Kesehatan

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

Ada beberapa kebiasaan yang bisa merusak gigi sobat. Meskipun beberapa kebiasaan ini sepele ternyata dapat berpengaruh pada gigi. Tentunya kita pasti ingin gigi kita terus terawat biar sehat bukan?

Menjaga kesehatan gigi mungkin bisa dikatakan susah-susah gampang. Karena ini salah satu yang menjadi alat yang kita gunakan untuk makan sehari-hari secara fisik menghancurkan makanan. Untuk menjaga agar tetap sehat dan untuk kemudian sobat perlu mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa merusak gigi dibawah ini, oleh Gookalian.

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

Untuk itu hindari beberapa hal sepele yang dapat merusak gigi sobat. Meskipun akan sulit dihindari karena kebiasaan ini secara tidak langsung dilakukan tanpa sadar. Tapi jika sudah mengetahui informasinya bakalan gampang untuk menerapkannya atau menghindari berbagai penyebabnya di kehidupan sehari-hari.

Mengunyah Es Batu

Kebiasaan sepele yang pertama ini memang cukup mengasyikan. Biasanya menggigit-gigit es batu setelah selesai minum memberikan sensasi yang menyenangkan. Namun ketahuilah bahwa hal ini dapat merusak enamel gigi dengan perlahan terkikis dan menyebabkan kerusakan pada gigi.

Enamel atau email gigi ini merupakan lapisan terluar yang menutupi seluruh mahkota gigi. Lapisan kuat dan keras ini merupakan bagian paling keras yang dimiliki tubuh manusia. Karena berfungsi untuk menghancurkan berbagai jenis makanan yang kita makan setiap harinya, jika terkikis sedikit demi sedikit lama kelamaan bisa rusak.

Membuka Tutup Atau Kemasan Adalah Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

Saat kita membuka tutup botol atau kemasan tertentu yang tidak bisa dirobek menggunakan tangan, biasanya gigi maju paling depan. Ini biasanya reflek dilakukan secara sepele. Gesekan yang terjadi pada gigi dan kemasan atau tutup dapat meningkatkan resiko keretakan secara fisik. Secara biologis, ada bakteri pada kemasan yang dapat menyerang gigi kita jika memang kurang steril.

Ini merupakan sebuah kebiasaan yang memang tidak sabar apabila berhadapan dengan kemasan barang atau makanan. Tidak ada salahnya kita sedikit bersabar dengan menggunakan gunting atau pemotong untuk membukanya. Karena gigi bukan didesain atau digunakan untuk membuka sesuatu meskipun terlihat sepele.

Bermain Kuku Dengan Gigitan

Menggigit kuku mungkin adalah kebiasaan anak kecil hingga remaja yang masih melekat. Biasanya jika ada kuku yang terlalu panjang atau kotoran tertentu. Sobat perlu tahu ada begitu banyak kuman yang ada pada sela-sela jari dan kuku kita. Apalagi saat menggigit kuku, kondisinya tidak bersih. Infeksi akan meningkat jika kuman dari kuku berpindah ke mulut dan gigi kita.

Menyikat Gigi Terlalu Keras

Sobat pasti pernah melihat iklan sebuah jenis sikat gigi yang memiliki bulu-bulu halus. Ini merupakan hal baik untuk menjaga dari kerusakan gigi. Menyikat gigi terlalu keras dapat menyebabkan iritasi pada gusi. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan abrasi pada gigi sehingga timbul gigi sensitif.

Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan Gula Tinggi Termasuk Soda

Minuman dengan pemanis buatan (minuman bersoda) adalah salah satu jenis Fast Food yang menyebabkan masalah kesehatan. Gigi juga bisa terdampak oleh jenis minuman ini karena kandungan gula yang tinggi. Selain itu, ada makanan yang memiliki rasa manis yang tinggi dapat memberikan dampak pada kerusakan gigi jangka menengah-lama.

Makanan atau minuman manis berkadar gula tinggi akan menempel pada enamel gigi selama berjam-jam. Ini jika dibiarkan terlalu sering dapat menyebabkan gigi cepat keropos.

Minuman bersoda selain memberikan gula juga memiliki sifat asam pada enamel gigi. Perpaduan keduanya dapat merusak enamel gigi.

Recent Posts

Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Halo selamat sore pembaca website gookalian semua, disini admin tunggal gookalian mau sedikit memberikan pemberitahuan… Read More

8 hours ago

Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Gookalian - Salah satu kunci sukses perusahaan Fintech dekade ini adalah mempermudah segala proses yang… Read More

1 day ago

Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Anak merupakan generasi penerus, mengajari anak tentang perubahan iklim artinya menyelamatkan bumi untuk masa depan.… Read More

2 days ago

Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

Meminang mobil kota memang cocok, namun pernahkan sobat melihat kekurangan City Car yang memiliki segudang… Read More

3 days ago

Jenis Jenis Kartu Kredit Yang Sobat Harus Tahu

Sebagai salah satu alat transaksi, sobat harus tahu jenis jenis kartu kredit. Digunakan untuk berbagai… Read More

4 days ago

Manfaat Greek Yogurt Untuk Kesehatan

Gookalian memberikan ulasan manfaat Greek Yogurt untuk kesehatan yang mungkin berguna bagi sobat. Yogurt jenis… Read More

5 days ago