Categories: Teknologi

Mengatasi Windows 10 Tidak Ada Suara

Pernahkah sobat mengalami Windows 10 tidak ada suara di laptop atau komputer ? Ada beberapa langkah yang perlu sobat perhatikan yang akan dibagikan Gookalian pada artikel ini.

Sebelum menghakimi hardware speaker atau suara yang rusak pada komputer, ada kalanya kita perlu bersabar cek beberapa hal terlebih dahulu. Menjudge kerusakan pada sound atau speaker adalah pilihan terakhir karena jarang terjadi speaker komputer tiba-tiba rusak. Biasanya ada tanda-tandanya dulu seperti suaranya cempreng lalu volumenya mengecil yang berangsur-angsur mati.

Untuk mengatasi speaker yang tidak bersuara sobat perlu mempersiapkan kesabaran dan kuota internet dalam menyelesaikannya. Jangan lupa cek juga tulisan Windows 10 Sound Problem pada bar notifikasi.

Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Ada Suara

Suara pada komputer yang hilang bisa disebabkan oleh berbagai permasalahan software seperti driver dan bahkan Windows 10 sendiri. Ya memang benar, Windows 10 masih banyak bug sana sini yang menyebabkan pengguna cukup pusing juga. Klik pada ikon speaker yang bermasalah dengan notifikasi error, Windows akan mencoba mengatasinya.

Pas suara tidak keluar, restart dulu laptop/komputer sobat siapa tahu error hilang setelah menghidupkan ulang. Jika masih belum bisa, ada beberapa untuk diagnosis dan penyelesaiannya ketika suara tidak keluar di komputer dengan Windows 10:

1. Coba Perangkat Eksternal Lain

Ketika mendengarkan file mp3 pada sebuah laptop dan suaranya tidak keluar cobalah untuk mem pause media. Kemudian colokkan Speaker eksternal atau bisa dengan headset kemudian mainkan lagi media musik tersebut. Jika masih belum bisa, coba lakukan restart komputer/laptop pada saat kondisi speaker/headset masih tersambung.

Jika suara mau keluar lewat perangkat eksternal ini, bisa jadi ada masalah dengan driver atau pengaturan speaker. Lakukan cabut dan colok beberapa kali untuk memancing apakah speaker internal mau keluar suara atau tidak.

2. Atur Hardware Playback Dan Perangkat Output

  • Buka menu dengan tombol Windows
  • Ketikkan Manage Audio
  • Pilih menu Manage Audio Devices
  • Pada tab playback pastikan hanya speaker bawaan yang dijadikan default
  • Sobat bisa Disable melalui klik kanan pada perangkat Playback yang bukan speaker internal laptop

Beberapa kasus ada aplikasi yang mengubah keluaran Output Suara sehingga mengganti Output suara yang seharusnya speaker bawaan komputer. Pada saat melakukan hal ini, copot semua sumber output seperti speaker eksternal maupun headset.

3. Reinstal Driver Audio Pada Windows 10 Tidak Ada Suara

Ini merupakan yang cukup sering menjadi permasalahan pemutaran suara pada Windows 10. Sobat bisa menghapus driver Sound dengan cara:

  • Klik tombol Windows
  • Ketikkan dan pilih menu Device Manager
  • Setelah menu ini terbuka klik kiri 2x pada Audio Inputs And Outputs (atau dengan nama yang sama dengan Audio/Sound)
  • Uninstal Device melalui klik kanan dan jangan centang lalu klik Ok
  • Restart komputer/laptop sobat

Komputer akan melakukan instalasi driver Sound ulang. Sehingga apabila masalah sudah teratasi karena driver suara akan keluar lagi.

4. Jalankan Safe Mode Di Windows 10

Ini untuk mengetahui apakah ketika sudah masuk ke Safe Mode apakah ada perubahan dengan suara dari speaker. Beberapa program dapat memodifikasi output suara, sehingga di mode ini Sound menjadi tidak terdampak.

Cek pada ikon Speaker/Sound, apabila ada tanda silang merah dengan keterangan No Sound Detected berarti ada yang salah dengan driver speakernya maupun pada Windows nya. Lihat juga apakah saat tidak pada Safe Mode, ikon speaker masih normal-normal saja tapi suara tetap tidak keluar.

Jika benar seperti itu, ini cukup menunjukkan masalah tersebut (belum ke hardware). Karena biasanya kalau speakernya yang rusak, baik pada Safe Mode atau tidak, ikon speaker akan sama-sama bertanda silang merah.

5. Reset Windows 10

  • Pada pencarian tombol Windows ketik Reset
  • Pilih menu Reset This PC
  • Get Started
  • Remove Everything (semua data akan hilang)
  • Lanjutkan sampai proses komputer melakukan Reset dirinya sendiri

Windows Update juga merupakan salah satu yang menjadi penyebab kenapa Windows 10 tidak ada suara bisa terjadi. Windows ketika memperbarui tidak hanya akan menyertakan versi terbarunya. Akan tetapi juga menyertakan Update Driver ke yang paling baru.

Seringkali proses pemasangan Driver terupdate ini bermasalah karena berbagai hal sehingga menyebabkan Crash. Crash ini tidak dapat terdeteksi pada Windows Troubleshoot sekalipun. Suara laptop tidak keluar Windows 10, karena driver Update belum tentu cocok dengan sebuah speaker bawaan laptop.

Setelah Windows kembali seperti semula, driver juga akan kembali ke versi sebelum di update. Sobat perlu cek lagi apakah suara sudah bekerja normal atau belum.

6. Instal Ulang

Versi terlalu tinggi dari sebuah Windows membuat driver menjadi tidak kompatibel. Mereset Windows mungkin tidak dapat menyelesaikan masalah, karena versi awal ketika reset pada beberapa kasus tidak menghapus dan mengembalikan versi driver ke yang lebih lama. Jadi kemungkinan reset tidak berpengaruh sehingga sobat perlu instal ulang ke versi Windows ke yang lebih lawas.

Lebih lawas karena sebelumnya speaker bisa hidup dan setelah update jadi gak bisa (pada kasus yang sering terjadi). Driver Realtek tidak keluar suara karena alasan versi windows yang drivernya tidak kompatibel.

Ini tips instal ulang dari Gookalian untuk mengatasi Windows 10 tidak keluar suaranya:

  • Lihat label laptop (apakah ada gambar Windowsnya, seperti Windows 8 Pro atau Windows 7) jika memang versinya di bawah Windows 10, sobat bisa instal ulang versi Windows pada stiker yang tertempel di laptop
  • Cek spesifikasi bawaan laptop, apakah bawaannya versi 32 Bit atau 64 Bit. Ini sangat kritikal untuk beberapa laptop. Mungkin sebuah laptop bisa diinstal dengan kedua versi, akan tetapi yang berjalan normal hanya salah satu versi bit saja.

7. Sesuaikan Driver

Setelah menurunkan atau menyesuaikan versi Windows, perlu memperhatikan driver yang sesuai dengan cara:

  • Update driver dengan aplikasi seperti Driver Easy secara Online pada driver Software. Layaknya PCI, Root Enumerator, Intel SMBUS, Host Bridge, Serial IO, Host Controller, Trusted Engine dan lain sebagainya. Biasanya aplikasi ini bisa mendeteksi kok dan memilihkan driver yang sesuai (terverifikasi oleh Windows juga)
  • Unduh aplikasi atau driver tambahan pada situs resmi merek dan tipe laptop. Sesuaikan juga dengan versi Windows dengan drivernya. Ada jenis driver GPS, Platform Driver Installer, dan beberapa aplikasi driver bawaan harus diunduh dan kemudian diinstal. Jadi instal semua ya dari daftar driver penyedia resminya.

Kesimpulan Dan Akhir Kata

Jika seluruh upaya diatas sudah sobat lakukan dengan seksama dan sesuai urutan, namun masih tetap tidak dapat menyelesaikan masalah Windows 10 tidak ada suara. Berarti sudah Fix bahwa ini adalah masalah hardware speaker laptop yang bermasalah.

Sebelum mengganti unit speaker internal satu paket, sobat bisa memilih alternatif beberapa langkah dibawah ini:

  • Bersihkan speaker dan keseluruhan Motherboard dari debu
  • Ganti speakernya saja tanpa dudukan atau rumahnya, artinya penggantian speaker tidak satu paket. Bisa menggunakan speaker copotan atau speaker dari Hp non android. Jika tidak, ganti dengan yang baru orisinil satu paket.
  • Bila menghendaki bawa ke service center apabila laptop masih dalam masa garansi

Sekian info dari Gookalian untuk mengatasi masalah speaker laptop/komputer yang tidak menyala. Semoga bermanfaat dan tidak membingungkan sobat ya.

Recent Posts

Arti Leverage Ratio Menilai Apakah Cocok Investasi

Dalam dunia bisnis ada sebuah istilah Leverage. Apa arti Leverage Ratio dan beberapa istilah yang… Read More

7 jam ago

Tips Menjadi Dropshipper Produk Kecantikan

Gookalian punya beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi dropshipper produk kecantikan. Sebuah pekerjaan atau… Read More

2 hari ago

Terapi Untuk Anak Telat Bicara Bisa Dilakukan Dirumah

Ada beberapa terapi untuk anak telat bicara yang bisa dilakukan dirumah. Kenapa tidak sobat coba… Read More

3 hari ago

Kata Positif Untuk Anak Yang Harus Didengar Setiap Hari

Gookalian - Buah memang jatuh tidak bakal jauh dari pohonnya, sering kalimat tersebut muncul saat… Read More

3 hari ago

4 Olahraga Menjaga Kelenturan Tubuh

Apa saja latihan atau olahraga menjaga kelenturan tubuh yang perlu dilakukan sobat? Menjaga kelenturan tubuh… Read More

4 hari ago

Tempat Ziarah Di Kudus Untuk Dikunjungi

Wisata religi salah satunya ada di kota ini, memiliki tempat ziarah di Kudus kira-kira mana… Read More

5 hari ago