Cara Membuat Sekam Bakar Skala Rumahan

Cara Membuat Sekam Bakar Skala Rumahan – Jika kamu banyak mencari video di youtube seputar cara membuat sekam bakar terbukti berhasil 100% tanpa hangus, Kamu tidak sendirian. Beberapa bulan ini beranda youtube-ku isinya juga sama persis diatas.

Dalam waktu kurang lebih 2 bulan ini, aku mencoba hal baru. Aku menganggapnya unlock skill. Iya, aku mencoba untuk mulai bercocok tanam dengan modal seminimal mungkin, tapi mendapatkan penghasilan sebesar mungkin. Prinsip ekonomi berlaku lah, ya.

Aku juga banyak mencari banyak materi dari youtube dan memilah-milah mana yang cocok, atau mana yang bisa aku terapkan di lingkungan rumah sekitarku. Dan mulai saat ini mungkin blog ini akan banyak berisi seputar kegabutanku dalam menjalani hidup :v

sekam bakar gookalian

Cara Membuat Sekam Bakar Skala Rumahan

Cara ini sebetulnya kurang efisien untuk skala besar, cocoknya untuk rumahan yang ingin membuat sekam bakar untuk kebutuhan menengah ke bawah. Metode yang aku gunakan yaitu sangrai sekam dengan menggunakan kuali tanah dengan kayu bakar di rumah.

Baca Juga!  Tips Mengurangi Stres Akibat Keuangan Keluarga

Asal Sekam Padi

Oh iya! Sekam padi aku dapatkan secara gratis dengan mengambilnya langsung di tempat penggilingan padi di daerahku, jadi 100% ini gratis. Tetapi walaupun gratis aku hanya mengambil seperlunya saja. sekitar 2-3 minggu sekali aku hanya mengambil satu kresek saja tidak lebih.

Alat Untuk Membuat Sekam Bakar

Tungku kayu bakar dirumahu ada 3 lubang satu untuk masak pakan ternak, satunya untuk memasak air, dan satunya lagi kosong. Nah sisa dari kekosongan tersebut aku isi kuali dari tanah untu membakar atau sangrai sekam tersebut.

Jadi bisa disimpulkan alat dan bahan yang digunakan hanyalah : Tungku pembakaran, Kuali Tanah dan Sekam padi. Kalian bisa menambahkan semprotan air jika ada untuk menyemprot sekam bakar seteah terbakar semua.

Cara Membakar atau Sangrai Sekam Padi
Cara Membuat Sekam Bakar Skala Rumahan

  1. Masukkan Sekam Padi Mentah Kedalam kuali
  2. Tunggu sampai sebagian terbakar, lalu sangrai atau bolak balik sampai semua menghitam
  3. Jika sudah 70-80% terbakar angkat lalu tuang saja ke tanah atau media yang luas
  4. Diamkan dulu sebentar lalu ratakan sekam agar melebar, semprot dengan air dan mulailah membakar lagi.

sekam bakar

Gambar diatas adalah hasil dari sekam bakar sangrai sendiri. Hasilnya menurut saya sangat bagus, gratis tanpa harus membeli.

Tips Trik Sekam Bakar Sangrai

  • Jika api besar maka proses pembuatan jadi lebih cepat, tetapi kamu harus sering sangrai dan asap akan jadi lebih tebal yang membuat mata menjadi pedih.
  • Inti dari sangrai adalah timing dari bolak balik sangrai itu sendiri. Jika kamu sudah 2/3x percobaan maka kamu akan paham sendiri bagaimana trik yang cocok untuk kamu.
  • Usahakan setelah di entas atau dipindah ke tanah,selalu semprot dengan air, bisa dengan air biasa atau lebih bagus semprot dengan kandungan EM4 pertanian.
Baca Juga!  Ciri Anak Terlambat Bicara

Bagaimana jika tidak mempunyai tungku api dengan bahan bakar kayu

Aku pernah melihat metode lain yaitu menggunkan kaleng roti bekas. Caranya memasak sekam padi dengan media kaleng bekas roti dengan pembakarannya menggunakan kompor gas, hasilnya juga memuaskan.

Itulah sedikit tips cara sekam bakar sangrai ala rumahanku, semoga berguna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *