Kesehatan

Tetap Sehat Walau Begadang Untuk Pekerjaan Atau Tugas

Cara tetap sehat walau begadang untuk mengerjakan tugas lemburan dapat dicapai dengan beberapa tips. Karena pada jam-jam tambahan malam untuk menyelesaikan hari yang panjang, sobat butuh beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak menurunkan performa apalagi kesehatan.

Biasanya sih, mereka yang mengerjakan tugas sampai larut malam ditemani oleh sesuatu layaknya musik, cemilan, bantal dan lain sebagainnya. Teman begadang ini bikin sobat tetap Stay Up dan memang dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan tersebut. Selain teman tersebut, Gookalian juga punya beberapa tips supaya sobat masih bisa begadang namun tetap sehat.

Tips Tetap Sehat Walau Begadang

Kopi, Tapi Secukupnya Saja

Ada yang bilang kopi perlu dihindari ketika begadang. Sebenarnya ini bagus juga, akan tetapi kita membutuhkan asupan kafein yang membuat kita lebih lama terjaga. Minumlah kopi sebagai teman saat begadang, tapi gak boleh berlebihan ya. Untuk sobat yang tidak terlalu sensitif dengan kafein, artinya kalau minum dikit gak berefek jadi insomnia. Setidaknya 2-3 cangkir tiap hari (setiap cangkir sekitar 100 mg kafein) untuk menjaga kesehatan tubuh.

Boleh ditambah maksimal 4 cangkir setiap hari termasuk jumlah ditambah saat begadang (NDTV Food). Kalau kelebihan akan berakibat pada tubuh mengalami dehidrasi

Minum Banyak Air Putih

Alternatif lain jika tidak suka kopi adalah minum air putih yang cukup. Duduk ekstra, dan bekerja ekstra di malam hari membutuhkan asupan yang ekstra juga. Dengan banyak minum, tubuh akan terhidrasi sehingga gejala mengantuk bisa dihindari.

Hindari Minuman Energi Berlebih

Sebagian dari mereka mungkin menggunakan doping minuman berenergi saat begadang untuk tujuan tidak ngantuk dan stay fit. Namun ini jika dikonsumsi berlebihan malah akan membuat sobat semakin lelah di keesokan harinya.

Ini merupakan efek kafein dan kandungan yang menjaga tubuh tetap bekerja tidak semestinya. Efek lain yang dirasakan sobat bisa menjadi terjaga sepanjang malam. Ini yang membuat jadwal tidur tidak karuan dan membuat ngantuk.

Istirahat Atau Tidur Sebentar Di Sela-Sela Begadang

Jika sobat cukup mudah untuk tidur kapanpun, 1-2 jam cukup bagus digunakan untuk tidur di sela-sela mengerjakan tugas. Menurut penelitian (NCBI tahun 2014) tidur sejenak aman dan dapat mengurangi rasa ngantuk pada mereka yang begadang.

Istirahat sejenak dengan tidak tidur juga dapat dilakukan jika memang kamu sudah merasa lelah. Lakukan relaksasi seperti menarik nafas panjang untuk 5-10 menit.

Gunakan Bantal Ternyaman

Seringkali bekerja terlalu lama dapat menyebabkan kekauan pada tengkuk sekitar leher. Gunakan bantal yang dikalungkan di leher agar dapat menyamankan kepala sehingga lebih rileks. Peralatan bantal atau guling yang nyaman ini cocok untuk kamu yang bekerja didepan meja. Sehingga tetap produktif sambil santai.

Cahaya Yang Terang

Kondisi ruang kerja yang terang dapat membuat pekerjaan lebih efektif di malam hari. Tubuh mungkin merespon seperti layaknya di siang hari. Mereka yang cukup sensitif dengan cahaya mungkin akan terjaga dengan jumlah cahaya yang banyak.

Meskipun terlalu terang membuat mata cepat lelah. Untuk mencapai hasil kerja yang baik, sobat bisa memaksimalkan semua hal sebelum selesai dan tidur.

Peregangan Tubuh Untuk Tetap Sehat Walau Begadang

Latihan peregangan tidak hanya menjaga kelenturan tubuh. Aktivitas fisik yang sedikit ini mampu mengusir rasa lelah dan mengantuk. Bisa dengan meregangkan tubuh seperti saat pemanasan sebelum olahraga. Hal ini akan mengatasi pegal pada bagian badan tertentu dan mengembalikan fungsi rangka untuk kembali bekerja di malam hari.

Camilan Yang Sehat

Untuk menjaga kesehatan, perlu memperhatikan asupan makanan terkhusus pada saat begadang. Bagi yang sudah biasa begadang, mengkonsumsi camilan tidak menjadi masalah karena siklus pencernaan yang sudah menyesuaikan. Bagi yang belum biasa mungkin juga perlu latihan sedikit demi sedikit untuk asupan energi.

Hindari makanan yang memiliki kandungan gula tinggi karena dapat mempengaruhi pola tidur dan serangan penyakit degeneratif bagi mereka yang pekerjaannya kurang gerak fisik. Sobat pilih snack yang sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayuran. Kandungan serat, vitamin, dan protein lah yang utamanya sobat butuhkan untuk badan yang lebih sehat.

Tips diatas untuk sobat yang pengen tetap fit dan sehat meskipun harus begadang. Tinggal sobat menyesuaikan diri dengan jenis kegiatan begadang tersebut. Untuk pekerja fisik, jangan lupa untuk alihkan fokus ke hal lain terlebih dahulu untuk kemudian kembali ke pekerjaan. Ini akan mengurangi rasa bosan dan letih.

Recent Posts

Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Halo selamat sore pembaca website gookalian semua, disini admin tunggal gookalian mau sedikit memberikan pemberitahuan… Read More

8 hours ago

Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Gookalian - Salah satu kunci sukses perusahaan Fintech dekade ini adalah mempermudah segala proses yang… Read More

1 day ago

Cara Mengajari Anak Tentang Perubahan Iklim

Anak merupakan generasi penerus, mengajari anak tentang perubahan iklim artinya menyelamatkan bumi untuk masa depan.… Read More

2 days ago

Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

Meminang mobil kota memang cocok, namun pernahkan sobat melihat kekurangan City Car yang memiliki segudang… Read More

3 days ago

Jenis Jenis Kartu Kredit Yang Sobat Harus Tahu

Sebagai salah satu alat transaksi, sobat harus tahu jenis jenis kartu kredit. Digunakan untuk berbagai… Read More

4 days ago

Manfaat Greek Yogurt Untuk Kesehatan

Gookalian memberikan ulasan manfaat Greek Yogurt untuk kesehatan yang mungkin berguna bagi sobat. Yogurt jenis… Read More

5 days ago