Pengertian Embedded Insurance Yang Makin Berkembang

pengertian embedded insurance

Pernahkah sobat mengetahui pengertian Embedded Insurance ? Sebuah jenis asuransi yang saat ini tidak dapat dielakkan. Misalnya sobat ingin membeli mobil baru, pasti akan kepikiran tentang asuransi sebagai sebuah sandaran kedepan kalau terjadi apa-apa dengan mobilnya.

Namun sekarang ini faktanya bahwa: “Tidak ada orang bangun pagi lalu berpikir ‘aku ingin daftar asuransi’. Kebanyakan pasti berpikir ‘aku ingin beli hp baru atau panci baru”. Dan mungkin baru akan berpikir tentang asuransi ketika membeli mobil baru.

Sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya tentang asuransi, ada pada Embedded Insurance. Lalu apakah sebenarnya pengertian Embedded Insurance beserta contoh, manfaat dan jenis-jenisnya? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Pengertian Embedded Insurance Dan Contoh

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya asuransi tertanam, kira-kira apa maksudnya?

Embedded Insurance adalah konsep layanan asuransi yang langsung satu paket dengan barang ketika membelinya. Harga barang menyatu dengan proteksi yang diberikan dan memberikan layanan tersendiri pada waktu yang sama.

Embedded Insurance semakin relevan, personal, dan murah bagi pelanggan dimana mereka sangat membutuhkannya. Untuk pemilik asuransi, hal ini akan memberikan penghematan pengeluaran dari distribusi yang lebih murah. Untuk pemilik barang, menjadikan asuransi hal yang murah dan sangat relevan dengan ruang dan waktu.

Contoh yang paling simpel adalah ketika sobat membeli hp. Embedded Insurance merupakan asuransi yang sudah termasuk dalam pembelian. Jadi ketika ponsel pecah atau hilang, dengan kertas asuransi di dalam paket pembelian langsung bisa klaim dengan mudah. Tanpa harus membeli asuransi eksternal atau dari luar dengan biaya tambahan.

Ketika berlibur menggunakan jasa aplikasi tertentu, asuransi ini meng-cover hari per hari dimana pembayaran disesuaikan. Jadi hanya membayar untuk hari dimana sobat berlibur saja, ini menghemat pengeluaran pelanggan.

Manfaat Embedded Insurance

Sebuah sistem yang sebenarnya sudah eksis sejak tahun 1980 ini memberikan banyak keuntungan untuk kedua belah pihak asuransi. Bagi bank, akan mendapatkan tambahan dari menjual produk asuransi. Perusahaan asuransi melebarkan sayap untuk peningkatan penjualan. Sedangkan untuk pelanggan, mendapatkan peningkatan kepuasan pelanggan dan retensi.

Peningkatan penggunaan asuransi terjadi ketika asuransi dengan model seperti ini. Daripada menawarkan langsung ke pelanggan lebih baik menjadi partner produk asuransi. Banyak platform yang bisa disisipkan asuransi tertanam ini.

Perusahaan menawarkan produk atau layanan berbasis online atau digital membuka peluang untuk mereka bisa ikut trend dan menawarkan asuransi produk secara Embedded. Dengan ini, memanfaatkan asuransi masuk dalam aliran dana pembelian barang online tanpa Sales akan membuat asuransi makin relevan dewasa ini. Dan tentunya lebih baik daripada distribusi analog.

Jenis-Jenis Embedded Insurance

Setelah mengetahui pengertian Embedded Insurance dan serba-serbinya, berikut ini beberapa jenis asuransi tersebut. Yaitu:

Context Embedding

Disebut dengan penyematan konteks dimana ketika asuransi ditawarkan secara mandiri disamping produk yang dijual. Contohnya perusahaan mobil di laman websitenya menawarkan mobil, tapi terdapat iklan dan penawaran asuransi mobil terbaik. Ini sangat cocok untuk metode asuransi tradisional seperti kerusakan, kecelakaan, rumah dan lainnya. Partner memiliki afiliasi dengan tipe asuransi yang sesuai.

In-Flow Embedding

Terpaut dengan aliran/Flow pembelian atau transaksi yang terjadi pada barang jasa tertentu. Ketika konsumen membeli sebuah produk, maka diberikan tiket diskon untuk menggunakan jasa asuransi tertentu. Umumnya model ini cukup efektif dalam meningkatkan kesadaran pelanggan akan perlunya asuransi.

Bundled Embedding

Dengan model satu bundel ini, akan mengurangi gesekan atau pelanggan harus berpikir tentang asuransi. Karena produk asuransi sudah dijadikan satu dengan sebuah produk atau produk sampingan lainnya. Memberikan kenyamanan yang tinggi pada proses pembelian, dimana tidak perlu lagi melakukan pembayaran di tempat lain. Cukup satu tempat saja, sobat bisa membeli barang/jasa sekaligus dengan asuransi dalam satu waktu.

Trend industri otomotif sekarang telah menggunakan pembiayaan jenis ini. Ketika membeli mobil, tidak perlu menambah biaya lagi untuk asuransi. Namun, tinggal klaim saja ketika masalah terjadi karena sudah menjadi satu dengan biaya pembelian di awal. Ketika melakukan servis dimana mulai membayar (sudah habis jatah gratis), kemudian biaya tersebut dijadikan satu atau ditambah dengan biaya asuransi.

Begitulah pengertian Embedded Insurance yang merupakan sebuah ide untuk mendapatkan asuransi sepaket dengan pelayanan barang/jasa. Tetap dengan fungsinya yaitu memberikan perlindungan pelanggan atas terjadinya kerusakan, kehilangan dan sejenisnya namun berbalut teknologi yang terkini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *