Alasan Penting Kembali Bekerja Ke Kantor

Penting Kembali Bekerja Ke Kantor

Dewasa ini menjadi penting kembali bekerja ke kantor setelah sekian lama masa pandemi para pekerja harus Remote (dari rumah). Teknologi telah membuat pekerjaan jarak jauh berjalan dengan mulus. Banyak perusahaan yang melanjutkan trend Remote Working (bekerja jarak jauh) karena dinilai produktif dan fleksibel bagi karyawan.

Namun apakah akan selamanya akan terus bekerja secara daring? Beberapa opini mengapa cukup penting untuk kembali bekerja di kantor seperti biasa dibawah ini dikemukakan oleh Entreprenuer.com untuk sobat.

Penting Kembali Bekerja Ke Kantor Setelah Pandemi

Meskipun semakin banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan secara Remote. Hal ini menyebabkan perusahaan bisnis dan profesional cukup merugi. Karena kekurangan yang dimiliki oleh model pekerjaan jarak jauh ini diantaranya:

Berkurangnya Kolaborasi

Pekerjaan daring telah mengurangi hingga 23% kolaborasi atau kerjasama antar pekerja. Artinya lebih sedikit pekerjaan teamwork dan proyek pengembangan. Ini akan berdampak pada pekerja baru yang butuh berkomunikasi dengan kolega tidak dapat tercapai dengan baik. Padahal ini penting untuk transfer skil sehingga setiap pekerja bertanggung jawab terhadap kemajuan perusahaan. Kerjasama antar karyawan dapat secara efektif dipupuk secara offline. Berbeda kalau di kantor, akan lebih enak dalam berkomunikasi tentang hal ini tanpa terbatas koneksi internet atau ruang Meeting Online.

Berkurangnya Produktivitas

Meskipun kedengarannya pekerjaan jarak jauh adalah efektif, efisien, dan fleksibel bagi pekerja. Nyatanya tidak seperti yang digambarkan oleh orang-orang. Pekerjaan rumah atau melakukan hal lain diluar pekerjaan karena terlalu santai membuat orang menjadi tidak produktif dalam menyelesaikan tugas. Berbeda dengan pekerjaan yang dilakukan di kantor secara langsung dengan ruang dan waktu tepat.

Kurangnya Inspirasi

Lingkungan yang banyak orang dan kolega akan mempermudah pekerja dalam menciptakan inspirasi. Tanpa melihat kolega disekitar, saat bekerja jarak jauh mungkin inspirasi jadi kurang keluar. Tanpa ada pengaruh dari luar atau lingkungan, kreativitas menjadi menurun.

Pekerjaan Dan Kehidupan Sehari-Hari Tidak Imbang

Remote Working bisa membuat seseorang lupa waktu. Bahkan tidak tahu kapan seharusnya pekerjaan tersebut dihentikan untuk waktu lainnya. Banyak pekerja yang kebablasan bekerja hingga menghabiskan waktu jadwal kerja. Akhirnya meningkatkan stres dan rasa lelah karyawan akibat kehidupan rumah yang tidak seimbang.

Gangguan Meningkat Adalah Alasan Penting Kembali Bekerja Ke Kantor

Pekerja yang terlalu sering bekerja secara online akan mudah kehilangan fokus dan terganggu. Ada berbagai halangan di rumah yang muncul ketika bekerja secara online. Halangan dari pekerjaan rumah, mengurus keluarga, hingga hal lainnya membuat pekerja tidak fokus. Karena harus memperhatikan hal lain yang tidak sejalan dengan pekerjaan.

Penting Kembali Bekerja Ke Kantor Karena Kurangnya Hubungan Harmonis Dengan Kolega

Kerja jarak jauh juga dapat menyebabkan kurangnya hubungan dengan rekan kerja, yang sangat berbahaya bagi manajer yang tidak mendapatkan kesempatan untuk membangun keterampilan kepemimpinan mereka dan menciptakan ikatan yang lebih kuat dalam tim mereka. Hubungan sulit dibangun melalui pesan dan email atau melalui obrolan video.

Itulah beberapa alasan mengapa kerja jarak jauh atau Remote Working mungkin memiliki kekurangan. Sehingga penting kembali bekerja ke kantor untuk sobat. Agar lebih fokus dan belajar lebih banyak. Atau mungkin selang-seling antara pekerjaan jarak jauh dan di kantor lebih baik dilakukan daripada salah satunya untuk waktu yang lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *