh banyak pengguna.

Sharing printer dapat dilakukan dengan mudah pada sistem operasi Windows, termasuk pada Windows 11. Melalui fitur sharing printer yang telah disediakan, pengguna dapat membagikan akses penggunaan printer dengan mudah dan cepat, serta dapat menentukan izin akses penggunaan printer.

Namun, sebelum melakukan sharing printer, pengguna harus memastikan bahwa printer yang akan dibagikan terhubung dengan PC dan telah terinstal driver printer yang sesuai. Selain itu, pengguna juga harus memastikan bahwa jaringan pada PC telah aktif.

Dalam panduan ini, akan dijelaskan langkah-langkah cara sharing printer pada sistem operasi Windows 11.

Kenapa Perlu Sharing Printer ?

Sharing printer merupakan solusi yang sangat berguna bagi pengguna yang ingin mencetak dokumen dari beberapa komputer yang terhubung dalam satu jaringan tanpa harus memindahkan file dokumen terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa sharing printer perlu dilakukan:

  • Menghemat biaya: Sharing printer dapat membantu menghemat biaya pembelian printer karena satu printer dapat digunakan oleh banyak pengguna.
  • Menghemat ruang: Dengan sharing printer, pengguna tidak perlu menyediakan ruang tambahan untuk menempatkan banyak printer.
  • Meningkatkan efisiensi: Sharing printer dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas karena pengguna tidak perlu mencetak dokumen satu per satu dari masing-masing komputer.
  • Mudah diakses: Dengan adanya sharing printer, pengguna dapat dengan mudah mengakses printer tanpa harus berpindah-pindah antar komputer.
  • Meningkatkan kolaborasi: Sharing printer dapat membantu pengguna dalam melakukan kolaborasi antar tim karena memungkinkan pengguna untuk mencetak dokumen dari berbagai komputer yang terhubung dalam satu jaringan.
Baca Juga!  Cara Cek Komputer Mendukung Windows 11 Atau Tidak

Dengan demikian, sharing printer sangat penting bagi pengguna yang ingin menghemat biaya, menghemat ruang, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kolaborasi antar tim.

Persiapan Sebelum Sharing Printer

Sebelum melakukan sharing printer pada Windows 11, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan agar proses sharing printer dapat berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum sharing printer:

  • Pastikan printer terhubung ke PC: Pastikan bahwa printer telah terhubung dengan PC melalui kabel USB atau melalui jaringan Wi-Fi.
  • Install driver printer: Pastikan driver printer telah terinstal pada PC yang terhubung dengan printer. Jika driver belum terinstal, pengguna harus mengunduh driver printer dari situs web produsen printer.
  • Aktifkan jaringan: Pastikan bahwa jaringan pada PC telah aktif dan PC terhubung ke jaringan yang sama dengan komputer lain yang ingin mengakses printer yang akan dibagikan.
  • Berikan nama pada printer: Sebelum melakukan sharing printer, pastikan bahwa printer telah diberi nama yang mudah diingat dan mudah diidentifikasi.

Dengan melakukan persiapan di atas, pengguna dapat memastikan bahwa printer telah terhubung dengan PC dan jaringan, driver printer telah terinstal dengan baik, dan printer telah diberi nama yang mudah diingat. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam melakukan sharing printer pada Windows 11.

Cara Sharing Printer Di Windows 11

Cara Sharing Printer Di Windows 11

Berikut adalah langkah-langkah cara sharing printer di Windows 11:

Advertisements
  • Buka menu Start pada PC dan ketik “Printers & Scanners” pada kolom pencarian. Kemudian klik pada opsi “Printers & Scanners” yang muncul.
  • Pilih printer yang ingin dibagikan dari daftar printer yang terhubung ke PC. Jika printer tidak muncul di daftar, pastikan bahwa printer telah terhubung dengan PC dan driver printer telah terinstal dengan baik.
  • Klik pada opsi “Manage” yang terletak di sebelah printer yang ingin dibagikan.
  • Pilih opsi “Printer Properties” pada jendela yang muncul.
  • Pilih tab “Sharing” pada jendela “Printer Properties”.
  • Pilih opsi “Share this printer” untuk mengaktifkan fitur sharing printer.
  • Beri nama pada printer yang akan dibagikan. Nama ini akan digunakan oleh komputer lain dalam jaringan untuk mengidentifikasi printer.
  • Pilih opsi “Render print jobs on client computers” jika ingin mengurangi beban pemrosesan pada PC yang terhubung dengan printer.
  • Klik pada tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan sharing printer.

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, printer telah siap untuk dibagikan kepada komputer lain dalam jaringan. Komputer lain dapat mencari printer yang telah dibagikan pada jaringan dan mengaksesnya dengan menggunakan nama printer yang telah diberikan. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen dari berbagai komputer dalam satu jaringan.

Cara Mengakses Printer Yang Dibagikan

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses printer yang telah dibagikan di Windows 11:

  • Pastikan bahwa PC yang ingin mengakses printer telah terhubung ke jaringan yang sama dengan PC yang terhubung dengan printer.
  • Buka menu Start pada PC dan ketik “Printers & Scanners” pada kolom pencarian. Kemudian klik pada opsi “Printers & Scanners” yang muncul.
  • Klik pada tombol “Add a printer or scanner” yang terletak di bagian bawah jendela “Printers & Scanners”.
  • Tunggu beberapa saat hingga PC selesai melakukan pencarian printer yang tersedia pada jaringan.
  • Pilih nama printer yang telah dibagikan oleh PC yang terhubung dengan printer. Pastikan nama printer yang dipilih sama dengan nama printer yang telah dibagikan.
  • Klik pada tombol “Add device” untuk menambahkan printer ke dalam daftar printer yang terhubung ke PC.
  • Jika diperlukan, PC akan melakukan instalasi driver printer secara otomatis.

Setelah langkah-langkah di atas dilakukan, printer telah berhasil terhubung ke PC dan siap digunakan untuk mencetak dokumen. Pengguna dapat mencoba mencetak dokumen pada aplikasi dan memilih printer yang telah terhubung untuk mencetak dokumen. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen dari berbagai komputer dalam satu jaringan tanpa perlu memindahkan file dokumen terlebih dahulu.

Tips Troubleshooting

Berikut adalah beberapa tips troubleshooting jika terjadi masalah saat melakukan sharing printer di Windows 11:

  • Pastikan printer telah terhubung dengan PC dan driver printer telah terinstal dengan baik.
  • Pastikan jaringan pada PC telah aktif dan PC terhubung ke jaringan yang sama dengan komputer lain yang ingin mengakses printer.
  • Periksa pengaturan sharing printer pada PC yang terhubung dengan printer.
  • Pastikan fitur sharing printer telah diaktifkan dan nama printer telah diberikan.
  • Pastikan bahwa firewall pada PC telah dikonfigurasi untuk mengizinkan akses sharing printer.
  • Pastikan bahwa PC yang ingin mengakses printer telah terhubung ke jaringan yang sama dengan PC yang terhubung dengan printer.
  • Periksa pengaturan printer pada PC yang ingin mengakses printer. Pastikan bahwa nama printer yang dicari sesuai dengan nama printer yang telah dibagikan.
  • Pastikan bahwa PC yang ingin mengakses printer telah menginstal driver printer yang sesuai.
  • Restart PC dan printer jika diperlukan.

Jika semua tips di atas masih tidak berhasil mengatasi masalah, pengguna dapat mencari solusi lebih lanjut melalui situs web produsen printer atau melakukan konsultasi dengan ahli IT terkait.

Sharing printer di Windows 11 dapat memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen dari berbagai komputer dalam satu jaringan. Langkah-langkah yang diperlukan untuk melakukan sharing printer cukup mudah, yaitu dengan mengaktifkan fitur sharing printer dan memberikan nama pada printer yang akan dibagikan. Pengguna juga dapat mengakses printer yang telah dibagikan dengan cara mencari nama printer pada jaringan dan menambahkannya ke dalam daftar printer yang terhubung ke PC.

Jika terjadi masalah saat melakukan sharing printer, pengguna dapat melakukan troubleshooting dengan melakukan pemeriksaan pengaturan, koneksi jaringan, dan instalasi driver printer. Dengan melakukan sharing printer, pengguna dapat mencetak dokumen dengan lebih mudah dan efisien tanpa perlu memindahkan file dokumen terlebih dahulu.

Penutup

Demikianlah informasi tentang cara sharing printer di Windows 11 beserta tips troubleshooting yang dapat dilakukan jika terjadi masalah. Sharing printer dapat memudahkan pengguna untuk mencetak dokumen dari berbagai komputer dalam satu jaringan, sehingga pekerjaan dapat lebih efisien dan produktif.

Namun, pengguna juga perlu memastikan bahwa printer telah terhubung dengan baik dan pengaturan telah diatur dengan benar untuk menghindari masalah saat mencetak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pengguna Windows 11 dalam melakukan sharing printer.

Check Also

Cara Membagi Layar Windows 11

Panduan Lengkap: Cara Split Screen Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft yang hadir dengan antarmuka pengguna yang baru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *