Kopi Kenangan Jadi Unicorn, Apa Saja Strateginya?

Sobat perlu tahu strategi apa yang membuat Kopi Kenangan jadi unicorn. Hal uniknya adalah perusahaan kopi yang hadir di 45 kota di Indonesia dan memiliki 3000 karyawan ini bertahan di masa pandemi. Sebuah terjangan yang bahkan membuat banyak perusahaan harus tumbang karena kondisi. Gookalian akan membahas apa yang bisa menjadi pembelajaran terkait Kopi Kenangan dalam meraih prestasi tersebut.

Pencapaian Kopi Kenangan Jadi Unicorn

Perusahaan minuman asal Indonesia yang telah menghasilkan 96 juta dolar ini punya nilai lebih dari 1 milyar dolar. Setelah mendapatkan pendanaan dari Internasional, Edward Tirtanata sebagai CEO Kopi Kenangan ingin meluaskan jejak kaki lebih luas di Asia Tenggara hingga ribuan kedai. Tambahnya, ingin menjadikan brand konsumen yang paling dicintai di Asia Tenggara merupakan misi jangka waktu 5 tahun.

Selama pandemi ini, perusahaan mampu membuka 191 cabang baru. Ini sekitar 41% lebih banyak dari tahun sebelumnya. Selama satu tahun masa itu juga, setidaknya 40 juta cangkir kopi telah mereka sajikan. Angka ini lebih banyak 10 juta dibandingkan tahun sebelumnya.

Keberhasilan dan misi tersebut memanglah bagus dipandang sebagai brand lokal yang mendunia. Tapi pernahkah sobat tahu apa saja strategi yang diterapkan sehingga Kopi Kenangan jadi unicorn saat ini?

Baca Juga!  Kunci Sukses Perusahaan Fintech Dekade Saat Ini

Strategi Kopi Kenangan Capai Unicorn Dan Hadapi Pandemi

Sejak dipimpin oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada tahun 2017. Kopi Kenangan kini menjadi perusahaan kopi dengan rantai paling besar dengan jumlah toko penjualan yang banyak seperti telah disebutkan diatas. Berikut ini dilansir dari berbagai sumber, sebagai berbagai strategi penyebab bisa bertahan di masa pandemi.

Mudah Diingat Dan Kekinian

Perusahaan harus punya nama yang simpel sebagai tahapan awal dalam membangun bisnis. Kesan familiar yang dimunculkan pada nama Kenangan membuat melekat di hati masyarakat. Daripada menggunakan kata yang kebarat-baratan, pemilihan nama ini cukup bagus. Kata kenangan sangat dekat dengan keadaan anak jaman now juga yang sering menyebutnya berbagai peristiwa dalam hidup. Ketika mereka ingat kejadian masa lampau, mereka akan ingat dengan kedai kopi yang puya rasa enak juga.

Positioning Dan Inovasi Produk Yang Ditawarkan

Ketika mendengar kata kopi, maka seseorang tidak akan ngopi tanpa tambahan camilan. Kopi Kenangan melebarkan produk yang mereka tawarkan seperti Chigo Fried Chicken, Cerita Roti, kue Kenangan Manis dan lainnya. Mereka dapat menikmati secangkir kopi dengan balutan teman ngemil yang renyah. Hal seperti inilah yang mampu menarik pelanggan selain terus meluncurkan menu-menu baru.

Strategi penempatan/positioning Kopi Kenangan adalah menyajikan kopi dengan harga tinggi pada rantai kopi Internasional. Sedangkan kopi yang lebih murah untuk dibeli di pinggir jalan. Keduanya yang membuat kopi ini terkenal untuk kalangan masyarakat biasa maupun kalangan atas.

Memanfaatkan Teknologi

Bekerjasama dengan aplikasi layanan antar jemput seperti Grab dan Go Food memudahkan orang-orang untuk memesan kopi secara online. Selain membuka stand untuk pembeli offline, Kopi Kenangan juga punya aplikasi sendiri. Banyak penawaran yang bisa dinikmati oleh pelanggan. Didalamnya juga terdapat informasi produk untuk memudahkan pengguna memilih jenis kopi kesukaan mereka.

Baca Juga!  Strategi Usaha Kopi Bertahan Di Masa Pandemi

Kualitas Produk Yang Terus Dipertahankan

Seperti layaknya membuat pelanggan terus bertahan dalam perusahaan. Kopi Kenangan membuat sebuah Kenangan Academy yang berfungsi mendidik barista agar selalu memiliki persepsi dan skil yang sama dalam membuat rangkaian produknya. Racikan kopi yang tidak berubah meskipun berbeda tempat atau cabang menjadi tujuan agar kopi tetap sama dimanapun. Selain pelatihan untuk yang meracik. Training juga dilakukan pada operasional gerai, layanan konsumen dan sistem pembayaran.

Strategi Bertahan Di Masa Pandemi

Perusahaan harus jeli dalam membaca perubahan pola konsumsi dan tren yang ada. Misalkan pada masa pandemi, CEO tetap menerima pelanggan dengan motto Sense of Security. Hal ini membuat pelanggan bisa lega melepas dahaga di kedai mereka tanpa memikirkan hal yang berat. Tentunya, penerapan protokol kesehatan ketat dilakukan untuk menjamin pelanggan nyaman dan aman ketika menyeruput kopi.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *