Rabu , September 28 2022

Kelemahan Usaha Laundry Dan Mengatasinya

Dalam bisnis kita perlu analisis, termasuk kelemahan usaha laundry masuk dalam kelemahan yang menjadi tantangan atau hal yang perlu diperbaiki. Beberapa sumber mengatakan bahwa usaha laundry tidak memerlukan mesin khusus dan modal yang tidak besar. Jika memang seperti itu, adakah kekurangannya? Informasinya dari Gookalian.

Kelemahan Usaha Laundry Dan Cara Mengatasinya

Sebagai salah satu jenis bisnis yang tidak menuntut keahlian khusus. Laundry terkadang jadi pilihan orang untuk menjalankannya. Perputaran uang pada bisnis ini juga cenderung tinggi karena kebanyakan pelanggannya akan mencucikan pakaian mereka seminggu dua kali. Namun sobat perlu mewaspadai beberapa kekurangan bisnis mencuci yang satu ini. Berikut beberapa kelemahannya:

Tidak Bisa Cukup Santai

Pelanggan hanya ingin tahu bahwa pakaian mereka harus bersih dalam jagka waktu tertentu. Waktu libur sekalipun yang seharusnya bisa digunakan untuk istirahat tidak bisa terpenuhi. Laundry harus terus berjalan memenuhi pelanggan dan kemungkinan tidak bisa libur jika sudah banyak.

Manajemen waktu cukup penting untuk hal ini. Sobat harus bisa menentukan waktu kapan harus menolak pesanan laundry. Terkhusus membandingkan dengan keuntungan saat itu, mungkin sobat bisa meningkatkan jumlah pesanan untuk hari tertentu dan memilih hari untuk berhenti. Atau lebih mudahnya tentukan hari dimana sobat tidak bisa menerima laundry, berikan kesepakatan untuk pelanggan yang hanya bisa pada hari tersebut.

Persaingan Banyak

Di kota besar atau disekitar wilayah banyak kos-kosan, usaha laundry menjadi primadona karena memenuhi permintaan orang-orang yang sibuk. Maka dari itu, usaha ini cukup diminati banyak orang. Jika sobat bisa menghitung berapa jumlah rumah dan penghuni serta statistik pekerjaan orang-orang disana, bisa jadi pertimbangan sebelum membuka bisnis laundry.

Baca Juga!  Aktivitas Tingkatkan Kerjasama Karyawan

Untuk mengatasi banyaknya persaingan, sudah pasti sobat harus menerapkan teknologi agar dapat antar jemput. Pelanggan tidak perlu lagi datang, cukup mengumpulkan baju kotor, dan secara otomatis dikembalikan dalam keadaan bersih. Sediakan sebuah tempat khusus dimana pelanggan bisa memanfaatkannya untuk menyimpan cucian kotor sendiri.

Selain itu untuk mengatasi kelemahan usaha laundry, bisa menerapkan promo, kupon, undian berhadiah, dan sejenisnya untuk menarik lebih banyak pembeli. Apalagi saat buka baru, mungkin bisa membanting harga separuh dari pasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan tentunya dengan dibantu promosi juga.

Komplain Pelanggan

Bisnis laundry tidak akan lepas dari yang namanya komplain pelanggan. Karena kita hanya berharap pada mesin cuci yang tidak merusak pakaian atau merubah warna pakaian pelaggan. Sehingga perlu perlakuan khusus sekali agar tidak terjadi keluhan pelanggan. Umumnya bisnis laundry bisa tersebar melalui mulut ke mulut, jadi kalau performa bisnis sobat menurun sedikit bisa jadi ada penurunan jumlah pelanggan juga.

Sobat bisa terapkan sebuah cara khusus ekstraordinari dengan menambahkan layanan khusus mencuci dengan manual. Sebagai sebuah garansi untuk tidak akan merusak pakaian pelanggan mungkin hal ini diperlukan. Jangan lupa untuk menghitung apakah worth it untuk menetapkan jenis pelayanan ini.

Adapun mencegah komplain, setidaknya bagian depan benar-benar harus bisa memastikan perlakuan apa yang tidak boleh untuk pakaian tertentu milik pelanggan. Informasi ini penting untuk menjaga pakaian tetap utuh dan sesuai dengan kondisi awalnya. Tambahan biaya bisa diterapkan untuk hal kecil yang menurut pelanggan bisa memuaskan kebutuhan mereka.

Modal Besar

Peralataan laundry untuk skala kecil sekalipun tetap membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika membaca pasar yang dilakukan sobat sesuai, kemungkinan besar bisa balik modal dalam jangka waktu yang pas. Mencari teman kerja untuk membangun bisnis dan mencari modal mungkin diperlukan. Namun hal tersebut mungkin tidak mudah apalagi mencari orang kepercayaan yang bisa diajak maju bersama.

Baca Juga!  Ketahui Perbedaan Reseller Dan Dropship

Tak hanya dari modal yang besar, perawatan mesin laundry juga tidak murah . Untuk mengatasi hal ini, perkuat jejaring untuk mendapatkan channel yang bisa memberi perawatan murah. Termasuk join dalam komunitas-komunitas berhubungan dengan bisnis ini untuk dapat menghemat pengeluaran. Misalkan komunitas parfum, sabun, mesin cuci untuk maju bersama-sama mereka punya solusi untuk sobat.

Check Also

Kelemahan Usaha Toko Bangunan

Kelemahan Usaha Toko Bangunan Tips Mengatasi

Gookalian akan membahas kelemahan usaha toko bangunan serta beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.