Kesehatan

Persiapan Sebelum Vaksinasi Covid

Sobat perlu melakukan persiapan sebelum vaksinasi Covid 19. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan tubuh agar tetap terjaga kondisinya. Vaksinasi akan membuat tubuh sobat mengenali jenis virus baru yang belum pernah ditemui.

Kita telah sampai pada proses pemberian kekebalan tubuh pada masyarakat untuk penanggulangan wabah yang telah berjalan 1 tahun lamanya ini. Sobat yang diberikan vaksin akan menambah jumlah kekebalan masyarakat atau Herd Immunity dalam melawan penyakit menular ini.

Vaksinasi adalah proses yang memberikan tubuh sebuah kenalan baru. Dalam hal ini pengenalan virus yang baru supaya tubuh bisa mengenalnya terlebih dahulu dan tidak menyebabkan keparahan yang terjadi akibat agen tersebut.

Prosesnya memang hanya disuntik saja. Kemudian tubuh akan merespon dan membuat kekebalan untuk jenis virus tersebut. Sehingga saat virus Covid yang asli menyerang, tubuh sudah dapat menangkalnya dengan mudah tanpa harus menunjukkan gejala-gejala yang menyebabkan sakit pada seseorang. Apalagi tanpa harus mengalami keparahan penyakit seperti komplikasi dan lainnya.

Pasti sobat deg-degan saat dapat giliran untuk divaksin Covid kan ? Mungkin ada juga yang biasa aja serta ada yang ngerasa senang malahan. Agar sobat lebih siap menerima kekebalan tubuh baru, ada tips untuk mempersiapkannya dari Gookalian.

Persiapan Sebelum Vaksinasi Covid

Ya, intinya buang jauh rasa khawatir atau cemas sebelum kamu mendapat vaksinasi. Rasa panik malah tidak baik untuk tubuh sobat. Karena tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memberikan gejala tidak enak pada tubuh. Santai saja, tenang dan ikut tips yang dikutip dari ahli Virologi dan Imunologi UGM (dr. Moh. Saifudin Hakim) dibawah ini:

1. Jaga Badan Jangan Terlalu Lelah

Istirahat yang cukup sebelum pencoblosan atau vaksinasi akan membuat tubuh lebih prima. Dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan yang dapat membuat tubuh letih seperti olahraga berat maupun meminimalisir kegiatan pekerjaan yang berat.

2. Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Ketika asupan tubuh tercukupi, maka kebugaran dan kesehatan tubuh akan tercapai. Makan makananan yang mengandung berbagai serat dan vitamin akan melengkapi kebutuhan tubuh. Berbagai gejala akibat kekurangan asupan zat tertentu mungkin dapat membuat tubuh kurang vit. Tidak ada persiapan yang spesifik terkait asupan makanan tertentu.

Termasuk sarapan atau makan sebelum vaksinasi dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap rasa sakit. Menurut uchealth.org gejala sakit kepala sebelum maupun setelah vaksinasi dapat diatasi dengan perut yang tidak kosong.

3. Tidak Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Obat tersebut hanya dapat dikonsumsi atas saran maupun diagnosis dokter saja. Obat anti alergi maupun anti nyeri tidak disarankan untuk dikonsumsi sebelum vaksinasi. Hal ini untuk tubuh seseorang yang cukup prima atau dalam kondisi baik.

4. Tetap Terhidrasi Dengan Selalu Minum Air Putih

Tubuh dapat kekurangan cairan saat melakukan berbagai hal. Termasuk rasa grogi saat ingin disuntik dapat menyebabkan rasa haus maupun kekurangan cairan tubuh. Minum air secara teratur sebelum dan sesudah proses vaksinasi.

Dilansir dari uchealth.org, dehidrasi dapat menyebabkan pikiran kurang jernih dan perubahan mood dalam hati. Menjaga asupan air akan memberikan sobat rasa baik dalam tubuh sebelum maupun setelah vaksinasi.

5. Memakai Pakaian Yang Sesuai Pada Hari Persiapan Sebelum Vaksinasi Covid

Untuk memudahkan proses penyuntikan, di hari tersebut sobat perlu menggunakan pakaian yang lengan atasnya dapat dengan mudah dibuka. Gunakan pakaian yang nyaman dan memudahkan proses vaksinasi.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat terapkan sebelum mendapat kekebalan tubuh baru terhadap virus Covid-19. Tetap laksanakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun untuk menghentikan penyebaran wabah.

Recent Posts

Tips Memilih Tanaman Dalam Ruangan Untuk Kebersihan Udara

Udara yang lebih bersih bisa dicapai dengan tips memilih tanaman dalam ruangan yang sesuai. Gookalian… Read More

2 days ago

Kelemahan Usaha Pakaian Bekas

Selain memberikan peluang dan kebermanfaatan, ada kelemahan usaha pakaian bekas tersebut. Dilansir dari beberapa sumber,… Read More

3 days ago

Pengertian Embedded Insurance Yang Makin Berkembang

Pernahkah sobat mengetahui pengertian Embedded Insurance ? Sebuah jenis asuransi yang saat ini tidak dapat… Read More

4 days ago

Bahaya Konten Unboxing Untuk Anak

Apakah ada bahaya konten Unboxing untuk anak ? Padahal genre video ini bukan hal yang… Read More

5 days ago

Alat Investasi Dengan Resiko Rendah Menengah

Gookalian memberikan informasi beberapa investasi dengan resiko rendah sampai menengah /moderat yang merupakan sebuah alat… Read More

6 days ago

Tips Mengajarkan Anak Menjadi Pemaaf

Apakah kurang baik jika mengajarkan anak menjadi pemaaf? Memaafkan adalah sebuah proses menjaga hubungan antar… Read More

1 week ago