6 Peluang Usaha Bagi Mahasiswa yang Terbukti Menghasilkan

Peluang usaha bagi mahasiswa

Peluang usaha bagi mahasiswa yang terbukti menghasilkan uang merupakan pilihan terbaik bagi kalian saat ini yang ingin menjalankan usaha sampingan sembari kuliah.

Apalagi ditengah kondisi carut marut setelah pandemic, dimana hampir segala sektor mengalami kesulitan finansial hingga sempat terjadi PHK masal.

Lalu, apa hubungannya bagi mahasiswa ?

Jika orang tua mereka yang terkena PHK, maka jelas hal ini akan sangat menghawatirkan kelangsungan proses kuliah mereka. Jangan sampai sudah setengah jalan tapi harus berhenti karena kendala biaya.

Jadi, pada pada artikel ini saya akan berbagi beberapa ide usaha sampingan yang dapat di jalankan oleh mahasiswa sambil kuliah. Apa sajakah itu ?

Peluang usaha bagi mahasiswa
Peluang Usaha Bagi Mahasiswa yang Terbukti Menghasilkan Uang

Jualan makanan secara online

Usaha makanan yang cocok untuk mahasiswa dalam hal ini yaitu jualan bakso dan salad buah.
Terdengar sepele ? Tapi jangan salah ya, karena tepat di belakang rumah saya ada mahasiswi semester 2 yang telah sukses berjualan aneka olahan dari bakso dan salad buah.

Cara jualannya pun terbilang cukup mudah karena dia hanya memanfaatkan media promosi online seperti media sosial facebook dan whatsapp. Dari lingkungan tempat tinggal sekitar ada saja yang order setiap hari.

Inilah juga merupakan salah satu kelebihan dari online shop karena bisa dijadikan bisnis rumahan untuk mahasiswa.

Jika saja kamu bisa seperti dia kemudian ditambah promosi dengan lingkup yang lebih luas seperti di kampus, pasti akan cepat berkembang asalkan menyesuaikan dengan harga budget mahasiswa.

Jualan makanan online di kampus itu juga usaha yang cocok untuk mahasiswa kost karena bisa menjadi bisnis jangka panjang untuk mahasiswa. Kamu tak perlu malu, selagi itu halal kenapa tidak ?

Peluang usaha bagi mahasiswa

Jasa Pengerjaan Tugas (Joki Skripsi)

Usaha ini bisa dikatakan sangat menjanjikan karena setiap tahun ada ribuan mahasiswa yang harus membuat skripsi sebagai syarat kelulusan mereka.

Bagi mahasiswa reguler yang punya waktu banyak tentu skripsi tidaklah menjadi masalah. Tapi bagi mahasiswa kelas eksekutif atau ekstensi yang mengambil kelas khusus karena di sambi kerja, pasti sebagian besar akan menggunakan jasa joki skripsi.

Saat saya kuliah dulu, banyak teman-teman saya menggunakan jasa tersebut. Mulai dari harga 500.000 Rupiah sampai 2.000.000 Rupiah. Tiap fakultas dan universitas pun mempunyai harga yang berbeda, semakin bonavit kampus tersebut maka akan semakin mahal jasanya.

Peluang usaha bagi mahasiswa

Jasa Pengetikan dan Print

Jasa pengetikan dan print bisa dibilang sudah hampir menghilang karena perkembangan zaman, dimana kita sudah bisa menulis melalui perangkat smartphone kita. Namun tetap saja ada beberapa mahasiswa yang masih memerlukan jasa pengetikan ini.

Apabila kamu punya printer dirumah yang jarang terpakai, cobalah untuk memanfaatkannya dengan membuka jasa tersebut. Teman saya saat ini masih menjalankannya dan mematok harga Rp.500 untuk satu halaman hitam putih dan Rp.1000 – Rp.3000 untuk halaman berwarna. Bergantung pada besar banyaknya halaman yang berwarna.

Menjadi Freelancer

Freelancer merupakan contoh bisnis online kreatif mahasiswa yang terbukti masih menghasilkan uang. Karena pekerjaan tak selalu harus mempertemukan pihak 1 dan pihak 2 secara langsung, kamu juga dapat melakukan pekerjaan ini kapanpun dan dimanapun. Bagi mahasiswa yang mempunyai banyak waktu luang, menjadi freelancer mungkin menjadi solusi bagi keuanganmu.

Banyak sekali orang-orang atau perusahaan yang membutuhkan seorang freelancer untuk membatu pekerjaannnya, Mulai dari membuat konten video, artikel, desain grafis, power point, pemrograman dll.
Kamu dapat memanfaatkan beberapa situs freelance seperti Upwork, Fiverr, projects dan lainnya. Situs ini sudah terbukti membayar, dan saya sendiri menggunakannya.

Menjadi Blogger/Youtuber

Jika kamu menginginkan penghasilan pasif maka menjadi blogger atau youtuber bisa jadi alternatif. Kamu cukup membuat konten yang dibutuhkan masyarakat agar mendapatkan banyak pengunjung ke website atau channelmu.

Jika sudah mempunyai travik yang tinggi maka kamu bisa mendapatkan penghasilan secara online dengan program monetisasi.

Ada banyak monetisasi untuk situs web seperti google adsense, mgid, adnow dll. Kemudian untuk monetisasi video, selain adsense kamu bisa bekerjasama dengan perusahaan untuk memasarkan sebuah produk tertentu.
Namun perlu ditekankan bahwa kamu tidak akan mendapatkan uang dalam waktu dekat jika belum memiliki skill untuk menunjang itu semua dan yang jelas semuanya membutuhkan usaha, waktu dan kerja keras.

Daily Worker

Pekerja harian mungkin cocok bagi kamu yang menginginkan pengalaman kerja yang lebih, selain itu kamu juga akan dibayar dengan harga yang pantas.

Mungkin bagi kamu yang tinggal dibali bisa dikatakan menjadi daily worker cukup mudah. Dalam kondisi ramai atau banyak event, hotel-hotel akan membutuhkan bantuan daily worker untuk menghandle event tersebut.

Beberapa divisi yang membutukan yaitu F&B, Engineering, Kitchen dan Housekeeping. Bayaran yang diterima pun bervariasi bergantung pada hotelnya, mulai dari Rp.105.000 sampai Rp. 180.000 dengan 8 jam waktu kerja.

Demikian beberapa peluang usaha bagi mahasiswa yang dapat saya bagikan artikel ini, semoga ide usaha diatas dapat menarik minat kamu untuk memulai bisnis dari sekarang. Salam sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *