Mengatasi Makan Berlebih Saat Emosi

mengatasi makan berlebih saat emosi

Beberapa orang atau sobat sendiri mungkin mempunyai mood makan berlebih di suatu kondisi. Bagaimana mengatasi makan berlebih saat emosi ya? Karena seringkali perubahan mood makan meningkat saat sedang dilanda emosi.

Saat tekanan emosi meningkat seseorang dapat terpengaruh pola konsumsi terhadap makanannya. Ini adalah sebuah fenomena Emotional Eating. Saat kita makan, sebenarnya tidak hanya memenuhi lapar secara fisik. Bahkan diantaranya kegiatan ini dapat menjadi sebuah kenyamanan, memperbaiki stres dan bagian dari hadiah untuk tubuh.

Hal ini mungkin dapat bermakna negatif untuk tubuh. Apalagi cemilan untuk memenuhi hasrat tubuh tidak begitu menyehatkan. Lalu bagaimana cara mengatasi makan terlalu banyak ketika emosi ?

Cara Mengatasi Makan Berlebih Saat Emosi

1. Pelajari Penyebab Emotional Eating Pada Tubuh

Sobat bisa mengidentifikasikan terlebih dahulu jenis emosi apa yang dapat menyebabkan hasrat untuk makan meningkat. Misalnya stres, emosi yang tidak mereda akibat pekerjaan, atau rasa bosan atau hampa dalam hati.

Ketika sudah dapat mengenalinya, sobat bisa menyesuaikan diri dengan berbagai tips selanjutnya. Intinya melakukan manajemen diri untuk mencegah makan berlebih berdampak buruk untuk kesehatan.

2. Lakukan Olahraga Atau Meditasi

Berbagai penelitian menunjukkan olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga emosional. Ketika mental emosional sehat, sobat bisa mengatur berbagai jenis emosi/stres yang menyerang.

Meditasi membantu banyak dalam seseorang mencapai ketenangan. Ini dapat meminimalisir efek emosi yang membuat tubuh merasa membutuhkan asupan makanan berlebih. Peneliti Universitas Harvard menyebutkan program meditasi dapat mengurangi stres, anxiety dan berbagai masalah mental lainnya.

3. Memperhatikan Jadwal Makan

Apabila belum waktunya makan, dan sudah merasa cukup lapar bisa saja ini dorongan dari emosional saja. Perhatikan hal ini, biasakan tertib waktu makan untuk mencegah masalah pencernaan juga.

4. Mengalihkan Perhatian

Stres dan emosional yang muncul saat bekerja adalah hal yang tidak dapat dihindari. Sobat perlu mengalihkan perasaan emosi terhadap sesuatu dengan melakukan hal yang disukai misalnya. Menonton film, mendengarkan musik dan bermain bersama hewan peliharaan dapat menjaga stabilitas emosi sehingga menghindari Emotional Eating.

5. Ganti Camilan Sehat

Jika memang tidak dapat terhindarkan, Everyday Health mengatakan untuk makan buah, kacang serta susu rendah lemak. Karena asupan makanan bertambah tidak dibarengi aktivitas fisik juga dapat menyebabkan masalah kesehatan

Mengatasi Makan Berlebih Saat Emosi Dengan Menerimanya

Cobalah untuk menerima perasaan yang berat ini. Hal ini mungkin cukup menakutkan. Akan tetapi apabila sobat dapat mengerti “Mindfull Eating” yang terus dilatih akan mengurangi kebiasaan makan berlebih ketka emosi.

Mindfull Eating merupakan kondisi saat sobat memberikan perhatian penuh terhadap detil makanan yang dikonsumsi. Layaknya rasa, tekstur, aroma, kerenyahan, suhu sampai penampilan.

Sobat dapat menghargai makanan dari detailnya. Hal ini akan membuat perut terisi penuh dan tenaga terisi dengan baik tanpa merasa lapar saat jam makan telah lewat lagi.

Untuk mencegah rasa lapar karena emosi yang berujung pada Emotional Eating kuncinya ada pada sobat sendiri. Manajemen emosi dan kesehatan mental dapat mengatasi ini, meskipun sulit untuk dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *