Alasan Gagal Memulai Bisnis Online

alasan gagal memulai bisnis online

Alasan gagal memulai bisnis online sebenarnya hampir sama dengan bisnis biasa yang sifatnya offline. Hanya beda jenis atau cara kerjanya saja. Online atau offline sama-sama membutuhkan manajerial yang bagus. Tentunya untuk menghadapi berbagai tantangan dari dalam maupun luar.

Tantangan dan resiko adalah dua hal yang harus dihadapi oleh orang yang membangun bisnis. Dengan mengetahui keduanya, sudah pasti bisnis akan berjalan dengan baik termasuk didalamnya mengurangi resiko dalam bisnis.

Bisnis online juga butuh perjuangan yang sama kerasnya seperti bisnis biasanya. Namun poin positifnya pada bisnis ini adalah kebebasan yang dimiliki. Sobat bisa dengan mudah berhenti atau meneruskan berbisnis sesuai keinginan. Dan pastinya untuk mencapai kesuksesan atau laba yang banyak butuh perjuangan atau tidak bisa hanya semalaman saja.

Berbisnis online ditunjang oleh internet. Keberadaannya kini jadi kebutuhan sehari-hari manusia yang harus dipenuhi. Sehingga peluang untuk sobat yang ingin mencoba bisnis online baik berjualan produk atau jasa melalui dunia maya yang terbentuk oleh internet.

Namun ada beberapa hal yang membuat seseorang tidak bisa terus berkelanjutan dalam membangun bisnis online. Kegagalan ini disebabkan oleh beberapa hal yang akan Gookalian jelaskan buat sobat.

3 Alasan Gagal Memulai Bisnis Online

Secara teknis banyak faktor yang menjadi alasan mengapa bisnis online gagal dilakukan. Misalnya tidak menggunakan platform yang sedang naik daun layaknya Tik Tok. Ada juga dari segi promosi kurang hingga kurang memuaskan pelanggan. Namun ada hal lain yang diluar teknis seperti:

Tidak Memiliki Tujuan Jelas

Kurang jelas dengan apa yang ingin dicapai dalam bisnis online muncul dalam bentuk rasa bimbang. Sobat harus dengan tegas menentukan apa saja tujuan dari bisnis yang dibangun. Dengan menemui tantangan dan hambatan tersebut, untuk kemudian dihadapi demi tujuan yang terwujud.

Semua pekerjaan ini jangan sampai membuat sobat puas begitu saja. Sebelum tujuan tercapai, cepat puas pada hasil membuat sobat tidak fokus sehingga akan mudah menyerah.

Tidak Mencintai Proses

Segala sesuatu membutuhkan pengorbanan waktu, ide dan tenaga tidak terkecuali dalam bisnis online. Ketika kegagalan menerpa dan tidak ada keinginan untuk terus maju artinya peluang tersebut akan hilang. Proses naik turun dalam setiap bisnis adalah hal yng biasa terjadi.

Ketika sobat tidak mendalami bahwa kesuksesan adalah rentetan perjalanan panjang tentang proses, sejak saat itu malah menjadi kewalahan dan terombang-ambing.  Tidak fokus pada tujuan utama saat berproses menjadi hambatan menuju kesuksesan.

Sobat akan menemukan hal-hal monoton yang membosankan dalam mengelola bisnis online. Akan tetapi hal ini akan menjadi sebuah proses. Hadapi dan lalui proses tersebut hingga nanti menuju kesuksesan.

Tidak Cintai Hambatan

Terkadang ketika kita memulai sesuatu yang belum kita ketahui, kita merasa ragu. Tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki sendiri. Ketidakpercayaan diri selalu menyerang dan beranggapan bahwa kita mampu apa nggak sih? Lawan hal ini, bahwa setiap orang memiliki kemampuan.

Setiap orang juga memiliki kekurangan yang mungkin menghambat untuk sukses. Kita perlu mengalahkan berbagai hambatan tersebut dengan strategi-strategi seperti dalam analisis SWOT. Kita bisa mencari peluang dari keterbatasan yang dimiliki. Jangan pernah merasa rendah atau tidak mampu mengatasi berbagai hal.

Jadikan kekurangan sebagai semangat untuk terus dipacu. Terus membuat sobat bergerak dan mengatasi ber

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus memikirkan tentang bagaimana Anda bisa menjadikan kekurangan Anda tersebut sebagai semangat untuk menggerakkan Anda maju.

Itulah beberapa alasan mengapa seseorang bisa gagal dalam membangun bisnis online. Tulisan ini gak teknis-teknis banget kan? Intinya harus fokus, ikuti proses, dan handel kekurangan yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *