Rabu , September 28 2022

Tips Agar Update Sistem Android Lancar

Sobat butuh beberapa saran agar update sistem android lancar. Soalnya ketika melakukan pembaruan perangkat lunak merupakan kondisi yang rentan. Kalau proses update gagal, ponsel sobat bisa mengalami masalah seperti Bootloop (mentok logo), kedip-kedip hingga mati total. Beberapa hal perlu dipersiapkan hingga hal ribet sekalipun untuk berjaga-jaga diperlukan agar semuanya berjalan lancar. Bagaimanakah tipsnya? Gookalian sajikan untuk sobat.

Tips Agar Update Sistem Android Lancar

Beberapa hal perlu dipersiapkan sebelum, saat proses, dan setelah update dilakukan. Tentunya tujuannya untuk menghindari berbagai masalah setelah update. Karena banyak pengguna yang mengeluh setelah update pada ponsel android mereka. Maka dari itu diperlukan langkah-langkah dibawah ini:

Sebelum Update Sistem Android

Beberapa hal penting sebelum sobat bisa memperbarui perangkat lunak diantaranya:

  • Pastikan baterai diatas 70%
  • Penyimpanan tersisa banyak sedikitnya 20%
  • Mempersiapkan kuota internet
  • Pastikan sinyal stabil
  • Disarankan tidak sedang melakukan pekerjaan berat (meeting, bermain game dan sejenisnya)

Tips-tips tersebut memang cukup penting untuk dilakukan sebelum memulai mengunduh pembaruan perangkat lunak. Baterai wajib, karena proses update kalau kehabisan baterai bisa fatal menyebabkan mati total. Meskipun begitu sistem gak gampang tiba-tiba melakukan update meskipun baterai gak mendukung.

Soal penyimpanan, mengunduh pembaruan perangkat lunak itu berarti mengisi penyimpanan internal dengan file baru yang akan terpasang. Maka kegagalan update juga bisa disebabkan oleh penyimpanan ponsel yang penuh. Sedangkan sinyal berfungsi untuk memperlancar proses unduhan file perangkat lunak dari server.

Pada Saat Proses Update

Disini akan ada dua proses, pertama proses pengunduhan dan ponsel mati untuk melakukan peningkatan versi perangkat lunak. Keduanya juga butuh perlakukan khusus agar tetap lancar. Saran dari admin Gookalian agar update sistem android lancar ketika proses unduhan yaitu:

Baca Juga!  Agar Motor Lulus Uji Emisi
  • Unduh pembaruan menggunakan wifi yang kencang dan stabil
  • Tidak keluar dari halaman update. Aplikasi dimana proses pengunduhan perangkat lunak sedang berlangsung. Biarkan saja layar berada di situ hingga proses unduhan selesai
  • Tidak melakukan multitasking atau buka tutup aplikasi lainnya. Hal ini dapat menghambat proses unduh firmware/perangkat lunak karena jaringan seluler/wifi sedang digunakan

Adapun ketika proses layar mati kemudian update dilakukan:

  • Biarkan ponsel jangan dipencet apa-apa
  • Tunggu hingga ponsel selesai update, yaitu sampai kembali ke layar utama
  • Periksa suhu ponsel apakah terlalu tinggi atau tidak, jika iya letakkan di lantai atau ke ruangan yang lebih dingin

Jadi harap bersabar ketika proses unduhan sudah selesai lalu proses update berjalan. Proses ini bisa berlangsung lama. Lamanya tinggal cek besarnya file yang diunduh. Semakin besar file maka ada fitur baru dengan sistem operasi baru membuat proses berjalan tidak sebentar.

Pasca/Setelah Update (Opsional)

Selain pada saat proses agar update sistem android lancar. Setelah update juga diperlukan tips lainnya. Agar sistem yang lebih baru dapat berjalan mulus. Karena tidak jarang setelah update hp jadi panas, lemot, sering lag dan masalah lainnya. Untuk itu beberapa tips opsional dibawah ini bisa dilakukan setelah melakukan update:

  • Update semua aplikasi di Play Store. Sistem yang lebih baru tidak perlu beradaptasi dengan aplikasi lama. Aplikasi diperbarui akan berjalan bersama dengan sistem yang lebih baru juga.
  • Wipe cache partition. Hal ini disarankan apabila terdapat masalah baterai boros, sering lag, dan panas
  • Reset ke pengaturan pabrik. Ini biasanya dilakukan oleh mereka yang merasa frustasi pada masalah ponsel setelah update. Untuk melakukan hal ini back up dan menghilangkan kunci layar diperlukan. Cara ini juga direkomendasikan setelah update karena akan menghilangkan berbagai permasalahan perangkat lunak
Baca Juga!  Cara Membuat Podcast Di Spotify

Itulah berbagai hal yang perlu sobat perhatikan dalam update perangkat lunak ponsel android. Beberapa tips agar update sistem android lancar tersebut bertujuan agar hp menjadi prima lagi digunakan setelah update. Mengatasi berbagai bug setelah update. Dan utamanya biar ketika update tidak terjadi masalah apa-apa dengan ponsel.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.