Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Keyboard komputer tidak bisa mengetik angka disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan beberapa tips dari Gookalian dibawah sobat bisa tetap menggunakan tombol angka pada komputer.

Beberapa tombol di keyboard komputer terkenal panjang dan banyak. Setidaknya ada dua deretan angka 0-9 (khususnya) yang ada di bagian atas tombol qwerty dan bagian kanan berjejer layaknya telepon. Keduanya sama-sama bisa sobat gunakan untuk mengetik. Terkadang karena beberapa kesalahan, tombol angka tersebut tidak bisa ditekan. Tidak muncul angka yang diinginkan di layar komputer, padahal yang lainnya bisa. Lalu bagaimana cara memperbaiki atau mengatasinya?

Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Beberapa kasus mungkin hanya tidak sengaja terpencet sehingga menonaktifkan fungsi keyboard. Sebelum akhirnya memberikan vonis pada kerusakan keyboard yang sobat miliki. Ada baiknya sobat memperhatikan beberapa langkah dibawah ini terlebih dahulu.

1. Menekan Tombol Numlock

Dibagian atas sebelah kiri bagian tombol angka (kanan seperti telepon) terdapat tombol Numlock. Tombol ini berfungsi untuk mengunci angka sehingga ketika papan ketik bagian kanan ditekan, munculnya angka. Coba sobat lihat, beberapa keyboard standar terdapat tulisan Home pada angka 7, End di angka 1, Pgdn di angka 3 dan lain sebagainnya. Ketika Numlock tidak diaktifkan, maka tombol-tombol sekunder itu yang akan muncul ke komputer.

Lalu bagaimana cara mengetahui Numlock belum diaktifkan? Biasanya di bagian pojok keyboard ada lampu indikator. Pastikan lampu indikator Numlock hidup, sehingga karakter yang sobat tekan di keyboard menjadi angka. Jika tidak terdapat lampu, bisa coba tekan pada Numlock kemudian cobalah mengetik dengan angka untuk memastikan keluar karakter angka, artinya sudah aktif.

Untuk laptop, tombol Numlock biasanya perlu kombinasi seperti Fn. Pastikan aktifkan pada keyboard laptop sobat dengan tombol kombinasi dengan menemukan tulisan Numlock.

2. Menggunakan Fungsi Windows Untuk Pemecahan Masalah

Terdapat menu Troubleshoot atau pemecahan masalah yang bisa diakses melalui cara dibawah ini:

  • Tekan tombol windows
  • Ketik Control Panel, kemudian jika menu sudah muncul pilih
  • Pada bagian pojok kanan atas klik kiri Search Control Panel
  • Ketikkan Keyboard
  • Pilih menu Find And Fix Keyboard Problems (dibawah menu Troubleshooting)
  • Jalankan fungsi pembenahan sistem dengan klik Next sampai selesai
  • Setelah itu Restart/Hidupkan Ulang komputer sobat

3. Update Driver Keyboard

Driver juga bisa jadi masalah ketika dalam penggunaan papan ketik. Beberapa perlu diupdate sehingga menyesuaikan dengan sistem yang lebih baru. Perbaiki driver papan ketik komputer sobat dengan:

  • Tekan tombol Windows (bisa juga dengan mouse menekan ikon Windows pojok kiri bawah)
  • Ketikkan Device Manager, lalu pilih menu yang sesuai pencarian tersebut. Bisa juga dicari dari menu Control
  • Panel
  • Klik dengan mouse tanda > sebelah kiri Keyboard
  • Klik kanan pada Keyboard (pilih salah satu yang sesuai)
  • Update Driver
  • Tunggu beberapa saat sampai diperbarui selesai
  • Hidupkan ulang komputer sobat

4. Atasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka Karena Rusak

Beberapa langkah diatas sudah kita lakukan, namun masih belum mendapati angka dalam keyboard bisa muncul ketika ditekan. Ada kemungkinan kerusakan pada tombol angka yang dimaksud tersebut. Beberapa langkah dibawah ini diperlukan untuk mengatasinya:

Membersihkan Tuts

Congkel dengan tangan keyboard yang tidak bisa ditekan. Bersihkan bagian bawahnya dengan sikat/kuas bersih. Bila perlu dengan cairan seperti alkohol.

Menggunakan On Screen Keyboard

Menampilkan papan ketik di layar kemudian sobat bisa memilih satu persatu karakter/angka. Memilihnya menggunakan mouse yang diklik pada layar. Untuk mengaktifkannya:

  • Tekan tombol Windows
  • Ketikkan On Screen Keyboard
  • Pilih menu tersebut lalu klik untuk membukanya
  • Tempatkan kursor mouse yang sesuai untuk menempatkan angka
  • Klik untuk mengaktifkan On Screen Keyboard dan mulailah memilih angka untuk dimasukkan

Ganti Keyboard Atau Gunakan Eksternal

Jika memang On Screen Keyboard sangat tidak nyaman digunakan. Sobat perlu mulai memikirkan membeli keyboard baru. Keyboard eksternal untuk kasus laptop yang bisa dicolok menggunakan USB. Atau untuk komputer jika masih ada colokkan PS2 bisa disesuaikan.

Itulah beberapa solusi untuk sobat yang mengalami masalah angka yang tidak bisa ditekan. Mulai dari solusi mudah hingga penggantian keyboard karena kerusakan papan ketik yang tidak bisa dikembalikan seperti semula. Untuk cara nomor 2 dan 3 pastikan komputer kamu terhubung ke internet. Karena membutuhkan komunikasi secara online dalam perbaikan sistem dan mengunduh driver terbaru.

Check Also

kekurangan android 11

Kekurangan Android 11 Yang Harus Sobat Tahu

Dengan mengetahui kekurangan Android 11, sobat bisa menentukan apakah ponsel yang sekarang ini bakalan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *