Selasa , April 16 2024

Tips Mencegah Rumah Berdebu

Tips yang paling ampuh mencegah rumah berdebu adalah dengan membersihkannya setiap hari atau rutin tiap periode waktu tertentu. Ada juga dengan memilih tempat yang tidak di pinggir jalan, persawahan atau dengan banyak pasir debu beterbangan. Namun kita tentunya tidak akan menggeser rumah yang sudah berdiri tegak.

Debu merupakan suatu hal yang menjadikan kita temannya tiap hari di dalam maupun sekitar rumah. Debu yang menempel pada setiap permukaan perabotan maupun barang di rumah berasal dari berbagai sumber. Dari luar, ketika rumah dekat dengan jalan utama sudah pasti harus lebih sering dibersihkan. Sumber lain dari debu yaitu pakaian yang seratnya telah hancur, binatang peliharaan, hewan serangga, makanan sisa, karpet, kasur, furnitur dan lain sebagainnya. Melihat sumber-sumber debu tersebut, tidak mungkin kita menguranginya dengan meniadakan barang-barang dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya kita butuh beberapa tips mencegah debu menumpuk atau setidaknya lebih lambat terkumpul pada permukaan setiap bagian rumah kita. Bagaimanakah caranya? Berikut tipsnya dari Gookalian di bawah ini.

Cara Mencegah Rumah Berdebu

Jika dibiarkan menumpuk debu bisa menghambat saluran pernafasan, terjadinya alergi, hingga gangguan akibat hewan serangga. Untuk itu, melakukan pencegahan sebelum debu berkumpul lebih banyak wajib sobat lakukan. Berikut ini tipsnya:

Baca Juga!  Cara Daftar BST Kemensos Dan Cek Penerimanya

Membersihkan Secara Rutin

Seperti yang telah admin tuliskan diatas, menjaga debu terus menumpuk adalah secara rutin membersihkannya. Dengan menyapu, menyulak, kemudian membasahi berbagai permukaan dengan cairan semprot tertentu hingga mengepel adalah tugas harian kita dirumah.

Gunakan berbagai peralatan membersihkan rumah terbaik dan termudah yang sobat miliki. Cara ini juga bisa sobat terapkan ketika tamu akan datang, dengan waktu sedikit poin-poin estetik rumah perlu dibersihkan. Memang untuk urusan rumah kita tidak bisa mengabaikannya, harus meluangkan waktu dalam satu atau beberapa hari sekali membersihkan rumah seperti menyapu. Mencegah debu lebih banyak menempel dengan membersihkan dengan ringan secara rutin tidak akan terasa berat.

Lakukan pembersihan menyeluruh setiap beberapa minggu sekali. Lakukan pembersihan dari atas ke bawah. Seperti membersihkan sudut atas ruangan, lampu, atas almari, atas jendela baru kemudian jika sudah dilanjutkan di bagian bawah. Sobat mungkin membutuhkan beberapa peralatan tambahan untuk menyelesaikan semua. Bersama keluarga, membersihkan rumah akan menjadi lebih ringan.

Tidak Menggunakan Sepatu Di Dalam Rumah

Menambahkan peralatan atau barang bergerak di dalam rumah akan mempercepat debu untuk menyebar dan terkumpul. Lantai bersih akan lebih baik jika dilewati dengan kaki telanjang. Begitupun tempat menyimpan sandal dan sepatu yang telah dipakai, pasti telah membawa debu dari luar untuk dipisahkan pada ruangan tertentu lalu dibersihkan di luar.

Menggunakan Kain Lap Di Beberapa Tempat

Debu bisa datang dari luar, keset dibutuhkan di bagian depan rumah. Pada persimpangan atau pintu masuk dapur maupun kamar juga direkomendasikan. Kaki yang membawa kotoran kering atau basah (yang nantinya bakal kering) akan terpisah dan tidak menyebar karena ada keset atau kain lap. Untuk kegiatan yang berhubungan dengan berkotor-kotor seperti di garasi juga wajib disediakan kain lap tangan tersendiri.

Baca Juga!  Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Keset dan kain lap tersebut juga wajib untuk dicuci setiap beberapa minggu sekali. Pekerjaan rumah ini bisa dijadikan kewajiban untuk setiap anggota keluarga agar meringankan pekerjaan ibu atau pembantu.

Mengganti Filter Udara Dan Peralatan Penunjang Kenyamanan Lainnya

Filter AC harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah rumah berdebu akibat hamburan partikel kecil. Kipas angin duduk sangat menyerap debu yang menempel pada sela-sela siripnya sehingga menjadi komponen wajib untuk dibersihkan juga secara rutin (jangan tunggu kotor banget baru dibersihkan).

Jemur Dan Cuci Peralatan Tidur

Panas matahari diluar mungkin akan menambah debu pada bantal, guling dan kasur. Namun sobat bisa mengatasinya dengan membuka sarung bantal tersebut kemudian dijemur beberapa jam. Setelah cukup panas, pukul dengan sapu lidi atau hal sejenis untuk memukul kasur. Panas akan mematikan serangga, kemudian memudahkan partikel kapuk beterbangan. Pukulan akan membantu menghilangkan debu yang menumpuk (terbang). Hal ini dilakukan secara rutin juga ya.

Sobat juga perlu mengganti sprei kemudian mencucinya dengan rutin. Ini juga berfungsi mencegah debu lebih banyak berterbangan di udara.

Ganti Semua Yang Berbasis Kain Ketika Sudah Usang

Kain baju, sprei, gorden, taplak dan semua penutup ataupun yang berhubungan dengan kain harus diganti. Karena kain yang sudah lama akan mudah rusak dan melepaskan diri menjadi debu yang beterbangan dan menempel dimana-mana. Jadi baju baru itu penting untuk meninggalkan yang lama.

Baca Juga!  Cara Setting Shock Sepeda MTB Sesuai  Kondisi Jalan Kamu

Selain itu, gunakan cara-cara untuk mencuci pakaia agar tidak mudah rusak. Misalkan tidak selalu menggunakan pelembut agar serat kain tidak cepat rusak.

Memasang Plafon/Internit

Tips mencegah rumah berdebu lebih cepat terbukti bisa dilakukan dengan memasang plafon atau internit/eternit. Selain memperindah interior rumah, penggunaan plafon memang akan memakan biaya namun cukup worth it mengurangi debu agar tidak cepat berkumpul. Karena lubang angin dari bawah genting lebih banyak yang tertutup. Menyisakan angin-angin, pintu dan jendela saja yang apabila ada hembusan angin pembawa debu dapat diminimalisir. Gunakan plafon pvc sebagai ganti dari triplek karena bahan ini tebukti tahan lama atau dapat mencegah rumah berdebu karena partikelnya sangat lama untuk rusaknya.

Beberapa tips mencegah rumah berdebu tersebut sangat penting untuk sobat ketahui. Rumah yang selalu dibersihkan akan mengatasinya. Namun, sobat perlu ketahui bahwa kita tidak akan bisa membersihkan debu 100% atau selesai. Kita hanya bisa menguranginya dengan berbagai usaha-usaha diatas sebagai pencegahan.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *