Categories: Bisnis

Tips Menjadi Dropshipper Produk Kecantikan

Gookalian punya beberapa tips untuk kamu yang ingin menjadi dropshipper produk kecantikan. Sebuah pekerjaan atau bisnis yang bisa kamu lakukan tanpa modal ini menjadi peluang bagus untuk siapa saja. Perlu beberapa strategi agar berjalan lancar dan menghasilkan keuntungan.

Beberapa tips ini khusus untuk produk-produk kecantikan dengan target sudah pasti mereka yang menyukai perawatan tubuh. Untuk menjadi Dropshipper sebenarnya bisa langsung dari web penyedia produk kecantikan. Bisa juga dari marketplace seperti Facebook maupun sumber dari produsen lain yang online.

Tips Menjadi Dropshipper Produk Kecantikan

Dropshipper merupakan pekerjaan yang metodenya online dimana sobat gak perlu memiliki produk secara fisik/di gudang. Bisnis ini menghubungkan antar konsumen dengan produsen. Biasanya mereka mempromosikan produk kembali dari supplier dengan berbagai metode yang menarik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu sobat perhatikan untuk menjadi agen dropship produk kecantikan. Agar penghasilan dari jualan online ini bisa lumayan bahkan sangat banyak.

Menjadi Dropshipper Produk Kecantikan Dengan Analisa Produk Kosmetik Yang Sedang Trend

Artinya sobat perlu aktif di Sosial Media baik itu Facebook, Twitter, dan Instagram. Cari tahu produk kecantikan apa saja yang sedang ngetrend atau naik daun. Bisa juga melihat produk yang paling sering terjual di sosial media.

Sobat bisa mulai mempromosikan kembali barang-barang yang lagi hits ini. Meskipun ada begitu banyak produk kosmetik diluar sana, dengan mengetahui trend kenaikan sebuah produk dapat meningkatkan penjualan.

Selain di sosmed, bisa juga melakukan pencarian apa yang sedang ngetrend di Google. Ini merupakan tempat dimana orang-orang mencari berbagai hal. Analisis di Google Trends (bisa sobat cari dan gunakan) terkait sebuah produk, nama produk dan jenis produk kecantikan bisa dicek. Melihat trend dari waktu ke waktu dan mulai membuat kesimpulan serta bergerak tentang produk apa saja yang harus dijual.

Analisa pasar juga termasuk dalam hal ini. Carilah niche atau target marketing yang dilakukan online ini dengan menghindari persaingan yang tinggi. Gunakan niche yang lebih kecil untuk persaingan yang lebih rendah.

Memilih Supplier Yang Meningkatkan Pengalaman Konsumen

Seringkali ada juga penyedia barang yang lambat dalam pengiriman dan kurang bagus dalam packing misalnya. Sobat perlu memastikan bahwa performa pengiriman produsen cukup baik sehingga konsumen tidak perlu frustasi menunggu lama barangnya sedang dikemas atau isi kardus jelek.

Penjual produk yang memberikan garansi uang kembali saat produk tidak memuaskan misalnya, akan lebih menarik pembeli. Bonus-bonus tambahan juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Misalnya membeli sepaket skincare bisa mendapatkan Cash Back atau tambahan produk kecantikan yang lain.

Carilah supplier yang memberikan dukungan untuk konsultasi dan pemecahan masalah (problem solving) sehingga dapat dikatakan penjual yang profesional serta care terhadap konsumen. Jadi kamu bisa bertanya apapun tentang produk. karena ini berhubungan dengan wajah/bagian tubuh konsumen sobat sendiri.

Membangun Brand Sendiri, Promosi Dan Cross Selling

Sobat bisa menggunakan kosmetik dengan label putih (white/private label) atau sebuah produk yang dijual dengan merek sendiri. Karena banyak sekali produk yang diformulasikan dengan bahan yang sama dan tempat yang sama memiliki variasi pengemasan yang berbeda misalnya.

Sesuaikan trend yang ada dengan jenis produk yang ada. Menjual dengan nama sendiri merupakan konsep yang cukup unik. Seperti halnya membuat tema pada toko online sendiri dengan berbagai produk yang hampir sejenis dan pengemasan yang berbeda sebagai salah satu pembentukan brand.

Lakukan promosi produk yang kamu miliki, karena biasanya konsumen akan mencari review sebuah produk. Semakin banyak semakin baik karena memang membuktikan sebuah produk itu Worth It atau bekerja.

Cross Selling, pembeli dapat membeli barang yang sobat tawarkan sebagai pelengkap. Ini merupakan sebuah strategi yang dapat meningkatkan jumlah item per transaksi sehingga melipatkan keuntungan. Product Bundling juga dapat menjadi strategi untuk diterapkan sehingga menambah pundi-pundi penghasilan.

Menguasai Regulasi Kosmetik

Ada hal-hal yang dilarang dijual di negara kita ini. Seperti halnya berbagai komposisi produk yang kini dilarang seperti bahan kimia tertentu pada skincare yang wajib dihindari. Regulasi penjualan kosmetik di Indonesia bisa sobat baca untuk menjadi penjual produk yang sehat dan legal.

Itulah beberapa tips dari Gookalian untuk bisnis Dropship produk kecantikan. Sebelum benar-benar menjual kembali sebuah produk, jangan lupa untuk mempelajari seluk beluk bahan dan efek yang ditimbulkan serta kemanfaatan yang dikandungnya. Dengan begitu, selain sukses berjualan sobat juga memikirkan keselamatan dan kesehatan konsumen.

Recent Posts

Alasan Untuk Tidak Post Sesuatu Tentang Anak

Gookalian membahas apa saja alasan untuk tidak Post sesuatu tentang anak. Karena ada begitu banyak… Read More

17 jam ago

Dampak Vaping Terhadap Kesehatan Mulut

Gookalian akan mengulas dampak Vaping terhadap kesehatan mulut. Buat sobat yang pake Vape, mungkin sempat… Read More

2 hari ago

Cara Mencegah Tumpukan Plak Gigi

Gak cuma merokok, ada hal lain yang diperhatikan untuk cara mencegah tumpukan plak gigi. Sobat… Read More

2 hari ago

Keahlian Wajib Seorang Leader Untuk Sukseskan Bisnis

Skill atau keahlian wajib seorang Leader apa saja yang harus dimiliki jika ingin memimpin sebuah… Read More

4 hari ago

Strategi Usaha Kopi Bertahan Di Masa Pandemi

Gookalian memberikan beberapa tips strategi usaha kopi bertahan di masa pandemi yang bisa sobat terapkan.… Read More

4 hari ago

Efek Terlalu Banyak Minum Teh Untuk Kesehatan

Segala yang berlebihan tidak baik, termasuk terlalu banyak minum teh dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan.… Read More

5 hari ago