Kamis , September 29 2022

Cara Begadang Supaya Tidak Ngantuk

Ada beberapa argumen orang begadang. Ada yang begadang karena harus menuntaskan tugas, kesusahan tidur, dan ada pula yang begadang karena melihat laga klub sepakbola kecintaan.

Tetapi apa saja argumennya, begadang tidak disarankan. Karena studi yang sudah dilakukan di Korea Selatan mendapati jika orang yang selalu begadang beresiko terserang penyakit, seperti gula darah tinggi dibanding sama orang yang tidak bergadang. Rutinitas begadang bisa juga mengusik waktu tidur seorang, hingga mempengaruhi peranan badan terhitung otak. Mengakibatkan, orang yang begadang condong susah fokus, gampang ngantuk, dan gampang capek esok harinya. Nach, supaya kamu masih tetap dapat bugar melakukan aktivitas sesudah begadang, coba baca panduan menangani ngantuk sesudah begadang berikut ini, yok!

Cara Begadang Supaya Tidak Ngantuk
Shot of a young businessman experiencing stress during late night at work

Cara Begadang Supaya Tidak Ngantuk

1. Bersihkan Muka

Walau remeh, bersihkan muka sama air dingin rupanya dapat untuk menangani rasa ngantuk. Ini karena air yang kamu pakai untuk membersihkan muka dapat beri kesegaran mata, hingga kamu dapat semakin semangat. Study yang dipublikasi dalam Journal of Personality and Social Psychology bahkan juga mengatakan jika therapy air bisa menetralkan situasi hati dan menghidupkan energi saat merasa kerepotan, lho.

2. Minum Kopi

Ngantuk sesudah begadang itu lumrah, tetapi janganlah sampai rasa mengantuk mengusik kegiatan kamu . Maka untuk menanganinya, kamu dapat konsumsi kopi setiap beberapa saat sekali. Ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membuat badan lebih bugar dan terbangun. Bila kamu tidak peka pada kafein, kamu dapat konsumsi kopi minimal 2-4 gelas setiap hari, atau sama dengan 100-200 mg. Tetapi janganlah sampai konsumsi kopi kamu melewati jumlah harian yang diperlukan oleh badan, ya.

3. Minum Air Putih

Buat kamu yang peka pada kafein, kamu dapat menangani rasa ngantuk yang ada sesudah begadang dengan beberapa minum air putih. Ini karena air putih yang kamu minum akan diikat oleh darah, lalu berperan untuk memberikan oksigen dalam otak. Hingga oksigen yang cukup di di otak dapat membuat kamu selalu terlindungi. Sebaiknya, kamu perlu konsumsi air putih sekitar 2 ltr atau 8 gelas satu hari untuk menahan dehidrasi yang dapat membuat kamu gampang capek dan ngantuk.

4. Sempatkan Waktu untuk Tidur

Langkah terbaik menangani ngantuk, ya tidur. Karenanya, sesudah konsumsi kafein, kamu dapat sisihkan waktu untuk tiduran sesaat. Pinggirkan waktu sesaat untuk tidur, minimal 10-30 menit supaya badan lebih bugar sesudah bangun. Sedapat mungkin, jauhi tidur lebih dari 40 menit. Ini karena tidur kelamaan dapat membuat kepala pusing saat terjaga. Tetapi tenang saja, rasa pening itu akan lenyap dan badan kamu tetap rasakan faedah tidur siang.

5. Masih tetap Bergerak

Saat kamu diam dalam waktu yang lama, rasa mengantuk bisa jadi ada . Maka untuk menghindariinya, kamu tetap perlu bergerak. Minimal, kamu dapat beraktivitas fisik enteng seperti jalan cepat, turun naik tangga, lari pada tempat, dan yang lain. Walau simpel, ini dapat tingkatkan performa dan kesiagaan otak hingga dapat membuat kamu selalu terlindungi.

6. Jauhi Multitasking

Ini karena begadang dapat membuat memori kerja terusik, hingga kamu kemungkinan kesusahan untuk multitasking karena performa daya ingatnya tidak maksimal . Maka sedapat mungkin jauhi multitasking sesudah kamu begadang.

Walau begadang itu boleh-boleh saja. Tetapi, sering begadang dapat berpengaruh jelek untuk kesehatan. Selainnya mempengaruhi jadwal tidur, begadang bisa juga membuat ketahanan badan turun, penuaan awal di kulit, berat badan yang berlebih, hipertensi, stres, dan stroke.

Baca Juga!  Cara Menguasai Bahasa Inggris Secara Otodidak

Check Also

cara mengeringkan kasur yang terkena ompol

Cara Mengeringkan Kasur Yang Terkena Ompol

Sobat harus mempelajari cara mengeringkan kasur yang terkena ompol, karena dalam kehidupan keluarga kita tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.