Categories: Kesehatan

Manfaat Jamur Ekor Kalkun Untuk Khasiat Pengobatan

Apa saja manfaat jamur ekor Kalkun untuk kesehatan? Sobat udah pernah lihat jamur ekor Kalkun belum ? Spesies jamur ini memiliki nama Tramete versicolor, nama gak penting sih buat sobat. Bentuknya kayak ekor Kalkun (lingkaran cakram) yang merekah dan warnanya bervariasi .

Jamur adalah salah satu jenis makanan yang lezat jika dikonsumsi, namun tidak termasuk si jamur ekor Kalkun ini. Meskipun tidak dapat dikonsumsi secara dimasak, nama lain dari jamur ekor Turki ini memiliki berbagai manfaat kesehatan. Apa saja khasiat untuk tubuh ketika dikonsumsi ?

Manfaat Jamur Ekor Kalkun

Untuk mendapatkan khasiat kesehatan pada jenis jamur ini, perlu diolah melalui proses farmakologi. Jadi sobat gak bisa langsung mengkonsumsinya, karena harus diproses dahulu. Walaupun begitu jika sobat menemukan jamur ini, perlu tahu bahwa telah dijadikan obat tradisional bertahun-tahun lamanya.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Manfaat Jamur Ekor Kalkun Yang Utama

Bentuknya seperti awan sehingga orang Jepang menyebut jamur ini dengan cloud mushroom. Kepercayaan budaya Asia timur menyebutkan bahwa awan memiliki simbol kesehatan, umur panjang dan spiritualitas yang sejahtera.

Menurut banyak jurnal, kandungan dalam jamur ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh terkait kandungan protein yang ditemukan dalam ekstraknya. Kandungan tersebut meningkatkan respon kekebalan tubuh melalui monosit dan makrofag sebagai sel darah putih untuk melawan infeksi dan menurunkan peradangan/inflamasi.

Ekstrak jamur ini bisa mencegah dan mengobati pilek maupun flu karena aktivitasnya yang dapat merangsang kekebalan tubuh. Artinya seseorang yang mengkonsumsinya akan lebih cepat pulih apabila terkena penyakit infeksi atau tidak mudah masuk angin.

2. Menjaga Kesehatan Usus

Prebiotik yang dikandung dalam jamur Turki dapat menyeimbangkan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik penting pada saat proses pencernaan untuk penyerapan gizi makanan dan proses pembuangan zat sisa.

Studi menyebutkan, prebiotik dalam kandungan jamur ini dapat menekan bakteri jahat (E. coli dan Shigella) dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik (Lactobacillus). Bakteri baik yang lebih banyak pada usus sejalan dengan berkurangnya gejala diare, kadar kolesterol dan penurunan risiko kanker.

3. Aktivitas Anti Kanker Dan Tumor

Polisakarida Peptida dan krestin merupakan dua jenis kandungan yang ada di jamur Tramete versicolor. Keduanya selain memiliki aktivitas peningkatan antibodi juga memiliki aktivitas antitumor dan antikanker.

Studi yang dilakukan di laboratorium, kedua kandungan ini dapat mengurangi ukuran tumor dan menghambat penyebaran maupun pertumbuhan sel kanker.

Aktivitas antikanker ini dapat membantu pasien yang sedang menjalani pengobatan kemoterapi. Setelah pasien menjalani kemoterapi aktivitas ekstrak jamur ini dapat membantu meningkatkan sel anti kanker pada tubuh. Jamur yang sering kita temui pada kayu pohon yang sudah mati ini dapat meningkatkan efikasi pengobatan radiasi untuk tumor maupun kanker.

Karena membantu pengobatan saat proses terapi pada pasien tumor dan kanker, hal ini membuat mereka memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi. Beberapa studi menyebutkan bahwa mereka yang mendapatkan terapi ekstrak jamur ekor Turki ini setiap hari dapat bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak setelah menjalani kemoterapi.

4. Antioksidan Tinggi

Jamur ekor Turki memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan cukup banyak dibuktikan dalam jurnal penelitian di dunia. Bahkan ada jurnal yang menyebutkan bahwa kandungan pada jamur ini menunjukkan nilainya lebih baik untuk pengobatan ketimbang nutrisinya.

Konsumsi ekstrak jamur ekor Kalkun akan menyediakan beta glukan sebagai reseptor pada usus halus dan memberi peningkatan sistem kekebalan tubuh yang bisa disebut sebagai salah satu kategori adaptogen.

Adaptogen alami seperti jamur, umbi-umbian, beri, dan dedaunan dapat mencegah berbagai penyebab stres, dan mendukung sistem imun tubuh serta meningkatkan energi.

Gimana sobat Gookalian ? Apakah kalian cukup tertarik untuk menggunakan kandungan jamur berbentuk cakram ini untuk dikonsumsi untuk kekebalan tubuh maupun pengobatan. Karena harus melalui proses ekstraksi atau pengolahan, sobat mungkin perlu belajar untuk mendapatkannya. Daripada ribet dan tidak efektif sobat bisa membelinya.

Beberapa lapak di Alibaba Indonesia dan berbagai toko online menjual produk ekstrak jamur ekor Kalkun ini, bisa sobat beli untuk mendapatkan berbagai khasiat alami yang dikandungnya.

Recent Posts

Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Gookalian - Karena sebentar lagi umat islam akan jalani ibadah puasa Ramadhan. Pernah coba liat… Read More

16 jam ago

Beberapa Alasan Anak Mudah Marah

Alasan anak mudah marah sebenarnya kembali lagi ke orang tua atau pengasuhnya di masa tumbuh… Read More

2 hari ago

Mengatasi Critical Process Died Windows 10

Apa dan bagaimana cara mengatasi Critical Process Died pada Windows 10 maupun di versi 8.1… Read More

3 hari ago

Cara Memunculkan Halaman Login Wifi ID

Bagaimana cara memunculkan halaman login Wifi ID ? Apakah sobat udah lama gak ke Telkom… Read More

5 hari ago

Alasan Memilih Mobil Penggerak Depan

Gookalian punya beberapa alasan mengapa lebih memilih mobil penggerak depan ketimbang mobil dengan penggerak roda… Read More

6 hari ago

Kebiasaan Ini Dinilai Pemicu Tekanan Darah Tinggi

Apa saja sih hal yang bisa menjadikan pemicu tekanan darah tinggi ? Kejadian tekanan darah… Read More

6 hari ago