Rabu , September 28 2022

Teknologi Digital Ngetrend Saat Ini

Gookalian – Sebagai hal yang membantu manusia, teknologi digital yang ngetrend saat ini ada karena jasa para ilmuwan. Tentunya kita harus terus mengupdate pengetahuan kita tentang hal ini. Agar tidak ketinggalan dan bisa mendapatkan manfaat dari pembaruan teknologi di dunia dari masa ke masa.

Teknologi Digital Ngetrend Saat Ini

Mempelajari teknologi adalah salah satu cara agar sobat tidak ketinggalan zaman. Kesemuanya terus berubah mengikuti perkembangan tentang bagaimana orang-orang di dunia saling terhubung, bekerja, dan hidup. Teknologi jadi jembatan sekaligus alat untuk memudahkan hajat hidup manusia. Berikut ini, teknologi memukau yang ada saat ini yang mungkin sobat perlu mengetahuinya:

Internet Of Things

Kini mulai menjamur perusahaan yang mengembangkan IoT (Internet Of Things). Jika kita mengartikannya dalam bahasa terjemahan kasar berarti sesuatu yang di internetkan. Internet sendiri adalah jaringan dimana setiap orang atau komputer saling terhubung.

IoT memungkinkan interkoneksi antar alat dengan objek tertentu termasuk manusia dalam sebuah jaringan internet. Artinya sobat bisa memantau segala barang atau alat (Things) dari jarak jauh dengan koneksi internet. Salah satu contoh nyatanya adalah sobat bisa membuka gerbang pintu rumah bahkan pas mobil masih berjarak ratusan meter dari gerbang tersebut.

IoT membuat hidup manusia lebih praktis. Sobat bisa mematikan lampu kamar jika ternyata lupa dan sedang berada diluar. Teknologi ini sudah diterapkan setidaknya hingga 7 milyar perangkat di seluruh dunia. Hingga nanti tahun 2025, terus bertumbuh menjadi 22 milyar. IoT juga membuat dunia mengalami otomatisasi sendiri tanpa harus dikendalikan manusia. Mobil dapat mengendarai sendiri secara otomatis ke tempat tujuan tertentu.

Baca Juga!  Apa Itu Aplikasi Clubhouse

Teknologi Digital Ngetrend Saat Ini Yaitu Nirkabel

Bluetooth dan Wifi merupakan dua hal yang mungkin sebelumnya kita tidak akrab dengannya. Namun sekarang dua alat konektivitas tersebut menjadi bagian dalam hidup kita. Mendengarkan musik tanpa kabel melalui Bluetooth. Menonton televisi sekarang bisa langsung dihubungkan ke ponsel melalui Wifi. Keduanya kini menjadi bagian yang tak terpisahkan karena termasuk dalam IoT juga.

Wifi, Bluetooth, NFC sebagai teknologi tanpa kabel juga terus mengalami kemajuan. Kecepatan transfer data terus ditingkatkan dengan penggunaan daya yang semakin kecil. Kita bisa mentransfer data hingga kecepatan 9,6 Giga per detik untuk konektivitas Wifi 6.

Artificial Intelligence

Kecerdasan buatan merupakan sebuah mesin yang mampu berpikir dan menganalisis. AI diterapkan dalam banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari manusia menjadi teknologi digital ngetrend saat ini. Salah satu contohnya pada kamera ponsel, dimana secara otomatis sistem akan menyesuaikan pencahayaan pada foto sehingga terlihat bagus.

Mobil yang ditenagai sistem AI dapat mengemudikan diri sendiri untuk mencapai rute tertentu. AI bekerja dengan menganalisis pola kendaraan lain saat ada dijalan. Mengerem dan menambahkan kecepatan otomatis dan selalu menjaga keamanan penumpang. Jadi sekarang jika ada mobil tanpa supir namun bisa berjalan sendiri menjadi hal yang nampaknya hampir biasa. Sampai pada puncaknya, AI digunakan untuk menciptakan robot yang mampu berpikir, bekerja, hingga menyelesaikan tugas manusia biasa. Telah muncul Ameca Humanoid sebagai robot buatan yang mampu berekspresi layaknya manusia dan memahami berbagai bahasa percakapan. Nantinya akan ada banyak pekerjaan manusia biasa yang tergantikan oleh robot-robot dengan kecerdasan tingkat tinggi.

Uang Elektronik

Sekarang ini belanja tanpa bawa dompet berisi uang sepeserpun sudah bukan hal aneh lagi. Menyimpan uang dalam bentuk digital E-Money untuk melakukan transaksi adalah zaman sekarang. Cukup membawa ponsel pintar, uang kamu ada disitu semuanya. Membayar segala sesuatu tinggal klik saja, atau menempelkan ponsel tanpa harus mengeluarkan kertas uang.

Baca Juga!  Alasan Jangan Defrag SSD Komputer Sobat

Hal ini membuat praktis dalam bertransaksi khususnya. Tanpa bawa uang recehan kembalian sekecil apapun tetap bisa masuk ke dompet digital. E-Money semakin menjamur karena fleksibilitas yang dimilikinya membuat orang terus beralih ke arah digitalisasi keuangan. Model keuangan ini juga sangat mendukung jika wabah terjadi. Tanpa bertemu langsung, pembayaran untuk pembelian sesuatu bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Virtual Reality (VR)

Dalam dunia permainan, VR hadir membuat pengalaman bermain game yang sangat memuaskan. Pokemon GO salah satunya yang memadukan gambar digital dengan kenampakan alam asli. Objek dalam game yang berorientasi dengan background gambar asli adalah teknologi VR yang menakjubkan. Interaksi karakter dalam game dengan kondisi lingkungan asli sekitar juga termasuk didalamnya membuat makin seru.

AR (Augmented Reality) juga merupakan bagian dari VR. Bermain game dengan menggunakan penutup mata dan headset. Bukan sekedar penutup mata, disana sobat akan diperlihatkan dunia dalam game langsung dari pandangan mata. Meskipun hanya video game yang dimasukkan dalam kotak dan dipasang di mata, perpaduan AR dan VR sangat dirasakan nyata untuk para pemain.

Belum lagi telah ditambahkan untuk indra penciuman, sentuhan agar lebih nyata dalam dunia entertainment ini. Sobat bisa belajar mengemudi, menerbangkan pesawat, belajar martial art dan lain sebagainnya hanya ditempat saja dengan teknologi AR dan VR ini.

Pada akhirnya, teknologi-teknologi tersebut akan terus berkembang. Tujuannya untuk mempermudah kehidupan manusia menjadi lebih baik. Sudahkah sobat mencoba teknologi digital ngetrend saat ini diatas?

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.