Senin , September 26 2022

Cara Agar Tofu Tidak Hancur Saat Dimasak

Perlu memperhatikan cara agar tofu tidak hancur ketika dimasak. Bahan makanan yang terkenal lembut ini memang perlu cara khusus agar tidak rusak atau hancur ketika diolah untuk sajian kesukaan kita. Paling sering banyak dari mereka yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam memasak tofu salah satunya ketika mengaduknya. Lalu adakah cara supaya si lembut nan gurih ini tidak hancur ketika diolah menjadi masakan tertentu? Gookalian punya beberapa tipsnya.

Cara Agar Tofu Tidak Hancur Ketika Dimasak

Berikut ini beberapa tips cerdas supaya memasak tofu lebih menyenangkan dan tidak terlalu khawatir rusak. Praktikan di rumah atau ketika sobat ingin belajar membuat hidangan dari bahan ini:

Rendam Tofu Saat Masih Dalam Kemasan

Salah satu cara agar tahu yang lembut ini tidak hancur adalah merendamnya dalam air hangat ketika belum dibuka. Sebelum sobat memotongnya lakukan hal ini, biarkan setidaknya 10-15 menit. Tofu akan lebih mudah dipisahkan dari wadahnya karena reaksi air hangat. Sehingga saat dibuka tidak hancur dan tetap dipertahankan bentuknya.

Merendam Tofu Untuk Mengetahui Kualitas

Tofu yang bagus ketika direndam tidak membuat air berubah menjadi keruh. Permukaan tofu yang sudah berlendir juga menjadi indikasi bahwa mungkin sudah tidak baik untuk dikonsumsi. Terlalu lama disimpan atau berada di ruang pendingin, membuat perubahan tekstur tahu lembut ini. Sehingga kalau kondisinya sudah tidak bagus, akan lebih mudah hancur ketika dimasak.

Cara Mengaduk Tofu Agar Tidak Hancur

Sepertinya akan lebih sulit jika mengaduk tofu saat memasak model kuah atau tumis. Gerakan gagang pengaduk akan sangat merusak tekstur tofu sebelum disajikan diatas piring. Apalagi beberapa orang menganggap tofu seperti halnya ketika memasak daging, meskipun bentuknya hampir sama ini yang membuat tofu hancur karena terlalu keras.

Baca Juga!  Cara Agar Buah Tidak Dihinggapi Lalat

Mengaduk tofu dengan lembut diatas tempat memasak adalah kuncinya. Ini untuk jenis tofu yang tidak terlalu lembut. Gunakan pengaduk dari kayu untuk memindahkan saja, tidak memutar. Gunakan panci dengan gagang dan gerakkan ke atas agar tofu turun dan memutar sendiri mengenai bumbu.

Sebelum dimasukkan ke panci masak, tofu direndam dahulu dengan air hangat seperti saat masih dalam kemasan. Hal ini akan mempertahankan tekstur menjadi tidak mudah hancur.

Menggoreng Tofu Terlebih Dahulu

Untuk mempertahankan tekstur tofu untuk kemudian dimasukkan dalam masakan lain, cara agar tofu tidak hancur adalah digoreng. Permukaan yang terkena panas dan minyak akan mengering dan memadat. Gunakan minyak juga untuk merendam tofu dengan sempurna. Ketika tofu tidak mudah hancur karena permukaannya telah menjadi crispy, maka sobat bisa mengaduknya seperti biasa untuk masakan tertentu. Meskipun harus melakukan double cooking atau istilahnya memasak dua kali kurang efektif. Hal ini bisa mengatasi tofu yang mudah hancur.

Atur Ketebalan

Setidaknya ukur 1-2 cm sebelum tofu dilanjutkan untuk dimasak. Gunakan pisau yang tajam untuk membuat dadu. Potong dengan lembut tapi cepat agar tofu terpotong dengan sempurna persegi. Ketebalan tofu juga memengaruhi nantinya ketika dimasak, terlalu tipis akan membuatnya mudah hancur.

Beberapa tips mencegah tofu hancur bisa sobat terapkan untuk berbagai jenis masakan. Adapun untuk hidangan sup, bisa saja tofu tidak perlu diaduk untuk menjaga bentuknya hingga sampai di atas sendok makan nantinya. Cobalah beberapa tips tersebut dirumah untuk pengalaman yang lebih baik.

Sobat juga perlu tahu beberapa jenis tofu. Ada yang paling lembut hingga yang paling keras yang sebagian sudah diberi bumbu sebelumnya. Tofu yang mudah hancur biasanya karena tidak di press. Untuk tofu jenis dipres akan lebih mudah mengolah karena teksturnya lebih keras dan padat.

Baca Juga!  Persiapan Menu Makanan Puasa di Bulan Ramadhan

Check Also

croffle makanan

Mengenal Croffle Makanan Kekinian

Apakah sobat pernah mendengar Croffle makanan yang tidak boleh dilewatkan trennya saat ini? Sobat juga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.