Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati ?

Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Sobat Gookalian mungkin sebagian udah ngerti mengapa mencegah lebih baik dari mengobati. Ini adalah istilah yang sering digunakan dalam kesehatan. Namun tidak melulu pada ranah itu, keuangan hingga berbagai aspek dalam kehidupan lain membutuhkan pencegahan sebagai kebalikan atau bertolak belakang dari pengobatan.

Apakah sobat sudah tahu mengapa hal ini digaungkan terus menerus? Pasti ada alasan tertentu dari maksud sedia payung sebelum hujan. Baiknya mencegah daripada mengobati.

Alasan Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Dalam ranah kesehatan pekerja, sobat yang memiliki perusahaan tertentu harus memikirkan hal tersebut. Karena ini berhubungan dengan kehidupan yang sehat dan sejahtera. Sama halnya dengan kita sebagai pekerja. Dengan sehat dan sejahtera, sehingga akan membuat diri kita lebih produktif dalam menjalani pekerjaan atau kehidupan lainnya.

Pencegahan kesehatan yang dimaksud tidak hanya dengan menghindari segala hal yang beresiko terhadap kesehatan. Memberikan batas wajar terhadap asupan makanan sehari-hari dan tambahan vitamin merupakan pencegahan sakit yang bisa dilakukan. Akan tetapi Screening atau pemantauan kesehatan juga termasuk didalamnya. Untuk mendeteksi segala resiko kesehatan yang mungkin sudah terjadi sejak dini dapat ditangani. Kemudian untuk alasan yang lainnya:

Mendeteksi Kondisi Medis Lebih Awal

Pencegahan lewat Screening adalah usaha yang dapat dilakukan untuk mendeteksi banyak masalah kesehatan. Baik penyakit yang melalui proses yang lama maupun singkat bisa dideteksi. Apalagi untuk penyakit berdasarkan keturunan biasanya dokter akan menanyakan riwayat dari orang tua untuk kebutuhan kesehatan seorang individu.

Screening juga membantu mendeteksi kondisi kesehatan yang gawat oleh para ahli. Adapun jika penyakit masih berada pada kondisi belum parah akan memudahkan mereka memberikan pengobatan atau perlakuan. Inilah salah satu tujuan pencegahan penyakit yang didalamnya termasuk pendeteksian atau Screening.

Mengurangi Resiko Penyakit

Dengan melalui tes untuk mengetahui kondisi kesehatan seseorang, akan terlihat tanda atau gejala sehingga memudahkan dokter mendiagnosis. Lebih jelas karena mereka lebih ahli dalam mendeteksinya daripada hanya dirasakan sendiri. Setelah perlakuan Screening, seperti cek tekanan darah, gula darah, air seni dan lain sebagainnya mereka akan memberikan rekomendasi kesehatan yang terkait.

Misalnya setelah dicek tekanan darah cukup tinggi, dokter akan menyarankan berbagai hal sampai resep obat. Dengan begitu, resiko penyakit akan menurun. Karena darah tinggi yang tidak terdeteksi dapat memicu Stroke yang cukup berbahaya. Tidak semengerikan jika telah ditangani sebelumnya dengan saran dari ahli kesehatan.

Memanjangkan Umur Alasan Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Menurut data dari Center for Disease Control and Prevention (CDC), setidaknya 100.000 orang bisa diselamatkan atau bertahan hidup setiap tahunnya karena melakukan Screening. Pencegahan penyakit yang saat ini dapat mengidentifikasi penyakit kronis yang mematikan. Membuat mereka tidak bisa bertahan hidup dengan lama.

Dengan terdeteksinya sebuah penyakit, maka diperlukan pengobatan. Pengobatan sejak dini dapat menyelamatkan nyawa. Seperti contoh kanker Colorectal yang membuat 70% orang menderita kesakitan hingga kematian. Namun mereka yang didiagnosis dini penyakit ini sekitar 90% bisa hidup 5 tahun lebih lama sebelum parah.

Menghemat Uang

Dengan mendapatkan Screening kesehatan, sobat akan terbantu menjaga tubuh tetap sehat. Ditambah juga keuangan akan ikut sehat atau selamat. Jika melihat mereka yang bergerak di bidang pencegahan dan pemberantasan penyakit, melakukan pencegahan sangat murah dibanding memberantas atau mengobati penyakit.

Berobat selalu lebih mahal daripada menjaga tubuh tetap terjaga atau sehat. Melakukan pencegahan lewat gaya hidup yang sehat adalah penting. Menjaga penyakit lebih parah atau sebelum terjebak jurang kesakitan akibat kebiasaan buruk.

Meningkatkan Produktivitas

Mereka yang selalu sehat pasti lebih produktif dalam pekerjaan. Semakin produktif, uang semakin mengalir untuk mereka yang bekerja atau sobat mendapatkan keuntungan dari pekerja. Karena setidaknya setiap tahun pekerja mungkin punya masalah kesehatan yang sebenarnya bisa dicegah atau dideteksi sejak dini dengan Screening.

Itulah beberapa alasan mengapa mencegah lebih baik daripada mengobati. Menyimpan uang lebih banyak dengan produktivitas diri. Mendeteksi berbagai masalah kesehatan sebelum terjadi keparahan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *