Categories: Wisata

Tempat Wisata Sejarah Di Jakarta Asyik Sambil Belajar

Mengunjungi tempat wisata sejarah di Jakarta tidak hanya untuk tujuan rekreasi dan menghabiskan waktu luang saja. Sobat bisa mengisinya dengan belajar mengenal berbagai sejarah yang ada di Indonesia khususnya Jakarta dan merasakan nuansa jaman old yang bisa bikin nostalgia. Dimana saja tempat wisata bersejarah itu di Ibukota ini? Infonya dari Gookalian buat sobat.

Tempat Wisata Sejarah Di Jakarta

Cobalah sobat datangi tempat-tempat di bawah ini, selain bikin seru ada banyak spot foto yang Instagramable untuk koleksi beranda sosmed. Berikut beberapa tempat tersebut:

1. Galeri Nasional Jakarta Pusat

Sobat bisa menemukan tempat dengan nuansa sejarah yang sangat kental ini letaknya berseberangan dengan Stasiun Gambir. Di tempat ini ada beberapa pameran lukisan-lukisan jaman old oleh pelukis yang dipajang menjadi 2 bagian, permanen dan kontemporer.

Koleksi permanen dipajang di bagian dalam memiliki koleksi-koleksi lukisan nasional maupun internasional. Monumen ingatan memberikan nuansa kembali ke potret dari jaman tahun 1800 an sampai pada tahun 2000 an. Yang tidak kalah bagus ada pameran kontemporer dengan berbagai kurasi yang berubah-ubah setiap waktu. Jadi sobat tidak akan bosen kesini meski rutin untuk melihat maha karya seniman dari berbagai tempat.

2. Tempat Wisata Sejarah Di Jakarta Utara Museum Bahari

Pengen tahu sejarah kemahsyuran maritim di Nusantara ? Cocok deh ini tempatnya buat sobat. Tempat ini berisi begitu banyak informasi mengenai kelautan di Indonesia pada jaman baheula. Selain informasi terkait kebaharian, ada kurang lebih 600 koleksi barang-barang yang nuansanya ala-ala penjajahan belanda dan berbagai foto-foto yang menggambarkan masa lalu.

Yang paling menarik pasti pada koleksi-koleksi kapal dan perahu. Ketahuilah bahwa tempat ini adalah satu-satunya yang punya koleksi kapal dan perahu paling lengkap dari seluruh wilayah Nusantara. Miniatur kapal jaman kerajaan bahkan ada juga untuk melihat kebelakang betapa besarnya kekuatan maritim negara kita jaman dahulu. Museum ini terletak di Kawasan Sunda Kelapa, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara yang bisa diakses dengan Busway rute 12 E dengan nama History of Jakarta Explorer.

3. Arsip Negara Republik Indonesia Jakarta Selatan (ANRI)

Belajar tentang sejarah perjuangan Indonesia sejak tahun 1942 sampai kemerdekaan lebih mudah disini. Karena menyimpan berbagai arsip penting dengan ruangan diorama yang keren dan memuat sejarah yang mendalam.

Ada begitu banyak ruangan Hall di tempat wisata dengan koleksi foto-foto perjuangan kemerdekaan. Selain belajar sejarah, nuansa informasi pada objek yang mirip perpustakaan ini akan menambah kecintaan kepada negara dan orang terdahulu yang memperjuangkannya.

4. Museum Lubang Buaya Jakarta Timur

Belajar berbagai tragedi sejarah berdarah yang dialami para pahlawan revolusi bisa sobat lakukan disini. Komplek museum diantaranya monumen pancasila sakti, ruang penyiksaan, museum pengkhianatan PKI, dapur umum, pos komando, museum Paseban, dan sumur maut akan membawa sobat kembali ke jaman dimana kekejaman terjadi. Berbagai ruang lain juga akan menambah informasi sejarah untuk sobat.

5. Museum Wayang Di Kota Tua

Kota tua adalah tempat yang menarik untuk mengambil foto dengan nuansa bangunan kuno. Disana terdapat museum wayang yang menyajikan berbagai macamnya baik dari Indonesia dan manca negara seperti Malaysia, Thailand, China, VIetnam dan lain sebagainya. Teater wayang dan workshop pembuatan wayang secara rutin akan digelar pada museum, cocok untuk sobat yang ingin melihat proses pembuatan boneka dari kulit ini.

Selain beberapa rekomendasi diatas, ada juga nih list untuk beberapa tempat wisata bersejarah di Jakarta:

  • Museum sejarah Jakarta (kota tua)
  • Museum Bank Indonesia
  • Museum Seni Rupa dan Keramik (kota tua)
  • Monumen Nasional (Monas)
  • Fatahilah
  • Kawasan Kota Tua

Itulah beberapa tempat wisata sejarah yang bisa kok sobat kunjungi di waktu Weekend. Karena kebanyakan tempat wisata ini tutup di hari senin. Selain belajar sejarah dan mengenang masa lalu, sobat bisa berswa foto ria pada spot-spot tempat yang kental nuansa jaman old ini.

Recent Posts

Arti Leverage Ratio Menilai Apakah Cocok Investasi

Dalam dunia bisnis ada sebuah istilah Leverage. Apa arti Leverage Ratio dan beberapa istilah yang… Read More

5 jam ago

Tips Menjadi Dropshipper Produk Kecantikan

Gookalian punya beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi dropshipper produk kecantikan. Sebuah pekerjaan atau… Read More

1 hari ago

Terapi Untuk Anak Telat Bicara Bisa Dilakukan Dirumah

Ada beberapa terapi untuk anak telat bicara yang bisa dilakukan dirumah. Kenapa tidak sobat coba… Read More

3 hari ago

Kata Positif Untuk Anak Yang Harus Didengar Setiap Hari

Gookalian - Buah memang jatuh tidak bakal jauh dari pohonnya, sering kalimat tersebut muncul saat… Read More

3 hari ago

4 Olahraga Menjaga Kelenturan Tubuh

Apa saja latihan atau olahraga menjaga kelenturan tubuh yang perlu dilakukan sobat? Menjaga kelenturan tubuh… Read More

4 hari ago

Tempat Ziarah Di Kudus Untuk Dikunjungi

Wisata religi salah satunya ada di kota ini, memiliki tempat ziarah di Kudus kira-kira mana… Read More

5 hari ago