Kelemahan Usaha Katering Dan Cara Mengatasi

kelemahan usaha katering

Gookalian kali ini bakalan bahas kelemahan usaha Katering yang digunakan di banyak kesempatan seperti pernikahan atau acara sejenisnya. Kelemahan dalam bisnis adalah hal yang biasa layaknya pada menjahit. Yang paling penting adalah bagaimana menggapai peluang dan cara untuk mengatasi hal tersebut.

Kelemahan Usaha Katering

Usaha atau bisnis yang berhubungan dengan kuliner salah satunya adalah Katering. Selain kebutuhan dasar yang harus dipenuhi, usaha ini membuat pekerjaan orang-orang modern lebih ringan. Sebut saja ketika menggunakan model tradisional saat pernikahan, perlu orang banyak untuk jamuan makan. Jika dengan Katering, hanya membayar dan semua urusan hidangan tidak perlu lagi khawatir. Namun sebagai seorang pebisnis, perlu mengetahui kelemahan usaha tersebut.

Produk Tidak Tahan Lama

Saat dipersiapkan, hidangan Katering harus dimakan hari itu juga. Jika belum habis dalam waktu lama akan berbau atau tidak layak makan. Jika Katering dijadikan sebuah produk yang dijual artinya harus dihabiskan dengan menutup modal di hari yang sama.

Untuk itu, sobat perlu memperhatikan untuk menyesuaikan pesanan dibuat kurang dari 24 jam sampai 1 hari sebelum hari H untuk sajian makan sebuah acara. Apalagi hidangan yang lebih fresh saat acara berlangsung dapat memikat penikmatnya. Namun ini mungkin membutuhkan effort yang lebih besar karena berhubungan dengan tenaga, waktu dan pengalaman menyesuaikan kondisi lapangan.

Harga Bahan Pangan Fluktuatif Adalah Kelemahan Usaha Katering

Bahan baku menjadi kendala yang harus dihadapi oleh pemilik bisnis ini. Jika harga pangan naik, penyesuaian harga dan menu harus dilakukan agar tidak membuat rugi. Mengunggulkan kualitas rasa dan kuantitas maka harus menaikkan harga. Atau memilih menurunkan keduanya untuk menghemat pengeluaran, namun cenderung membuat pelanggan pergi karena rasa yang berubah. Penyesuaian ini tidak mudah ditambah tuntutan pelanggan yang tidak sesuai realita.

Keinginan Pelanggan

Terkadang konsumen memilih paket yang paling murah yang sobat tawarkan dalam bisnis Katering ini. Itu sudah disesuaikan dengan perhitungan harga pangan dan keuntungan yang akan didapat. Ada harga berarti ada rasa adalah hal yang mungkin tidak dimengerti oleh pelanggan. Contohnya permintaan yang muluk-muluk dibandingkan dengan jumlah dana yang dimiliki mereka. Inginnya enak, banyak, bervariasi tapi murah yang bikin sulit dituruti. Jika tidak, maka bisa dengan mudah mereka tidak lagi loyal sebagai pelanggan.

Ditambah lagi dengan beberapa poin kekurangan yang mengikuti;

  • Banyak pesaing
  • Sajian harus enak di lidah banyak orang
  • Tenaga dan manajemen waktu yang membutuhkan pengalaman

Cara Mengatasi Kelemahan Usaha Katering

Usaha katering tidaklah mudah, selain penuh dengan kompetisi industri membuatnya cukup sulit untuk mengembangkannya. Beberapa tips yang bisa sobat pelajari dari Kevin Caples, koordinator salah satu usaha Katering di Chicago Amerika (Arbor Catering) tentang bagaimana menumbuhkan bisnis katering.

Kreatif Dengan Marketing Sobat

Terlalu banyak bisnis katering yang menyebarkan pamflet,koran atau tulisan agar mencapai pembaca yang minimal tahu dan memesan. Jadi sobat perlu keluar dari persaingan tersebut. Buatlah tenaga marketing online yang kreatif yang menjadikan katering milik sobat lebih otentik dari lainnya.

Selain hanya online, Arbor Catering memiliki ciri khas produksi lebah madu di bagian atapnya. Ini membuat orang penasaran dengan sajian katering dengan bahan dari madu yang dibuat. Sobat juga bisa membuat sajian katering yang sesuai dengan asupan diet yang dibutuhkan. Sehingga lebih sehat dan disukai orang dengan pantangan makan tertentu.

Membuat Acara Menarik Pelanggan

Salah satu cara marketing ini adalah mengundang orang ternama atau memiliki pangkat untuk datang jamuan. Bisa juga dengan mengundang para kawula muda yang kemudian tujuannya untuk saling mengenalkan diri alias promosi. Sajikan menu yang enak dan jangan lupa kartu nama. Berikan diskon untuk berapa pelanggan pertama atau calon potensial.

Membangun Kepercayaan Dengan Pelanggan

Jangan sampai mereka pergi, lakukan komunikasi dengan pelanggan tentang apa yang dibicarakan orang-orang terhadap katering milik sobat. Berikan pelayanan yang memuaskan dari apa yang klien inginkan. Detail yang sangat kecil perlu diperhatikan sehingga ekspektasi yang pelanggan dapatkan sangat tinggi.

Jangan Sampai Menyia-nyiakan Pelanggan

Ketika sedang jamuan makan, latihlah team sobat untuk dapat menerima apa yang pelanggan inginkan. Bisa saja sebuah restoran biasa berubah menjadi model katering karena bisa memesan menu yang khusus. Atur dengan baik dan jangan lupa untuk menghandle nya. Program yang dimiliki katering juga perlu dipahami seluruh anggota, mengantisipasi ada yang bertanya. Momen penting dan dapat mengorganisasikan dengan efektif adalah kunci tumbuhnya usaha katering.

Gunakan Aplikasi/Web

Seluruh pesanan yang telah berlalu perlu dilacak. Mengetahui trend kenaikan yang disukai pelanggan. Buat aplikasi atau web yang bisa mudah diakses semua orang untuk mempercepat kerja dan memanajemen pada saat sajian dilakukan. Dengan pelanggan yang bisa pesan melalui aplikasi, maka sudah tidak ada lagi pesanan yang tercecer.

Terakhir, tambahan tips yang bakalan membuat usaha katering kamu lebih unggul:

  • Memberikan reward/hadiah bagi mereka yang menawarkan jasa sobat ke orang lain
  • Menu unik yang tidak biasa
  • Memperhatikan sajian yang fresh dan tahan lama
  • Bahan dari produsen langsung untuk harga lebih murah
  • Mencari ide dan melihat pertumbuhan bisnis Katering sobat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *