Wisata

Tempat Ziarah Di Kudus Untuk Dikunjungi

Wisata religi salah satunya ada di kota ini, memiliki tempat ziarah di Kudus kira-kira mana saja yang bisa kamu kunjungi? Gookalian akan memberikan beberapa tempat ziarah di kota yang terletak di Jawa Tengah ini.

Umumnya Kudus terkenal dengan Wali Songo dan wisata religi yang lainnya. Salah satu kegiatan yang berhubungan dengan wisata adalah berziarah. Sebuah tradisi spiritual yang membumi di negeri kita tercinta.

Tempat Ziarah Di Kudus

Ada begitu banyak tempat untuk berziarah mengenang arti hidup setelahnya khususnya di kota Kudus. Karena begitu banyak ketika dilakukan pencarian di Google Maps, mungkin sobat bingung tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Biar gak bingung, berikut ini beberapa tempatnya.

1. Tempat Ziarah Di Kudus Pada Makam Sunan Kudus

Bernama Syekh Ja’far Shodiq memiliki makam yang bertempat di Desa Kauman, Kecamatan Kota. Tak afdol jika tidak ke Kudus tanpa mengunjungi tempat ini untuk berziarah. Akses untuk ziarah kesini cukup mudah karena berada di pusat kota.

Selain berziarah, Masjid Al-Aqsha bisa juga dijadikan rujukan untuk dikunjungi selanjutnya. Di bulan Ramadhan akan ada banyak penjual yang menjajakan dagangan di sepanjang jalan Masjid dengan Menara Kudus ini. Selain melihat bangunan arsitektur perpaduan budaya dan keislaman, cocok juga untuk bersantap jajanan di kota kretek ini.

2. Makam Sunan Muria

Terletak 18 km dari pusat kota di sebelah utara, makam yang terkenal dengan nama Raden Umar Said ini berada di Desa Colo, Kecamatan Gawe. Terdapat kompleks masjid juga di dekat lokasi yang unik adalah perjuangan untuk menuju tempat ini.

Karena berlokasi di puncak gunung, setidaknya sobat harus menaiki lebih dari 400 anak tangga untuk naik berziarah. Namun ada jasa tukang ojek yang bisa dimanfaatkan sehingga tidak capek naik. Lebih baik menaiki dengan tangga, sembari menghirup udara segar pegunungan dan dagangan di sekitar kios-kios perjalanan menuju masjid.

Kompleks masjid di makam Sunan Muria ini memiliki sebuah bedug dari kayu jati yang dibuat tahun 884 M. Masjid dibagi menjadi 2 bagian untuk pria dan wanita.

3. Makam Kyai Telingsing

Kyai yang dikenal dengan The Ling Sing ini merupakan ulama asal Tionghoa yang bermukim di Kudus untuk melakukan dakwah. Untuk mencapai ke lokasi makam, cukup dekat dengan pusat kota dan agak masuk ke dalam dengan alamat Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo tepatnya di Sunggingan, Kecamatan Kota.

Meskipun dekat sekitar hanya 100 meter dari kompleks makam Sunan Kudus. Makam ini kurang begitu dikenal. Meskipun kyai ini memiliki andil juga dalam penyebaran agama Islam di kota Kudus.

4. Makam Ki Gede Gulang Loram

Sebenarnya tempat ini adalah terdiri dari 2 makam. Makam Ki Gulang (Sayyid Jafar Assegaf) berada di wilayah Loram dan Ki Gede Lora (Ronggo Warsito) di Desa Gulang.

Sejarah antara dua pemuka agama tersebut yang cukup unik. Karena keduanya rela saling bertukar tempat untuk dimakamkan. Tujuannya adalah untuk menyatukan dua desa tersebut yang warganya sering terjadi konflik. Sehingga saat ini kedua wilayah menjadi damai lewat warga yang bertukar tempat ziarah.

Di wilayah makam tersebut juga banyak pedagang yang berjualan berbagai hal tradisional. Seperti mainan anak-anak sampai pada kuliner yang bisa sobat nikmati sambil melakukan ziarah.

Beberapa tempat diatas merupakan beberapa destinasi ziarah beberapa makam yang bisa sobat kunjungi. Selain berziarah, ada kegiatan lain seperti menyantap kuliner dan dagangan di sekitar objek wisata bertajuk religi ini. Ziarah menjadi sebuah cara merenungkan masa depan, mempelajari penyebaran agama, sekaligus mendoakan kepada mereka pendahulu agama.

Recent Posts

Cara Mengetahui Bluetooth Di Laptop

Untuk sobat yang sudah memiliki laptop, cara mengetahui bluetooth di laptop sangatlah penting. Karena piranti… Read More

10 hours ago

Arti Perbedaan Antigen Dan Antibodi

Gookalian memberikan informasi arti perbedaan antigen dan antibodi yang merupakan berhubungan dengan tubuh kita. Kedua… Read More

1 day ago

Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Halo selamat sore pembaca website gookalian semua, disini admin tunggal gookalian mau sedikit memberikan pemberitahuan… Read More

2 days ago

Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Gookalian - Salah satu kunci sukses perusahaan Fintech dekade ini adalah mempermudah segala proses yang… Read More

3 days ago

Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Anak merupakan generasi penerus, mengajari anak tentang perubahan iklim artinya menyelamatkan bumi untuk masa depan.… Read More

4 days ago

Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

Meminang mobil kota memang cocok, namun pernahkan sobat melihat kekurangan City Car yang memiliki segudang… Read More

5 days ago