Mengenal Wifi 6 Teknologi Nirkabel Cepat Dan Aman

mengenal wifi 6

Mengenal Wifi 6 merupakan hal wajib bagi sobat. Karena saat ini teknologi konektivitas tanpa kabel menggunakan Wifi sudah sampai pada generasi ke 6 melanjutkan generasi sebelumnya yaitu Wifi 5. Apakah sobat belum mengerti apa itu teknologi Wifi 6? Gookalian akan memberikan informasinya.

Mengenal Wifi 6

Wifi 6 adalah sebuah teknologi dengan nama lain jaringan 802.11ax dimana sebelumnya Wifi 5 (802.11ac). Teknologi standar tanpa kabel ini memberikan kecepatan koneksi yang tinggi dan dapat digunakan banyak perangkat secara simultan untuk online pada jaringan internet.

Ada beberapa poin yang harus sobat ketahui tentang Wifi 6 yang muncul sebagai generasi yang cukup baru ini. Setidaknya di tahun Covid-19 sudah banyak beredar perangkat elektronik yang menggunakan perangkat nirkabel cepat ini.

Kecepatan Wifi 6 Dan Teknologinya

Yang paling luar biasa adalah kecepatan throughput (download dan upload) bisa mencapai 9,6 Gbps dan ini hampir 4 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya Wifi 5. Tapi ini hitungan secara teori saja namun setidaknya memang terbukti kecepatannya naik signifikan bergantung pada berbagai perangkat.

Yang membuat perangkat ini lebih cepat adalah penggunaan enkode data yang lebih efisien. Lebih pintar dalam penggunaan spektrum nirkabel karena prosesor yang lebih bagus.

Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA) membagi saluran menjadi beberapa subcarrier sehingga mampu transmisi ke banyak perangkat dalam waktu bersamaan. Komunikasi lebih efisien dimana setiap perangkat secara bersamaan bisa mengakses. Berbeda dengan metode jaringan Wifi tradisional dimana setiap perangkat harus menunggu satu persatu untuk mengirim atau menerima data.

Overlapping Basic Service Sets (OBSS) yang digunakan pada Wifi 6 menggunakan titik akses dengan kode warna tertentu. Jika warna dalam satu kanan tidak sama, maka diabaikan dan juga kebalikannya jika sama dapat langsung terhubung. Ini akan mengurangi latensi atau macet sebagai akibat dari teknologi yang lama. Karena metode lama harus menunggu saluran bersih sebelum data dikirim, untuk mencegah interferensi atau gangguan menyebabkan tingginya latensi dengan semakin banyak perangkat terhubung. Latensi pada Wifi 6 menjadi 75% lebih rendah dari generasi sebelumnya. Ini sangat bagus untuk para pemain game yang butuh koneksi cepat.

Beamforming mempercepat koneksi karena tidak melakukan siaran sinyal ke segala arah. Melainkan menembak atau langsung mentransmisikan data ke arah perangkat penerima yang tersambung.

Mengenal Wifi 6 Yang Lebih Aman

Protokol keamanan baru digunakan pada teknologi ini yaitu WPA 3 (WiFi Protected Access generasi 3). Ini tidak asing apabila sobat membuat hotspot ponsel pasti akan ada pilihan jenis keamanan WPA2-PSK. Sekarang pada Wifi 6 lebih jauh mengenkripsi koneksi antar perangkat dimana sistem Dragonfly Key Exchange, yang juga disebut SAE atau Simultaneous Authentication of Equals diterapkan. Enkripsi menjadi lebih kuat sehingga lebih aman bahkan dari serangan Brute Force dan serangan offline lainnya.

Lebih Hemat Baterai

Target Wake Time (TWT) fitur yang lebih kekinian disematkan pada Wifi 6 membuatnya jadi lebih efisien dalam penggunaan daya. Komunikasi lebih efisien telah didukung dengan teknologi yang dibawanya. Perangkat lebih pintar karena tahu waktu kapan untuk tidur maupun bekerja. Sumber daya kecil digunakan ketika hanya standby bahkan saat terjaga. Sehingga akan menambah daya guna baterai lebih lama.

Kompatibilitas

Wifi 6 memang mendukung jaringan pita 2,4 GHz dan 5 GHz. Namun untuk terhubung dengan perangkat ini, generasi sebelumnya berbeda. Setidaknya ada berbagai hal yang perlu diperhatikan jika sobat ingin menggunakan generasi Wifi ke 6 ini:

  • Router yang mendukung Wifi 6 sebagai protokol baru. Saat ini sudah ada banyak menyediakan termasuk router Xiaomi MI AIoT yang bisa digunakan untuk jenis jaringan ini.
  • Perangkat yang bisa terkoneksi dengan Wifi 6 adalah perangkat keras yang baru. Untuk mendapatkan manfaat teknologi Wifi ini, perangkat seperti PC, Laptop, Hp dan lainnya harus mendukung. Artinya perangkat tersebut memiliki spesifikasi yang sesuai yaitu memiliki dukungan Wifi AX (6). Beberapa tahun kedepan pasti perangkat yang super cepat ini pasti sudah banyak beredar sehingga tidak menyulitkan untuk beralih ke teknologi ini.

Informasi yang terangkum di atas sepertinya sudah cukup buat sobat mengenal teknologi nirkabel tersebut. Beralih ke Wifi 6 lebih cepat berarti lebih eksklusif untuk mendapatkan kecepatan dan manfaat lain yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *