Kegiatan Dengan Anak Sebelum Tidur

kegiatan dengan anak sebelum tidur

Sobat Gookalian perlu sekali melakukan kegiatan dengan anak sebelum tidur. Berbagai hal positif yang bisa ibu dan anak lakukan di malam hari tidak hanya menambah semangat pada anak. Namun juga menjadikan kebiasaan yang menyehatkan ataupun membuat anak lebih produktif.

Waktu menjelang malam, waktu istirahat bagi anak-anak begitu penting. Dari kegiatan sehari-hari baik pada saat normal atau masa pandemi. Waktu ini cukup penting untuk ibu memperhatikan dan memberikan berbagai pelajaran untuk anak-anak. Bisa melalui perkataan dengan pembacaan dongeng atau memberikan kegiatan yang dapat menambah perilaku positif anak.

Kegiatan Dengan Anak Sebelum Tidur

Meski cukup mudah dilakukan, beberapa kegiatan dengan anak sebelum tidur ini terkadang perlu dilakukan secara rutin. Agar benar dapat terpatri sebagai perilaku positif pada anak. Berikut ulasan dari Gookalian untuk sobat sebagai orang tua.

Membiasakan Cuci Tangan Dan Gosok Gigi

Hal ini yang paling malas dilakukan oleh orang-orang dewasa. Biasanya ketika masih kecil sudah terbentuk perilaku positif cuci tangan kaki dan menggosok gigi, akan berdampak pada masa remaja hingga dewasanya. Sobat perlu menemani anak di kamar mandi dengan menunjukkan sikat gigi dan cuci tangan kaki yang benar. Yang bersih sehingga menghasilkan hal positif untuk anak.

Mengingat Tugas Untuk Diselesaikan

Memberikan penilaian atau ceklis pada buku atau catatan. Terkait tugas anak apa saja yang harus dilakukan hari tersebut. Tugas yang harus diselesaikan baik yang berhubungan dengan pelajaran sekolah offline maupun online anak. Begitu juga tugas anak sebagai keluarga, menyapu atau belajar apakah sudah dilakukan. Biasakan bahwa seluruh tugas sudah diselesaikan sehingga anak lebih tenang dalam beristirahat.

Perlu sobat tekankan juga, untuk keesokan harinya bangun pagi. Merapikan kamar dan membantu ibu di dapur jika belum selesai. Membiasakan bangun pagi untuk beribadah lalu merapikan kamar merupakan tugas utama anak ketika bangun.

Makan Malam Maksimal 3 Jam Sebelum Tidur

Untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tidak tertimbunnya lemak. Perlu membiasakan anak untuk makan maksimal 3 jam sebelum tidur. Tidak melakukan kegiatan berat sebelum tidur akan menjaga anak tetap kenyang. Selama setelah waktu makan malam, sobat bisa belajar bersama dengan anak. Selain belajar, ibu/ayah sebisa mungkin melakukan quality time dengan anak. Bisa menonton televisi (jangan sinetron) edukasi. Atau melakukan kegiatan bercerita tentang kegiatan pekerjaan orang tua. Atau membahas berbagai pengalaman kehidupan disekitar yang bisa menjadi contoh baik.

Kegiatan Dengan Anak  Sebelum Tidur Dengan Membersihkan Tempat Tidur

Mengajarkan anak membersihkan tempat tidur sebelum beristirahat penting. Agar anak bisa tidur dengan nyenyak jika ada sesuatu di atas kasur nya. Membersihkan tempat tidur akan menjadi kebiasaan baik sebelum maupun sesudah beristirahat.

Tidak Menggunakan Gadget Dan Tidur Dalam Cahaya Redup

Saat anak berbaring cukup berbahaya penggunaan gadget. Ini akan mempercepat kelelahan mata yang berakibat mata minus. Saat ingin tidur tidak ada kegiatan dengan Hp. Sediakan waktu 1 jam sebelum tidur jauh dari Hp. Cahaya dari alat elektronik dapat mengganggu pola tidur anak, seperti bangun tidur jadi lebih sulit. Jauhkan gadget dari jangkauan anak bila perlu atur waktu untuk anak dalam penggunaan hp dalam sehari.

Kondisi tidur yang lebih redup cahaya akan meningkatkan pola tidur yang lebih sehat. Jika anak takut gelap, bisa dengan meredupkan lampu atau menggunakan pantulan cahaya dari kamar sebelahnya. Tidur anak akan menjadi lebih berkualitas, dan tidak rewel karena kurang tidur.

Begitu banyak ragam kegiatan dengan anak sebelum tidur dapat sobat lakukan. Seluruhnya perlu dibiasakan agar anak mendapat dampak positif dalam perkembangan dan pertumbuhannya. Bila perlu lakukan setiap kegiatan bersama dengan anak sebagai contoh. Sobat harus mencontoh, dan tidak hanya memerintah anak saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *