4 Aturan Layar Ponsel Anak

Aturan Layar Ponsel Anak

Apakah sobat ingin mengenalkan anak pada teknologi ? Aturan layar ponsel anak mungkin bisa jadi salah satu langkah pertama untuk mereka. Aturan-aturan yang baik ini akan membantu membatasi lama waktu anak bermain ponsel atau Screen Time yang mereka lalui. Pembelajaran akan dilakukan sesuai rekomendasi sobat sebagai orang tua yang benar!

4 Aturan Layar Ponsel Anak

Fungsi dari memberikan aturan layar ponsel adalah menyesuaikan Screen Time atau waktu penggunaan ponsel yang tepat. Agar anak lebih banyak bermain dengan lingkungannya untuk belajar daripada hanya didepan layar terus menerus. Lalu aturan apa saja yang perlu dipatuhi oleh anak-anak kita?

1. Limit Waktu Dengan Teknologi

Terdapat ahli yaitu American Academy of Pediatrics (AAP) yang memberikan petunjuk untuk kehidupan keluarga yang modern. Kummpulan para ahli ini memberikan saran untuk berbagai umur anak-anak berkaitan dengan lamanya penggunaan ponsel pintar.

Umur 0-18 bulan rekomendasinya adalah tidak boleh terpapar layar ponsel sedikitpun. Bahkan televisi juga tidak diperbolehkan. Hanya video Call dengan keluarga yang dibolehkan. Umur dibawah 2 tahun juga demikian sama untuk tidak dibiarkan bermain ponsel terlebih dahulu. Umur ini hanya diperbolehkan berinteraksi dengan orang-orang terdekat saja dan tanpa gangguan tontonan.

Untuk umum 2-5 tahun maksimal hanya 1 jam perhari dalam menatap layar ponsel pintar. Konten yang ditonton harus berkualitas dan disertai oleh orang tua bersamanya. Semakin besar anak semakin tinggi juga jumlah penggunaan layar smartphone. Hanya memberikan batasan tempat atau kondisi tanpa gangguan layar ponsel seperti di dapur, kamar tidur, saat makan dan didalam mobil.

2. Tanpa Smartphone Yaitu Aturan Layar Ponsel Anak

Membutuhkan waktu tertentu untuk tidak menggunakan ponsel pintar. Seperti halnya anak sobat tidak diperkenankan menggunakan ponsel pada saat ingin tidur atau makan bersama. Wilayah dan waktu tanpa ponsel ini akan punya peran dalam memberikan interaksi sosial yang sehat untuk anak dengan anggota keluarga lain. Saat di meja makan tidak boleh saling menatap layar gadget. Jaga interaksi antar keluarga daripada bermain dengan ponsel sendiri-sendiri.

Kondisi-kondisi tertentu juga diperlukan, seperti beberapa jam sebelum tidur malam dilarang menghidupkan ponsel. Bacakan cerita pada anak atau mengevaluasi apa kegiatan hari tersebut adalah beberapa kegiatan dengan anak sebelum tidur yang positif. Karena penggunaan ponsel dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu pola tidur anak sendiri.

3. Aplikasi Ramah Anak

Sobat mungkin hanya memperbolehkan anak melakukan pemasangan aplikasi yang aman seperti permainan POU dan sejenisnya. Jauh lebih baik lagi jika anak berinteraksi dengan aplikasi dengan kualitas konten dan edukasi yang bagus. Ada begitu banyak aplikasi yang mungkin kurang aman sehingga orang tua perlu mengawasinya. Jangan lupa untuk menghindari aplikasi yang punya banyak iklan dan kelakuan maupun konten tidak pantas. Sebisa mungkin menggunakannya tanpa jaringan agar konten tersebut tidak muncul.

4. Yang Berkelakuan Baik Saja

Aturan ini cukup unik karena akan membuat anak terbatasi. Sebut saja sobat tidak memperbolehkan penggunaan ponsel lebih lama alias dikurangi waktunya jika anak melakukan kenakalan. Kemalasan akan berbuah buruk yaitu waktu bermain ponsel akan lebih sedikit.

Terkadang terlalu banyak bermain ponsel juga berdampak pada masalah perilaku. Seperti game bertema kekerasan yang mempengaruhi mental anak perlu dihindari sebaik mungkin.

Itulah beberapa aturan tentang screen time atau lama penggunaan ponsel. Jangan biarkan si kecil bermain gadget sampai seharian. Nggak baik untuk kesehatan dan interaksi sosial. Jangan lupa untuk mendampingi anak selalu ketika membawa gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *