Categories: Keluarga

Inilah Cara Mencuci Piring yang Benar dan Menyehatkan

Gookalian.com – Mencuci piring adalah sudah menjadi kegiatan wajib bagi rumah tangga kita. Setiap hari kita makan dan minum, setiap hari pula kita harus mencuci piring, mencuci peralatan makan, peralatan dapur agar bersih dan bisa digunakan kembali.

Cara mencuci piring yang benar juga sangat penting untuk dilakukan, karena ini sangat mempengaruhi kesehatan Anda sekeluarga. Bayangkan jika cara mencuci piring Anda ternyata salah atau kurang bersih. Apa yang akan terjadi? Anda sekeluarga pun secara tidak sengaja akan mengkonsumsi makanan dengan sisa-sisa kotoran yang menempel di piring.

Langkah-Langkah Mencuci Piring Agar Bersih dan Sehat

Lalu, bagaimana cara mencuci piring yang baik dan benar? Simak artikel di bawah ini:

1. Bersihkan Sisa Makanan Sebelum Mencuci Piring

Biasanya sisa-sisa makanan selalu ada di piring, entah karena tidak habis atau memang kotoran dari sisa makanan yang masih menempel. Nah, jika seperti ini, bersihkan dahulu sisa makanan dengan mengguyurnya dengan air bersih. Pastikan sisa makanan tersebut hilang bersamaan dengan air yang mengalir.

Jika sisa makanan tersebut susah dibersihkan hanya dengan guyuran air, Anda harus merendamnya terlebih dahulu. Setelah direndam beberapa menit, maka kotoran tersebut pun akan mudah terangkat.

2. Mulailah Mencuci Piring

Setelah semua kotoran yang menempel di piring mangkuk, gelas, sendok, atau alat makan apapun itu, tibalah saatnya untuk memulai mencuci piring. Jangan lupa cuci piring di tempat cuci piring :p

Berikut adalah beberapa langkah yang benar dalam mencuci piring agar bersih sempurna dan bisa menjamin kesehatan keluarga Anda:

3. Sediakan Sabun Pencuci Piring

Hal pertama yang harus dilakukan saat mencuci piring adalah menyediakan sabun khusus mencuci piring. Anda bisa menggunakan merk-merk yang sudah beredar di pasaran. Seperti Sunlight, Mama lemon, dan lain sebagainya

4. Pastikan Kebersihan pada Alat untuk Mencuci Piring

Alat untuk memcuci piring yang dimaksud di sini adalah spons atau jala pencuci piring. Percuma jika sisa makanan yang menempel di piring sudah hilang, tapi alat untuk memcuci piringnya kotor.

Jadi, bersihkan terlebih dahulu alat untuk memcuci piring dengan air. Pastikan saat Anda memerasnya tidak ada air yang kotor dalam perasannya.

5. Tuangkan Sabun Pencuci Piring Pada Alat Untuk Mencuci Piring

Untuk cara mencuci piring selanjutnya adalah dengan menuangkan sunlight pada alat untuk memcuci piring. Kasih sedikit air dan remas-remas sampai berbusa.

6. Cuci Perabotan Makanan Sesuai Urutannya

Dalam langkah ini, Anda sudah bisa mulai mencuci piring. Namun, hal ini perlu diperhatikan adalah urutan-urutan apa saja yang harus didahulukan dan diakhirkan.

Cucilah gelas terlebih dahulu. Karena jika gelas diakhirkan, tentu bau makanan akan menyertai Anda saat minum meski Anda sudah benar-benar membilasnya dengan bersih.

Setelah mencuci gelas, lanjutkan dengan mencuci sendok dan garpu. Mengapa? Karena sendok dan garpu inilah yang akan langsung masuk ke mulut kita.

Piring dan mangkok menduduki urutan ke tiga dalam cara mencuci piring. Pastikan saat mencuci piring dan mangkok ini, sunlight atau sabun pencuci piring yang ada di spons masih berbusa.

Urutan terakhir dalam cara mencuci piring atau perabotan ini adalah mencuci peralatan memasak. Contohnya seperti wajan, panci, dandang, dll. Kalau kerak atau sisa makanan masih susah dibersihkan, sikat saja dengan alat untuk mencuci piring yang terbuat dari kawat lentur. Jangan lupa pula untuk membersihkan kembali spons dengan air dan menuangkan Mama lemon jika dirasa sudah kotor.

7. Bilas Semua Perabotan

Setelah menuangkan atau mencuci piring dengan Sunlight, Mama lemon, atau sabun pencuci piring lainnya, jangan lupa untuk membisalnya satu per satu. Pastinya dengan air bersih dan mengalir.

8. Membersihkan Tempat Mencuci Piring

Setelah selesai mencuci piring, jangan lupa bersihkan tempat pencuci piring atau wastafel cuci piring. Jangan sampai Anda dicap sebagai orang yang dengan tingkat kebersihan rendah karena sinki cuci piring yang kotor.

9. Bersihkan juga Alat untuk Mencuci Piring

Katakanlah semua sudah selesai. Target selanjutnya adalah mencuci alat untuk memcuci piring tadi. Dalam hal ini bilaslah spons atau jala.

Mengapa harus dicuci? Ya agar bersih dan tidak ada bakteri yang berkembang biak di sana. Setelah dibersihkah, jangan lupa untuk mengeringkannya.

Itulah tadi urutan-urutan dan cara mencuci piring yang benar dan sehat. Memang kelihatannya sepele, tapi tetap saja mencuci piring dengan cara yang benar adalah hal yang penting. Semoga bermanfaat.

10. Taruh di tempat yang Mudah kering

Biasanya kalau anda sudah selesai mencuci, piring dan peralatan masak, anda taruh dimana! Tentunya di Rak piring bukan, nah rak piring ini sangat harus dimiliki bagis setiap keluarga, dengan memiliki rak piring kalian bisa lebih cepat mengeringkan semua perabotan rumah tangga dari basah, tahu cara ini sekilas kesannya sederhana, tapi semoga bermanfaat buat kalian semua 😀

gookalian

Sharing Kumpulan Pengalaman Otodidak Pribadi yang dilampiaskan ke dalam Tulisan.

Recent Posts

Cara Membuka Catatan Facebook Terbaru

Cara membuka catatan Facebook sekarang ini sudah tidak mudah lagi. Beberapa tahun yang lalu, pilihan… Read More

2 jam ago

Cara Menghilangkan Status Online Di Whatsapp

Beberapa orang atau sobat sendiri perlu tahu cara menghilangkan Status Online di Whatsapp. Soalnya Gookalian… Read More

20 jam ago

Apa Itu Aplikasi Clubhouse

Sobat mungkin bertanya-tanya apa itu aplikasi Clubhouse. Karena sempat viral di media sosial seperti Facebook… Read More

2 hari ago

Pentingnya Inisiasi Menyusui Dini

Sobat sebagai ibu harus tahu pentingnya inisiasi menyusui dini (IMD). IMD adalah sebuah langkah untuk… Read More

3 hari ago

Wisata Air Terjun Di Karanganyar

Sebagai salah satu destinasi unggulan, wisata air terjun di Karanganyar mungkin wajib sobat kunjungi. Terkenal… Read More

4 hari ago

6 Alasan Kenapa Anak Nakal Lebih Sukses

Kenapa anak nakal lebih sukses daripada anak penurut atau kutu buku sekalipun Sobat pasti pernah… Read More

5 hari ago