Kenali Cirinya Agar Tak Tertipu Money Game

Agar Tak Tertipu Money Game

Sobat perlu ciri-cirinya agar tak tertipu Money Game. Sebuah bisnis yang mendapat keuntungan atau komisi dari perekrutan anggota baru dan bukan dari menjual produk. Biasanya kegiatan ini dapat menggandakan uang dalam waktu singkat dan mendapat bonus dari penambahan anggota baru (Fatwa MUI).

Agar Tidak Tertipu Money Game Inilah Ciri-Cirinya

Sistem bisnis ini hanya berfokus pada pencarian anggota baru untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Agar tidak tertipu dengan jenis bisnis ini, berikut ada beberapa ciri yang perlu sobat pahami. Agar nantinya uang yang sobat gunakan untuk investasi tidak lenyap ditelan pemilik sebuah model bisnis.

1. Dapat Untung Dari Penambahan Anggota Baru

Yang paling kelihatan dari jenis bisnis ini adalah produk yang dijual samar-samar atau tidak kelihatan. Bahkan mungkin tidak ada sama sekali barang dalam bentuk fisik yang dijual dalam bisnis tersebut. Yang paling menonjol adalah ketika bisa merekrut anggota baru untuk membayar, orang yang mengajak akan mendapatkan bonus.

Begitupun anggota baru yang telah bergabung, mereka juga akan melakukan hal yang sama . Karena kunci bisnis Money Game tetap berjalan adalah orang baru yang terus memberikan suntikan dana. dana dari orang yang baru bergabung inilah yang dibagi ke sistem. Sistem hanya akan memutar uang dan tidak menghasilkan. Alhasil kalau tidak ada lagi tambahan anggota sudah pasti bisnis tersebut akan jatuh.

Namun seringkali cukup sulit dalam mendeteksi sebuah bisnis masuk kategori Money Game atau bukan. Karena ada juga yang berwujud jualan produk tapi masih tetap memberikan bonus bagi mereka yang dapat merekrut anggota baru.

2. Keuntungan Diluar Nalar Tanpa Bekerja Keras Perlu Diwaspadai Agar Tidak Tertipu Money Game

Mereka yang memang berniat merekrut anggota baru biasanya memberikan iming-iming keuntungan tidak masuk akal. Lebih kepada agar orang mau ikut lalu mendorong mereka membayar biaya pendaftaran yang menjadi pemasukan untuk bisnis Money Game.

Misalnya sebuah bisnis yang memberikan keuntungan hingga 10 kali lipat hanya dalam waktu singkat. Padahal tidak menjual produk tertentu dan iming-iming sejenis yang mungkin tidak masuk akal.

Tawaran ini merupakan iming-iming awal sebelum mereka join. Terlebih lagi ditambah dengan keuntungan tanpa bekerja keras. Karena tidak mengetahui apa yang akan dilakukan, keuntungan ini seringkali membuat orang kurang cermat dan terjebak di dalamnya.

3. Merekrut Anggota Baru Sebanyak-Banyaknya

Mereka yang belum sadar dan melek tentang ekonomi seringkali menjadi korban bisnis Money Game. Selain gak ngerti, orang-orang yang sangat mudah tergiur dengan keuntungan banyak bisa dengan mudah terjaring bisnis ini. Apalagi mereka yang punya kelebihan uang dan tidak tahu mau diinvestasikan kemana.

Setelah mereka berhasil masuk dalam bisnis dan membayar pendaftaran. Mereka baru tahu bahwa sistem yang digunakan adalah merekrut anggota baru. Bahkan sebagian bersembunyi dibalik menjual sebuah produk yang ujung-ujungnya mencari anggota juga. Seperti halnya bisnis VTube, dengan iming-iming menonton iklan padahal ternyata masuk Money Game juga akhirnya kolaps.

Karena seringkali jenis bisnis ini tidak memberikan pernyataan yang jelas tentang mencari member baru. Mereka yang sudah terjebak mau tidak mau harus mengikuti aturan untuk mencari member baru agar modal yang ia keluarkan harus balik modal. Atau setidaknya mendapat keuntungan yang dijanjikan bisnis tersebut.

Kejelian sobat harus sampai pada tahap ini. Sebelum join, memang tidak bisa melihat kondisi internal sebuah bisnis. Bahkan cenderung testimoni yang diberikan oleh anggota mereka tidak masuk akal. Perlu mengetahui lebih dalam dari para mantan yang telah join bisnis tersebut.

4. Legalitas Bisnis Tidak Jelas

Sobat bisa cek sebuah nama bisnis di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang merupakan lembaga berwenang untuk mengatur dan mengawasi perusahan-perusahan di Indonesia. Seringkali bisnis Money Game berkelit telah terdaftar di OJK, sobat tentunya jangan langsung percaya jika tidak melakukan pengecekan sendiri.

Melalui https://www.ojk.go.id sobat bisa mencari tahu sendiri sebuah identitas. Bersama dengan OJK, Satgas Waspada Investasi (SWI) juga sering membuat daftar bisnis ilegal yang selalu update. Berfungsi untuk menjaga dan melindungi konsumen dari kerugian akibat bisnis tidak jelas.

Karena bisnis seperti ini terus menjamur, dapat dimungkinkan update tersebut terjadi keterlambatan. Jadi sebuah bisnis Money Game awalnya terlihat legal namun lama-kelamaan juga akan kolaps juga.

5. Pengelolaan Tidak Transparan

Karena keuntungan yang ditawarkan begitu tidak masuk akal, pelaporan keuangan tidak diinformasikan pihak pemilik bisnis. Intinya hanyalah anggota yang mendapat keuntungan tertentu tanpa ada transparansi uang maupun dana bermuara kemana dan untuk apa saja.

Itulah beberapa ciri-ciri Money Game yang dilansir dari OJK dan Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) yang disajikan oleh Gookalian untuk sobat. Selalu waspada dengan berbagai bisnis yang menawarkan keuntungan tidak masuk akal dengan waktu singkat. Tidak lupa juga cek legalitasnya dengan jeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *