Kuliner

Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Gookalian – Karena sebentar lagi umat islam akan jalani ibadah puasa Ramadhan. Pernah coba liat nggak sih!  Apa yang dirasakan oleh ibu rumah tangga, yang mempunyai anak kecil tanpa pembantu rumah tangga. Bakal kewalahan nggak sih mempersiapkan makanan untuk buka puasa dan sahur?

Selain ibu rumah-tangga, nampaknya ibu karyawanpun cukup kewalahan ya bila mempersiapkan makanan sama waktu yang nyaris bertepatan di antara pulang kerja dengan berbuka puasa? Nach, kesempatan ini saya akan membagi panduan makanan yang bisa jadi stock supaya masak di dapur bisa lebih cepat dan ringkas. Yok, baca keterangan di bawah ini.

Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Berikut 10 Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan yang bisa dibikin dan jadi stok makanan sepanjang berpuasa 1 bulan lama waktunya.

1. Rendang Daging Sapi

Makanan rendang daging sapi pas jadi stock sepanjang bulan puasa nih. Cukup membuat 1x dan bisa ditaruh sepanjang 1 bulan. Saya pernah membuat sasaran resep rendang presto dengan daging sekitar 1,5 kg dan habis nyaris 1 bulan lebih loh.

Rendang ini benar-benar pas dihidangkan dengan menu makanan buka puasa dengan seperti nasi padang, atau oseng sayur ditambahkan rendang daging sapi loh. Bila sahur, terasa ngantuk karena itu dapat dihidangkan dengan nasi hangat, rendang daging sapi, mentimun plus telor goreng. Wah nikmat bukan.

2. Empal Gepuk Daging

Makanan yang ke-2 ialah empal gepuk daging sapi. Menu makanan ini cepat pada proses pembikinannya loh. Tidak seperti rendang dengan proses pengerjaan yang lumayan lama sekitar 4 jam. Proses pengerjaan empal gepuk daging sapi cuman habiskan proses pemasakan 1 jam saja.

Cara membuat check resep berikut ya teman dekat sehat. Resep Empal Gepuk Daging Sapi

Bahan-Bahan yang dipakai

  1. 1,5 kg daging sapi
  2. 9 biji bawang putih
  3. 14 biji bawang merah
  4. 5 kemiri
  5. 1 sdm ketumbar bubuk
  6. 1 sdm merica bubuk
  7. 1 sendok makan garam dapur
  8. ½ sendok makan kaldu jamur
  9. 1 sendok makan gula pasir
  10. 70 gr lengkuas giling
  11. 3 tangkai serai keprek
  12. 3 helai daun salam
  13. 2 buah santan kara 50 ml
  14. Air secukupnya
  15. Minyak untuk menggoreng
  16. ½ sdm pala bubuk

Cara Membuat Empal Gepuk Daging Sapi

  • Potong daging sapi bagian-bagian seputar 3 batas jemari lalu membersihkan.
  • Rebus daging sapi ke panci presto sepanjang 30 menit.
  • Bersihkan dan persiapkan beberapa bahan untuk dilumatkan.
  • Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kemiri di jus atau ulekan.
  • Tumis beberapa bahan yang dipakai yakni bahan yang sudah dilumatkan di atas ditambah lagi sereh keprek, daun salam, ketumbar, pala, merica, garam, lengkuas, kaldu jamur, dengan minyak seperlunya dan pakai api yang kecil.
  • Jika beberapa bahan yang sudah ditumis, oseng sampai bahan sudah tanek dan wangi, lalu angkat.
  • Setelah 30 menit daging yang sudah direbus dengan panci presto. Karena itu angkat dan pipihkan satu-persatu daging dengan memakai ulekan.
  • Setelah dipipihkan karena itu, campur bahan yang sudah ditumis dengan daging presto yang sudah dipipih dan tambah 2 santan kara sama air 50 mililiter.
  • Masak dan aduk-aduk sampai menyerap dan kering memakai api yang kecil.
  • Jika sudah matang, karena itu angkat lalu masukan ke tempat. Nantikan sampai betul-betul dingin selanjutnya tutup dan taruh dalam kulkas.
  • Empal daging bisa dimasak lebih dulu bila ingin dimakan ya.

3. Suwir Ikan

Menu makanan yang ke-3 ialah suwir ikan. Ikan yang bisa dipakai dapat memakai ikan cakalan, ikan salem, dan bermacam ikan yang dipindang. Suwir ikan ini bisa ditaruh dalam tempat tertutup dan tersimpan dalam kulkas dapat bertahan sampai 1 bulan loh.

4. Kering Tempe

Tempe sebagai makanan setiap hari yang kerap kita konsumsi ya. Sayang tempe jadi cuman tempe goreng saja. Rupanya tempe bisa juga jadi kering tempe yang bisa dibikin stock untuk puasa ramadhan loh. Resep kering tempe berada di artikel saya resep sasaran=”_blank”>nasi kuning ya. Silakan didatangi.

5. Nugget

Menu sederhana tidak pakai repot jika makan untuk sahur ya dapat dengan nugget. Nasi hangat, telur ceplok ditambahkan nugget. Wah gampang dan nikmat. Olahan nugget ini dapat dibikin sesuai dengan selera sendiri loh. Bukan hanya dibikin nugget ayam. Namun ayam dapat ditukar dengan tempe, sayur wortel, buncis, sesuai dengan selera ya.

6. Tahu Bakso

Selain tempe yang jadi stok makanan. ada juga paham kaya sumber protein nabati. Tahu bakso kombinasi di antara tahu dan bakso pas jadi salah satunya menu dalam buka puasa. Dapat dibikin cemilan loh sesudah sholat tarawih didampingi dengan buah-buahan.

7. Daging Presto

Nah, Teman dekat Sehat. Daging yang sudah masak dapat tersimpan dalam kurun waktu sampai 1 bulan loh. Daging presto yang dipotong kecil-kecil atau sesuai dengan selera ini dapat tersimpan di kulkas atau freezer. Daging yang sudah dipresto ini dapat jadi bahan baku untuk olahan seperti rawon, kaldu sumenep, oseng sayur dengan kombinasi daging dan sejenisnya.

8. Abon

Jika beberapa waktu, dapat dicoba untuk dibikin di dalam rumah membuat stock abon loh. Abon bukan hanya daging sapi dan ayam saja loh. Anda dapat membuat daging abon dari olahan ikan juga. Pas untuk menu sahur dan olahan makanan kering seperti nasi uduk, nasi kuning ataupun nasi liwet.

9. Bakso

Menu yang tidak kalah pas untuk jadi stock ialah bakso. Dengan olahan bakso daging sapi, ayam dan bakso ikan. Bukan hanya dapat jadi bakso, namun dapat bakso ini dapat dibikin oseng sayur dengan bakso, bakso dalam sup hangat, dan camilan bakso bakar atau bakso pedas edan.

10. Olahan Sambal

Menu harus pencinta pedas ialah sambal. Olahan sambal yang bisa jadi stock seperti sambal bawang, sambal cumi, sambal petis madura, sambal ijo dan sejenisnya. Konsumsi tidak boleh terlalu berlebih ya, seperlunya saja supaya tidak ada permasalahan kesehatan seperti infeksi usus, usus buntu dan semacamnya.

Nah, teman dekat sehat. Begitu 10 makanan yang pas jadi stock sepanjang bulan puasa ya. Mudah-mudahan berguna dan selamat menjalankan beribadah puasa. Sehat selalu ya teman dekat. Terima kasih.

Recent Posts

Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Halo selamat sore pembaca website gookalian semua, disini admin tunggal gookalian mau sedikit memberikan pemberitahuan… Read More

9 hours ago

Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Gookalian - Salah satu kunci sukses perusahaan Fintech dekade ini adalah mempermudah segala proses yang… Read More

1 day ago

Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Anak merupakan generasi penerus, mengajari anak tentang perubahan iklim artinya menyelamatkan bumi untuk masa depan.… Read More

2 days ago

Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

Meminang mobil kota memang cocok, namun pernahkan sobat melihat kekurangan City Car yang memiliki segudang… Read More

3 days ago

Jenis Jenis Kartu Kredit Yang Sobat Harus Tahu

Sebagai salah satu alat transaksi, sobat harus tahu jenis jenis kartu kredit. Digunakan untuk berbagai… Read More

4 days ago

Manfaat Greek Yogurt Untuk Kesehatan

Gookalian memberikan ulasan manfaat Greek Yogurt untuk kesehatan yang mungkin berguna bagi sobat. Yogurt jenis… Read More

5 days ago