Keahlian Wajib Seorang Leader Untuk Sukseskan Bisnis

Keahlian Wajib Seorang Leader

Skill atau keahlian wajib seorang Leader apa saja yang harus dimiliki jika ingin memimpin sebuah bisnis? Gookalian berikan informasinya dilansir dari European Business Review yang akan membuat sobat terinspirasi. Sehingga memiliki skill pejuang seorang Pemimpin atau Leader.

Soft skill salah satunya yang sangat penting bagi seorang profesional yang harus dimiliki setiap orang. Meskipun setiap Leader pasti punya skill unik tersendiri, keahlian ini tidak bisa diabaikan. Begitu pula berbagai keahlian yang bakalan ditulis dibawah ini, jangan sampai ketinggal buat sobat yang menjiwai seorang pemimpin.

Keahlian Wajib Seorang Leader Untuk Kesuksesan Bisnis

Soft skill cukup diperhitungkan juga dalam dunia kerja dan bisnis. Namun tidak semua keahlian bisa pas ditempatkan pada sebuah jenis bisnis atau pekerjaan. Jika sobat adalah bos atau seorang manajer, berikut keterampilan yang harus dimiliki untuk profesional menuju kesuksesan dalam bisnis.

Leader Harus Cakap Berkomunikasi

Sudah pasti kewajiban utama dan dibutuhkan secara universal. Seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi baik dengan mitra kerja atau bawahan. Berkomunikasi dengan berbagai pihak adalah kunci yang paling penting untuk melakukan pencapaian atas sesuatu. Beberapa kategori skill komunikasi yang secara esensial diperlukan:

Cepat berpikir dalam memberikan jawaban dan opini dengan metode tertentu (Thinkers)
Bersosialisasi dengan cepat yaitu dengan mudah memproses informasi lewat sebuah percakapan (Socializers)
Berorientasi pada relasi/jejaring untuk memperluasnya dengan memproses informasi lebih lambat dari Socializers (Relaters)
Berorientasi pada tindakan dan berkembang dalam pengambilan keputusan yang cepat dan efisien (Directors)

Seorang pemimpin harus dapat mengerti dan beradaptasi dengan berbagai jenis cara orang berkomunikasi di dunia. Bahkan mereka seringkali menyesuaikan diri dengan jenis-jenis komunikasi dalam sebuah grup. Inilah esensi dari komunikasi itu sendiri yang harus dibawa oleh Leaders.

Berorientasi Pada Perkembangan Bisnis Adalah Keahlian Wajib Seorang Leader

Seratus tahun yang lalu, seorang Leader perlu berpegang teguh pada poin-poin penting kemapanan bisnis. Berbeda dengan zaman sekarang, bisnis tidak berpaku pada teori-teori lama lagi yang seharusnya dibuang. Mindset yang kini berkembang adalah selalu berinovasi dan beradaptasi dengan berbagai situasi yang ada. Menjalankan bisnis dengan konsep fleksibel dan terus mencari solusi atas keadaan yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Contohnya seperti pandemi Covid-19 tahun 2020 hingga saat ini yang memaksa segala jenis pemilik bisnis memutar otak keluar dari permasalahan. Perubahan kerja dari kantoran biasa ke arah virtual dan bahkan sampai lemburan malam membuat pemimpin harus beradaptasi, belajar dengan situasi yang ada. Sehingga seorang bos atau manajer harus mulai memiliki sikap open-minded (mau terus belajar) atas apa yang dihadapi perusahaan. Segala sesuatunya kini menjadi online seperti perekrutan, penyelesaian pekerjaan dan pelatihan pekerja. Sudah pasti kepemimpinan kolot yang tidak mau berkembang/tumbuh akan jatuh.

Leader Harus Menginspirasi

Seorang pemimpin yang tidak dapat memberikan inspirasi pada pengikutnya hanyalah seorang yang dingin dan penuh perhitungan saja. Menginspirasi adalah memberdayakan bawahan atau pengikut lewat pengambilan keputusan yang lebih jauh. Ada beberapa cara untuk mengobarkan jiwa kepemimpinan:

  • Menginspirasi tim dengan passion dan visimu
  • Menginspirasi tim dengan memberdayakannya memiliki rasa kepemilikan atas pekerjaan mereka
  • Terus menjaga mereka untuk bertahan dengan meningkatkan skill

Membangun Hubungan Bukan Memutusnya

Jika sobat ingin mendapatkan hasil yang konsisten dari tim, harus bisa mentransfer informasi ke mereka dengan simpel. Dan juga membangun hubungan yang baik dengan mereka. Beberapa skill ini yang cukup penting dalam berkomunikasi/berhubungan. Namun untuk membangun beberapa skil dibawah ini tidak bisa dipelajari dalam semalam. Butuh belajar, berlatih dan pengalaman.

  • Empati yang harus dimiliki untuk mengerti dan merasa apa yang dirasakan saat berinteraksi dengan orang lain. Ini akan menjaga hubungan dengan baik orang yang bekerja denganmu dan yang kamu perintah
  • Manajemen konflik yang cepat dan efektif ketika terjadi harus dilakukan. Seorang Leader menengahi konflik dan menjadi Problem Solver ketika ada perbedaan pendapat.
  • Pendengar yang baik di setiap kesempatan. Pemimpin harus melakukan lebih atau menjadi contoh daripada orang-orang harus menirumu. Sangat penting ketika sobat secara aktif harus menjadi pendengar diantara para bawahan. Termasuk kemampuan merefleksikan yang dipikiran mereka dan tentunya memberikan opini sehingga mereka merasa didengar dan dimengerti.
  • Kecerdasan emosi juga harus dimiliki untuk mengontrol diri. Mempelajarinya akan dapat mengatur hubungan interpersonal dengan tim .

Percaya Diri Dan Calm

Percaya diri dengan apa yang dilakukan dengan berbagai situasi yang ada dan siap menerima setiap hasil. Begitupula tetap kalem meskipun kondisi krisis dan stres yang terus merongrong. Tetap memberikan solusi pada berbagai kondisi yang sulit.

Berjiwa Petualang

Mampu mempelajari hal baru dan menerapkannya kedalam bentuk lain secara inovatif. Dengan menjadi kreatif dan inovatif dari petualangan mereka, dapat mencari solusi untuk tantangan dalam bisnis.

Adapun berbagai skill diatas membutuhkan waktu dan belajar serta jam terbang pengalaman yang tinggi untuk bisa menguasainya. Bahkan prosesnya bisa sangat sulit karena harus menyesuaikan diri dengan keadaan, berpikir cepat dan kalem di waktu-waktu yang tepat. Hingga sampai pada keseharian seorang untuk menjadi sukses. Lengkapnya skill tersebut ada poin dibawah ini:

  • Selalu Berpikir Positif
  • Jujur dan transparan
  • Terus melengkapi setiap skill wajib diatas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *