LJR Logistics: Air Freight Services Andalan Saya

Air freight services merupakan transportasi pengiriman barang dari tempat asal ke tujuan dengan menggunakan moda transportasi udara.

Layanan Air Freight ini sangat tepat bagi Anda yang ingin mengirimkan barang lewat jalur udara. LJR Logistics siap membantu Anda dalam pengiriman berbagai jenis barang mulai dari barang pecah belah (fragile goods), barang dengan daur hidup pendek (perishable goods), dan barang lainnya ke berbagai negara melalui jalur udara. Secara umum, penanganan dan pengiriman barang-barang spesial tersebut masuk dalam kelompok Special Shipment

Salah satu jenis jasa yang tersedia pada layanan Air Freight adalah General Cargo (kargo umum) yaitu meliputi barang-barang yang termasuk kategori umum. Contoh barang yang dimaksud seperti botol plastik, kain, dll, yaitu barang-barang yang tidak memerlukan penanganan khusus.

Selain Special Shipment dan General Cargo, satu lagi adalah Special Cargo Product. Yaitu kargo dengan penanganan khusus karena janji/komitmen (promise) yang dijanjikan kepada pengguna, misal: express cargo, courier service, same day delivery, dll. 

Untuk kategori layanan yang manapun juga, tim LJR Logistics yang profesional dan berpengalaman akan mengirim barang anda secara cepat, tepat, dan aman.

Air Freight Services 1

Kelebihan Air Freight Services daripada jalur pengiriman lainnya

Air Freight Services oleh LJR Logistics memiliki 3 kelebihan daripada pengiriman via jalur darat maupun laut. 

Baca Juga!  Meningkatkan Citra Bisnis Anda dengan Jasa Desain Company Profile
  • Angkutan dengan moda udara dapat mengirimkan barang dengan lebih cepat sehingga menghemat lebih banyak waktu. 
  • Tingkat keselamatan dan keamanan yang tinggi. Peraturan-peraturan penerbangan yang mengikat, baik dalam ruang lingkup nasional maupun internasional oleh ICAO (International Civil Aviation Organisation).
  • Kelebihan LJR Logistics selaku penyedia air freight services adalah lokasi gudang yang strategis, karena dekat bandara. Sehingga tidak ada tambahan biaya maupun waktu karena barang sudah diposisikan dekat sekali dengan bandara. 

Dokumen Pengiriman

Surat Muatan Udara (SMU) adalah sebuah dokumen yang memuat perjanjian pengangkutan barang melalui transportasi udara yang dilakukan antara pihak pengirim kargo dan juga pihak pengangkutan. Sehingga bisa digunakan sebagai tanda hak untuk penerima kargo agar mengambil kargo tersebut. SMU merupakan kontrak pengiriman yang dilakukan oleh pengirim barang dan perusahaan ekspedisi. 

SMU juga dapat difungsikan sebagai dokumen asuransi, yang dapat diklaim apabila pihak penerima menemukan terjadinya kecacatan pada barang yang dikirim. 

Apabila barang harus diambil sendiri di bandara, maka penerima barang akan mendapat surat pemberitahuan tentang adanya barang kiriman (Notice of Arrival).

Jika SMU digunakan untuk kargo udara dalam negeri di Indonesia, maka dokumen sejenis untuk kargo udara ke luar negeri adalah Air Way Bill (AWB). 

Penanganan Barang Air Freight

Di dalam penerimaan cargo melalui udara sangat diutamakan keamanan penerbangan (safety flight) karena hal tersebut maka penerimaan cargo harus memperhatikan:

Baca Juga!  Perubahan Link External di Website Gookalian.com

Isi di dalam cargo yang akan dikirim (content)

  • Berat cargo (weight)
  • Ukuran (dimension); Sesuai dengan pintu cargo (lebih kecil dari pintu pesawat)
  • Pembungkus (packing). Jangan sampai terbuka dalam perjalanan yang menyebabkan isi (content) kargo berceceran.

Isi barang haruslah:

  • Bukan barang terlarang (misal: narkoba)
  • Bukan barang berharga
  • Bukan barang yang mudah busuk
  • Bukan barang yang mudah pecah
  • Bukan binatang hidup
  • Bukan barang berbahaya lainnya (misal: peledak tanpa surat pengantar/keterangan yang memadai)

Kesimpulan 

Itulah sedikit ulasan tentang apa itu air freight beserta beberapa info terkait seputar air freight dan info pendukung lainnya.

  • Bahwa air freight itu adalah salah satu jenis transportasi pengiriman barang yang lebih efektif dan cepat karena menggunakan transportasi udara
  • Sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan pengiriman dengan tempo singkat, dan yang perlu diketahui juga semua yang berkaitan dengan pengiriman harus sesuai dengan peraturan yang berlaku (termasuk peraturan Bea Cukai).

Tentang LJR Logistics

LJR Logistics adalah jasa pengiriman cargo, yakni pengiriman dengan volume dan/atau berat yang besar. Termasuk pengiriman apparel dan pengiriman spare part kendaraan. Berdiri sejak 1998, LJR Logistics sudah memiliki 29 cabang di kota-kota besar di Indonesia. Whatsapp kami di 0811-400-1800. Anda bisa langsung memesan jasa kargo sesuai dengan kebutuhan.

Check Also

Spesifikasi Laptop Bisnis yang Dibutuhkan Bagi Seorang Arsitek 2

Penting! Ini Spesifikasi Laptop Bisnis yang Dibutuhkan Bagi Seorang Arsitek

Sebagai seorang arsitek, memiliki laptop bisnis yang tepat tidak hanya mempengaruhi produktivitas tetapi juga kualitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *