Selasa , April 16 2024

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Dan Cara Melakukannya

Gookalian menyediakan informasi manfaat meditasi untuk kesehatan buat sobat. Simak juga bahwa sobat bisa dengan mudah dalam melakukan meditasi yang baik untuk kesehatan. Meditasi dapat membuat sobat mampu meningkatkan daya ingat dan bahkan mengendalikan rasa lapar yang berlebihan. Lalu apa saja manfaatnya untuk kesehatan dan langkahnya?

4 Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Dan Cara Melakukannya

Tak ada tapi, sobat bisa mendapatkan manfaat meditasi yang nyata untuk kesehatan. Walaupun kegiatan ini hanya dilakukan hanya 5 menit setiap hari, tapi akan berdampak pada kesehatan jasmani maupun rohani.

Sebagian dari kita mungkin tidak punya waktu luang untuk melepaskan tekanan dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Kehidupan yang kurang santai, tergesa-gesa itu tidak baik. Mungkin bisa mencoba bermeditasi untuk menenangkan jiwa dari hiruk pikuk sehari-hari.

Kedengarannya mungkin meditasi menakutkan. Akan tetapi hal ini bisa jadi membuat jiwa sobat bisa beristirahat dan mengumpulkan energi. Untuk kemudian kembali menyibukkan diri. Meditasi tidak harus di gunung, tempat sepi, keramat dan lain sebagainnya. Ini sebenarnya aktivitas mudah untuk mendapatkan manfaat kesehatan yaitu:

  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan fokus
  • Menurunkan tekanan darah

Manfaat lainnya yaitu dapat mengatasi anxiety, depresi dan rasa sakit. Lalu bagaimana melakukannya? Temukan jenis meditasi tertentu yang sesuai dengan pekerjaan sehari-hari.

Baca Juga!  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi

Langkah Meditasi Pada Umumnya

Cara melakukan: Ikut pelatihan meditasi dari orang lain atau guru. Bisa dengan mendengarkan lagu saja dari ponsel. Banyak tutorial bisa sobat temukan di Youtube.

Manfaat: Untuk pemula, metode ini akan menghilangkan beban. Minta petunjuk pada orang lain untuk membimbing meditasi sehingga lebih mudah melakukannya.

Mindfulness Meditation

Cara melakukan: Fokus secara mendalam terhadap kegiatan sehari-hari seperti berjalan, memasak, dan bersih-bersih. Misalnya sedang memotong wortel ketika memasak. Konsentrasi pada tekstur hasil dan suara potongan pisau. Fokus dan peka pada hal kecil tersebut sudah termasuk dalam meditasi yang mudah dilakukan.

Manfaat: Mengontrol stress, belajar Mindfulness terbukti dapat mengatur emosi, memperbaiki fokus, dan meningkatkan kewaspadaan diri.

Manfaat Meditasi Untuk Kesehatan Jenis Transcendental Meditation

Cara melakukan: Duduk atau bersandar pada tempat pribadi yang nyaman. Baca mantra atau kalimat suci (dzikir) dalam keagamaan masing-masing. Perlahan terus mengucapkannya tanpa keras-keras. Semakin lama waktu akan membawa sobat pada pikiran yang lebih dalam. Pikiran akan jadi lebih tenang dan lebih sunyi. Yaitu menuju keheningan batin dimana sobat tidak sedang melihat apapun, tidak memikirkan apapun, dan hanya kedalam diri.

Manfaat: Ketenangan dalam jiwa. Banyak penelitian telah membuktikan koneksi antar pikiran selama meditasi terjadi dengan tubuh. Beberapa metode yang bisa dilakukan: bernafas sangat pelan, menurunkan hormon stres, dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga!  Tips Olahraga Saat Puasa Tetap Bugar

Tai Chi And Qi Gong

Cara melakukan: Bermeditasi yang dikombinasikan dengan gerakan dan nafas. Gerakan pelan membentuk kesempurnaan disertai hembusan nafas dan juga tambahan kalimat suci kepercayaan masing-masing.

Manfaat: Karena menggunakan kombinasi, manfaat dari meditasi ini berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Menjaga keseimbangan untuk menghindari jatuh, mengurangi kadar gula, tekanan darah, kekuatan tulang, fungsi jantung dan lain sebagainya merupakan manfaat fisik.

Secara mental; menjaga tidur lebih baik, meningkatkan mood, menambah energi fisik, lebih fokus dan penglihatan jelas, serta menurunkan depresi, stres, dan anxiety.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *