Jenis Jenis Kartu Kredit Yang Sobat Harus Tahu

jenis jenis kartu kredit

Sebagai salah satu alat transaksi, sobat harus tahu jenis jenis kartu kredit. Digunakan untuk berbagai kebutuhan nasabah bank. Seringkali kita mendengar istilah ATM limit yang merupakan salah satu istilah yang kita ketahui berdasarkan jenisnya.

Jenis Jenis Kartu Kredit

Berikut ini merupakan beberapa pengkategorian kartu kredit yang sering ada di sekitar kita:

1. Menurut Fungsi

Kartu Kredit

Sebagai alat untuk membayar barang atau jasa, ini paling sering kita temukan. Bisa dilakukan pelunasan pembayaran secara sekaligus atau dengan mencicil dari jumlah tagihan yang telah digunakan.

Charge Card

Nasabah harus melakukan pembayaran tagihan secara penuh dalam satu bulan khususnya di akhir waktu

Cash Card

Biasanya dilakukan perjanjian kerjasama terlebih dahulu. Ini digunakan untuk menarik uang tunai secara langsung pada kasir maupun ATM bank tertentu.

Cheque Guarantee Card

Merupakan sebuah kartu kredit berisi tulisan tertentu yang diberikan bank pada deposito atau nasabah yang memenuhi syarat tertentu. Biasanya digunakan bersama dengan cek.

2. Menurut Limit Penggunaannya

Berdasarkan pada jumlah seberapa besar uang yang bisa dihabiskan atau ditampung di dalamnya, biasanya ditetapkan oleh perusahaan yang membuat:

Silver

Memiliki limit 4-7 juta. Merupakan yang paling kecil, bagi mereka berpenghasilan 3 juta dalam sebulan dapat melakukan pengajuan jenis limit ini.

Gold

Untuk nasabah berpenghasilan 5-10 juta perbulan dapat menggunakannya. Memiliki limit 10-40 juta.

Platinum

Limitnya bisa sampai 1 milyar, untuk yang berpenghasilan 180 juta dalam satu bulan.

3. Menurut Lokasi Berlakunya

Berlaku untuk negara tertentu dimana bank yang mengeluarkannya eksis. Jadi bisa digunakan di luar negara asal.

Nasional

Hanya berlaku untuk sebuah negara tertentu dan tidak bisa digunakan di negara lain. Perusahaan dagang bisa membuatnya sendiri seperti Supermarket.

Internasional

Umumnya dikeluarkan oleh bank yang telah memiliki cabang di banyak negara. Umumnya Visa dan Mastercard yang digunakan oleh mereka dimanapun. Bisa bertransaksi pada penjualan atau merchant dengan logo internasional seperti American Express, Mastercard, Visa dan lain sebagainnya.

4. Jenis Jenis Kartu Kredit Menurut Asosiasinya

Kartu kredit dibuat oleh berbagai perusahaan. Tujuannya untuk pelanggan agar dapat bertransaksi dengan nyaman dan tidak ribet.

Co Branding

Biasanya diterbitkan oleh bank dengan kerjasama dengan perusahaan tertentu. Maskapai penerbangan, supermarket, dan lain sebagainya membuat kartu sendiri yang saling terhubung untuk kemudahan pembayaran dan kegiatan keuangan lainnya. Contohnya Hypermart Card, Garuda-BNI Visa Platinum Card.

Affinity

Paling sering digunakan di sekolah atau kampus. Kartu identitas mahasiswa seringkali juga menjadi satu dengan sebuah kepemilikan akun bank. Misalkan bank BRI Syariah yang bekerja sama dengan kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta. Afiliasi dengan institusi biasanya kartu yang digunakan memiliki desain khusus.

Private Label

Tanpa bekerja sama dengan pihak manapun, kartu kredit dikeluarkan oleh bank sendiri. Biasanya digunakan untuk wilayah lokal juga,, misalnya BCA Everyday Card.

Itulah beberapa jenis kartu kredit menurut klasifikasi yang bisa dijadikan referensi untuk sobat. Gunakan kartu kreditmu dengan bijak. Tentukan mana yang paling menguntungkan dari sekian jenisnya untuk kenyamanan dan kemudahan transaksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *