Cara Resign Kerja Elegan Mundur Keren

Pengunduran diri lewat cara resign kerja elegan adalah ideal untuk sobat sehingga akan bermanfaat dan terencana dengan baik. Sebagai sebuah langkah mengakhiri pekerjaan di perusahaan atau ingin berpindah tempat kerja adalah istilah lain dari resign. Hal ini tidak selalu bersifat negatif karena ada banyak hal yang mendasari mengapa orang keluar dari pekerjaan. Mereka juga bisa memiliki kesempatan yang lebih baik tentunya.

Cara keluar dari pekerjaan bervariasi. Mungkin karena kekecewaan, pekerja langsung menghilang tanpa jejak atau diikuti dengan lompatan penurunan performa kerja. Hal tersebut tidak baik untuk dilakukan. Lalu bagaimana cara resign kerja elegan? Tipsnya dari Gookalian untuk sobat.

Cara Resign Kerja Elegan

Beberapa karyawan mendapatkan hal yang merugikan karena tidak mempersiapkan kepergian mereka dari perusahaan. Padahal kalau dipersiapkan dengan matang, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh mereka. Berikut ini tips dalam melakukannya:

Persiapkan Keuangan

Setelah berhenti bekerja, mungkin sobat akan mengalami jeda waktu tanpa pemasukkan. Karena sobat tidak akan mendapatkan penghasilan lagi sejak dikatakan berhenti. Untuk mereka yang hanya punya satu penghasilan/tunggal bisa mengalami keuangan yang tidak stabil. Apalagi jika seseorang tersebut memiliki anggota keluarga lain sebagai tanggungan.

Baca Juga!  Pengertian Modal dan Cara Mendapatkannya

Cara menghadapi keadaan tersebut adalah mempersiapkannya dengan menabung. Jauh-jauh hari hal ini harus sudah dilakukan untuk mengurangi resiko tidak memiliki dana yang cukup dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Setidaknya punya celengan yang bisa digunakan saat tidak ada pemasukkan.

Adapun kalau sobat sudah memiliki tempat kerja lain atau diterima di tempat lain. Tidak akan langsung menerima gaji kan? Sobat pasti harus mempersiapkan pola seperti jarak tempuh yang intinya pengeluaran. Selama belum menerima gaji, tabungan jadi andalan disini.

Meninggalkan Kesan Baik

Sebelum sobat keluar dari tempat kerja, sampaikan hal ini pada rekan kerja jauh-jauh hari termasuk pada atasan. Sehingga tepat di hari terakhir sobat bekerja, semua pekerjaan tidak ada yang tertinggal. Sehingga tidak membuat rekan kerja keberatan dengan tugas yang seharusnya sobat selesaikan.

Memberikan nilai yang baik atau menjaga performa kerja meskipun sobat sudah ingin keluar adalah kuncinya. Memiliki nilai lebih di mata perusahaan atau atasan memberikan kesan baik yang mungkin jika sobat masih dibutuhkan mereka akan welcome menerima.

Membicarakan Dengan Atasan Dan Rekan Kerja

Harus melakukan pembicaraan dengan atasan secara langsung seperti melakukan meeting bersama dengan kolega. Waktu tersebut bisa sobat jadikan momen untuk mengutarakan pengunduran diri secara baik-baik. Sampaikan dengan profesional jika benar-benar ingin bertekad untuk keluar.

Memberikan kesan baik untuk rekan kerja jug penting lewat membicarakannya jauh-jauh hari sebelumnya. Banyak dari mereka yang mungkin suka dengan performa kamu di perusahaan menanyakan perihal ini. Sobat bisa mengatakannya secara umum kepada mereka sebagai kolega biasa. Namun bisa juga membicarakan secara personal dengan kolega yang sangat dekat. Adapun untuk menjaga kerahasiaan, bisa menghubungi via media sosial atau cara komunikasi sejenis.

Baca Juga!  Cek Pinjol Ilegal Via Whatsapp

Melatih Karyawan Pengganti Baru

Ketika beberapa bulan sobat telah mempersiapkan hal ini dan perusahaan mungkin mempersilahkan. Perusahaan akan mencarikan orang baru yang menjadi pengganti. Orang baru ini merupakan kesempatan buat sobat untuk meninggalkan kesan baik disana.

Melatih pegawai baru dengan cara kerja efektif sesuai pengalaman sobat akan membuat perusahaan rugi. Tidak ada tugas terbengkalai karena orang baru yang menghambat salah satu bagian dalam pekerjaan. Dengan menyalurkan ilmu milik sobat, perusahaan menjadi tetap untung.

Itulah beberapa yang membuat sobat terkesan meninggalkan jejak baik di perusahaan. Sepertinya memang sulit tetap bekerja secara profesional meskipun sedang diancam atau akan dijatuhkan orang lain dalam perusahaan. Adapun tips lainnya yang tidak kalah penting untuk cara resign kerja elegan:

  • Menulis surat pengunduran diri
  • Mengundurkan diri sesuai prosedur perusahaan
  • Telah memiliki progres kerja lain yang langsung bisa digunakan
  • One Month Notice atau sebulan persiapan sebelum keluar
  • Menghilangkan jejak digital pada peralatan perusahan (komputer)
  • Melakukan pembaruan CV dan data diri

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *